Monday, August 24, 2015

Minum Air Putih Terlalu Banyak Itu Berbahaya! Ini Alasannya

Jika Anda sudah membaca artikel sebelumnya, kali ini saya akan membahas tentang bahaya jika terlalu banyak minum air putih.

Mengkonsumsi banyak air disebut bermanfaat baik bagi tubuh kita. Karena dengan mengkonsumsi banyak air maka racun dari tubuh akan dapat dinetralisir dan dikeluarkan melalui air kencing. Namun, walaupun demikian bukan berarti kita boleh mengkonsumsi air dalam jumlah yang sangat berlebihan. Sama halnya saat anda mengkonsumsi obat, jika dikonsumsi sesuai dosis yang disarankan maka obat akan menyembuhkan penyakit, sedangkan sebaliknya jika dikonsumsi melebihi dosis, malah kemungkinan penyakit yang bersangkutan akan bertambah buruk.

Begitu juga ketika kita mengkonsumsi air, terlalu banyak minum air justru malah akan berdampak tidak baik untuk tubuh seperti merusak ginjal, bahkan yang paling fatal seperti kematian. Ini fakta, memang sudah ada korban meninggal karena terlalu banyak minum air putih.

Terlalu Banyak Minum Air Akan Menimbulkan Beberapa Hal Buruk Bagi Tubuh

Pada kasusnya mengkonsumsi air putih yang terlalu banyak bukan dengan cara disengaja, melainkan karena hasrat yang sedang menggebu untuk melepas dahaga. Oleh karena itu, apa yang akan terjadi pada tubuh kita ketika terlalu banyak minum air putih? Ada 3 pokok hal dapat terjadi pada tubuh ketika kita terlalu banyak minum air putih yaitu sebagai berikut:

1. Pada artikel sebelumnya disebutkan bahwa kekurangan air pada tubuh akan berimbas pada cairan pada sel darah dihisap oleh tubuh. Namun, mengkonsumsi air putih dengan jumlah lebih dari yang diperlukan tubuh dapat meningkatkan jumlah volume darah. Apabila volume darah meningkat maka berimbas pada sistem pembuluh darah yang akan tertutup yang membuat kinerja jantung beserta pembuluh darah akan meningkat bersamaan dengan meningkatnya tekanan pada sistem pembuluh darah yang tertutup itu.

2. Jika cairan yang masuk ke dalam tubuh terlalu banyak, akan membuat kinerja ginjal jadi meningkat dari yang biasanya. Ginjal bekerja sebagai penyaring setiap cairan yang masuk ke dalam tubuh. Mekanisme saluran ginjal berbeda dengan pipa air yang jika semakin banyak air yang mengaliri pipa akan semakin membersihkan pipa. Mekanisme tersebut tidak berlaku pada ginjal.

malah sebaliknya beban yang diterima ginjal akan semakin besar jika air yang harus disaring melalui glomerulus semakin meningkat. Bahkan lebih parahnya lagi, jika terlalu banyak menyaring cairan yang sebenarnya tidak dibutuhkan oleh tubuh, glomerulus bisa rusak.

3. Selain itu, terlalu banyak konsumsi air putih  juga dapat menyebabkan kondisi fatal pada tubuh yaitu hiponatremia. Hiponatremia merupakan kondisi yang terjadi disaat darah pada tubuh kekurangan kadar natrium (kadar garam) yang terbilang abnormal. Natrium merupakan elektrolit yang membantu mengatur jumlah kadar air di dalam dan disekitar sel-sel tubuh. Dan terlalu banyak minum air dapat menyebabkan natrium pada tubuh menjadi encer. Secara normal konsentrasi natrium yang seharusnya ada dalam darah berkisar antara 135 sampai dengan 145 milmol/liter, namun pada keadaan hiponatremia konsentrati natirum ini kurang dari 135 milmol/liter.

Jika kondisi seperti ini terjadi, kadar cairan dalam tubuh akan meningkat dan sel-sel bisa mengalami pembengkakan. Sel-sel yang membengkak tersebut memang tidak akan mengalami kesulitan untuk mengembang karena cairan yang diterimanya, karena sel-sel masih memiliki ruang disekitar sel-sel tersebut. Hanya saja berbeda dengan sel yang ada diotak. Sel-sel yang ada diotak terkurung dalam tulang tengkorak kepala yang begitu keras sehingga tidak memiliki ruang cukup untuk mengembangkan diri seperti sel pada bagian tubuh lainnya. Jadi, pembengkakan inilah yang dapat menyebabkan kesehatan banyak bermasalah, mulai dari hal ringan hingga fatal.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa kekurangan natrium atau kondisi hiponatremia yang terjadi secara lambat dapat menyebabkan si penderita gampang ngantuk. Namun apabila hal ini terjadi secara cepat, dapat berujung pada kematian.

Untuk itulah mulai dari sekarang mari kita menerapkan aturan mengkonsumsi air minum dengan benar. Yakni dengan dengan meminum air putih yang tidak terlalu banyak dan juga tidak terlalu sedikit. Selama ini kita sudah tidak asing dengan anjuran meminum air putih sebanyak 2 liter sehari, namun bukan berarti kita harus mengkonsumsinya sekaligus pada waktu yang sama.

Selain itu, anjuran 2 liter air sehari hanya berlaku untuk orang sehat, sedangkan orang yang mengalami gangguan kesehatan seperti penderita ginjal tentu harus membatasi jumlah konsumsi air putih agar tidak terlalu banyak.

Minumlah air putih yang banyak (tidak berlebihan) pada pagi hari dan sedikit pada malam hari.

Salam sehat.

No comments: