Selain Untuk Menghangatkan Tubuh, Inilah Manfaat Teh Jahe

Yasreel.com, Dharmasraya: Saat cuaca dingin seperti yang saya alami seharian ini, terbesit di pikiran saya untuk membuat segelas teh jahe. Ya, teh dengan campuran bahan rempah ini memang cocok untuk diminum pada saat kita kedinginan. Setelah saya riset melalui internet, ternyata pada teh jahe ini terdapat kandungan vitamin C, magnesium dan mineral lainnya yang tinggi. Jadi, bisa dibilang teh jahe memiliki banyak manfaat kesehatan.

Saya pribadi suka sekali dengan rasa jahe ini. Apakah anda juga menyukainya? Tentu tidak semua orang yang menyukai rasa "pedas" pada jahe ini. Kadang ketika ada, saya biasanya menambahkan madu, jeruk lemon atau mungkin susu. Teh jahe jadi lebih nikmat saat diminum. Tenang, khasiat yang terdapat pada minuman ini tidak akan berkurang, kok. Selain cocok untuk diminum saat cuaca dingin, tapi sebenarnya teh jahe cocok diminum kapan saja. Inilah alasannya:

1. Sebelum bepergian, teh jahe dapat membantu mencegah mual dan muntah yang berhubungan dengan mabuk.

2. Teh jahe membantu meningkatkan kinerja lambung, meningkatkan pencernaan dan meningkatkan penyerapan makanan, apalagi setelah kita makan terlalu banyak.

3. Jahe mengandung sifat anti-inflamasi yang menjadi obat herbal yang paling ideal untuk mengatasi masalah otot dan sendi. Selain itu, teh jahe juga dapat digunakan untuk menenangkan sakit peradangan pada persendian kita.

4. Minum minuman hangat dan pedas ini juga sangat dianjurkan ketika saat pernapasan tersumbat karena alergi, ataupun karena flu. Intinya, jahe mampu Melawan masalah pernapasan.

5. Vitamin, mineral dan asam amino yang terkandung dalam teh jahe dapat membantu memulihkan dan meningkatkan sirkulasi darah yang dapat mengurangi kemungkinan masalah kardiovaskular. Jahe mampu mencegah lemak dari deposito di arteri dan membantu mencegah serangan jantung dan stroke.

6. Khusus bagi wanita, hampir semua wanita yang mengalami masa menstruasi yang menyebabkan kram. Cobalah merendam handuk dalam air jahe hangat kemudian diterapkan ke bagian bawah perut Anda. Banyak wanita mengakui cara ini sangat ampuh dalam meringankan rasa sakit dan mengendurkan otot-otot bagian tersebut. Pada saat kesempatan sama, jangan lewatkan untuk meminum secangkir teh jahe yang telah dicampur dengan madu.

7. Seperti yang kita ketahui, jahe mengandung antioksidan yang sangat banyak. Sehingga teh jahe dapat membantu meningkatkan kekebalan dalam tubuh kita.

8. Jahe memiliki sifat menenangkan yang dapat membantu menurunkan tingkat stres dan ketegangan. Hal ini mungkin disebabkan oleh kombinasi yang kuat dari rasa dan aromanya yang cukup menenangkan.

Jika masih ada manfaat dari jahe yang belum saya tuliskan, mungkin anda bisa menambahkannya di kolom komentar.

Salam hangat.

0 comments:

Post a Comment