Friday, August 14, 2015

Infeksi Telinga? Atasi Dengan Minyak

Yasreel.com, Dharmasraya: Infeksi telinga bagian luar, tengah, ataupun bagian dalam sudah menjadi masalah umum yang pernah dihadapi oleh orang dari berbagai tingkat usia. Banyak hal yang ikut menyebabkan infeksi telinga yang parah termasuk alergi makanan, lingkungan, infeksi saluran pernapasan, dan sebagainya. Infeksi ini harus segera diobati agar tidak menyebabkan tuli. Ada banyak hal sederhana sebenarnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini. Sesuai judul, saya akan membagikan tips untuk mengatasi infeksi telinga menggunakan minyak. Kok bisa?

Minyaknya tentu bukan sembarang minyak, mari simak tips berikut ini.

1. Baby oil
Baby oil ini dapat mengurangi rasa sakit dan dapat menyembuhkan infeksi pada telinga bagian tengah. Pertama, panaskan minyak sesuai dengan suhu yang diperlukan sebelum meneteskan beberapa ke dalam telinga yang sakit. Baby oil merupakan pelumas yang sangat baik yang dapat melunakkan kotoran telinga secara efektif.

2. Minyak kayu putih
Minyak kayu putih merupakan antimicrobic dan memiliki kualitas obat yang sudah tidak diragukan lagi tentunya. Selain bisa mengatasi sakit perut atau mual, minyak kayu putih juga mampu mengurangi dan meredakan rasa sakit pada telinga. Minyak kayu putih dapat dikombinasikan dengan minyak zaitun untuk hasil yang maksimal.

3. Minyak bawang putih
Jika telinga Anda menderita karena memakai headset, coba gunakan bawang putih untuk meringankan telinga yang tersumbat dan memastikan getaran yang tepat dari gendang telinga.

Ambillah dua siung bawang putih dan tumbuk dengan pisau. Kemudian panaskan panci dan tambahkan minyak zaitun, serta bawang putih secara bersamaan.

Panaskan ramuan selama beberapa detik saja. Pastikan ramuan sudah tidak terlalu panas. Isi pipet kecil dengan beberapa tetes minyak yang sudah diolah tadi.

Sebelum menerapkan minyak bawang putih di telinga, rebahkan kepala/berbaringlah menyamping. Teteskan isi minyak yang ada di dalam pipet. Kemudian diamkam selama lima menit dengan posisi tetap menyamping. Pengobatan minyak bawang putih ini diakui efektif untuk mengatasi telinga yang tersumbat.

4. Minyak kelapa
Minyak kelapa adalah minyak kulit yang dapat membuang kotoran telinga berlebih. Minyak kelapa dapat bertindak sebagai agen anti-mikroba alami yang dapat mengurangi risiko telinga terinfeksi. Ini memiliki kemampuan untuk membasmi mikroorganisme berbahaya yang membangun kotoran telinga.

Untuk memulainya sama caranya dengan tips sebelumnya, hangatkan minyak kelapa, lalu isikan ke dalam pipet. Miringkan kepala ke samping dan bubuhi 2 tetes minyak di telinga yang terkena. Kemudian tunggulah selama beberapa menit. Setelah itu miringkan kepala Anda ke sisi lain untuk mengalirkan minyak kelapa keluar.

5. Minyak zaitun
Seperti pada tips-tips yang sudah disebutkan, Minyak zaitun selalu dipercaya ketimbang minyak lain, karena memiliki kekuatan meredakan telinga tersumbat dan memecah kotoran telinga. Dengan cara yang sama seperti tips sebelumnya, hangatkan minyak zaitun. Setelah memastikan suhu minyak zaitun sesuai, barulah  diteteskan ke telinga Anda.

Ingat tetap berbaring di posisi yang sama selama 10 menit. Setelah itu duduk dan tahan telinga yang diobati dengan handuk. Kemudian Anda keluarkan minyak tersebut. Untuk penyembuhan infeksi telinga Anda, ulangi perawatan ini selama seminggu.

Jika semua tips di atas tidak berhasil, mungkin lebih baiknya berobat ke dokter ahli THT (telinga, hidung, tenggorokan).

Semoga telinga Anda sehat selalu. :)

No comments: