Monday, June 29, 2015

Tips Mengobati dan Mencegah Penyakit Mulut yang Menyebalkan

Penyakit mulut yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi semua orang. Penyakit ini membuat mulut kita perih, rasanya membuat kita jadi tidak bebas dalam menyantap makanan. Bahkan penyakit ini juga membuat penderitanya tidak percaya diri, selain menyebabkan susah bicara, bau mulut pun juga pastinya lebih terasa tidak enak.
Penyakit tersebut tentunya adalah sariawan. Sariawan bisa datang tanpa kita sadari penyebabnya. Namun sebenarnya jika kita perhatikan dengan teliti, kita pasti akan tahu apa yang membuat mulut sariawan.
Sariawan pada umumnya disebabkan oleh dua faktor yaitu akibat terluka seperti tergigit atau terkena benda asing, dan kurang menjaga kebersihan mulut.
Nah, jika sudah terkena sariawan, ada beberapa cara yang bisa anda coba di rumah dengan cara yang tradisional.

  1. Cara yang pertama bisa anda lakukan dengan mencampur 1 sendok makan garam dengan air hangat, kemudian gunakan ramuan simpel ini untuk berkumur. Lakukan secara rutin 3 kali sehari agar mulut anda cepat sembuh dari sariawan.
  2. Jika berkumur air garam tidak nyaman bagi anda, bisa juga menggantinya dengan air kelapa yang kulitnya masih hijau. Secara, air kelapa kaya akan manfaat bagi kesehatan.
  3. Jika air kelapa sulit bagi anda untuk mendapatkannya, bisa anda ganti dengan kulit kayu jambu air. Pada umumnya batang jambu air ini tidak begitu sulit untuk didapatkan. Cara membuat ramuan cukup ambil sekiranya 10 gram kulit batang jambu, lalu ditumbuk halus. Kemudian larutkan ke dalam setengah gelas air hangat dan saring. Gunakan ramuan untuk berkumur.
Jadi, itulah tips yang saya bagikan berdasarkan riset dari berbagai sumber. Lalu, bagaimana cara untuk mencegah penyakit yang menyebalkan ini?
Yang perlu anda lakukan adalah menjaga kebersihan mulut anda dengan cara menyikat gigi setiap pagi dan malam sebelum tidur secara rutin. Lebih bagusnya lagi setelah menyikat gigi berkumur menggunakan cairan mouthwash. Mungkin dengan menggunakan mouth wash mulut akan terasa seperti terbakar, tetapi sebenarnya tidak, karena itu adalah caranya yang ampuh untuk membunuh kuman-kuman dalam mulut.
Terakhir, cukupilah kebutuhan tubuh anda akan vitamin C dan antioksidan yang berguna untuk menangkal dari segala macam penyakit.

No comments: