Saturday, August 1, 2015

Ask: Akun YouTube Belum Menghasilkan Uang

Halo Mas Avv Channel. Terima kasih atas pertanyaannya.

Dulu saya awalnya juga bingung tak menentu selama hampir setahun mas. Video udah saya monetisasi, di analytics udah nampak penghasilan kotornya, tapi penghasilan bersihnya tetap enol.

Lalu Saya coba Googling, ada yang bilang kalau nanti tim adsense nya langsung yang akan hubungin mitra YouTube, tapi kenyataannya nggak. Jadi akhirnya saya kaitkan secara manual, karena email lama udah pernah ditolak untuk blog, saya disuruh bikin email baru, jadi saya bikin.

Setelah dikaitkan akun YouTube dengan AdSense, barulah video saya menghasilkan receh. 'Earning' video sebelum akun youtube dikaitkan  dengan adsense nggak akan dihitung alias dianggap hangus.

Saldo youtube akan diupdate ke AdSense 1x sebulan setiap tanggal 12-15.
-------------------------------------------------

Begini cara paling gampang bikin akun YouTube yang langsung bisa dimonetisasi:

1. Pastikan tidak ada akun Google yang sedang sign in, lalu buatlah akun Google/ email baru.

2. Buka situs YouTube untuk bikin channel, pastikan anda punya sim card yang nomornya belum pernah digunakan untuk verifikasi akun YouTube. Tapi kalau udah pernah, beli kartu baru sana! Hehe.. Males beli baru? Sama, saya juga. Solusinya pakai nomor hp saudara/enyak babeh.

3. Upload video original, bukan video yang dapetnya dari YouTube terus masukin ke YouTube lagi. Walaupun videonya udah diedit, ingat! YouTube semakin pintar membedakan video mana yang original dan kawean.

4. Setelah itu, kunjungi tab "channel/saluran" dan anda akan melihat tabel fitur. Pastikan semua dot indikator berwarna hijau, tapi ada beberapa fitur yang indikatornya berwarna abu-abu. Bahwa itu hal yang wajar, karena beberapa fitur memang belum tersedia untuk negara Indonesia. Jika anda melihat tombol aktivasi pada kolom monetize, klik tombol tersebut dan anda akan menjalani proses verifikasi nomor telepon lagi. Buat yang belum tahu gimana caranya melakukan verifikasi, Google akan mengirimkan kode verifikasi dengan dua pilihan cara yakni melalui sms dan panggilan suara. Untungnya Google udah hampir sepenuhnya mendukung bahasa Indonesia.

5. Setelah verifikasi selesai, fitur monetize pada channel anda dinyatakan sudah aktif. Lalu kunjungi tab "video manager/pengelola video". Klik simbol "$" yang masih berwarna abu-abu. Kemudian beri centang ' monetisasi video saya...' dan klik oke.

6. Jika simbol dolar udah berwarna hijau, kunjungi lagi tab "channel". Buka subtab monetization, baca semua petunjuk yang ada. "Bagaimana video saya bisa menghasilkan uang?". Klik pertanyaan tersebut, kemudian klik link "pelajari". Karena saya kurang pandai menjelaskannya lebih rinci, selanjutnya anda bisa mempelajari sendiri dipandu oleh Google/YouTube. Sampai anda menemukan link "menautkan akun YouTube dengan AdSense" klik link tersebut, anda masih dipandu oleh YouTube support.

7. Jika anda sudah menuju ke halaman pendaftaran AdSense (bagi yang belum punya akun AdSense) isilah form pendaftaran dengan data informasi diri anda yang jelas demi memudahkan proses pendaftaran dan verifikasi alamat rumah. Setelah mencentang berarti anda menyetujui kebijakan layanan, lalu klik "submit".

8. Berikutnya, barulah pengaitan akun YouTube dan AdSense dimulai. Setelah berhasil, selamat! Video anda sudah bisa dimonetisasi dan selamat berkarya.

Setelah itu, anda baru akan tahu rasanya menjadi publisher AdSense. Jauh dari espektasi, untuk mencari uang melalui AdSense juga butuh perjuangan yang keras, lebih keras ketimbang jadi karyawan. Kita dituntut untuk menciptakan konten yang kreatif dan berkualitas secara konsisten. Karena jika AdSense ibarat sebuah mesin, konten adalah bahan bakarnya.

Jadi publisher AdSense sama seperti membangun wirausaha, kita pasti akan melewati masa-masa sulit, jika kita pantang menyerah dan terus menjalaninya dengan tekun, Insya Allah. Suatu saat akan ada titik terang dimana kita akan benar-benar menikmati hasilnya.

Jadi, pesan saya buat para newbie, jangan harap hanya dengan bermodal akun AdSense, anda bisa menghasilkan ribuan dolar dengan santai. MUSTAHIL! Marilah kita ubah pemikiran terhadap AdSense sejak awal. Bahwa apapun usaha yang kita jalankan pasti akan melalui berbagai proses.

No comments: