Kesibukan yang Bikin Blog Nggak Maju-Maju

Menurut sebagian besar orang mengira pekerjaan seorang Blogger itu enak, mau bangun atau tidur telat nggak ada yang melarang. Kopi tersaji kapanpun semau mereka. Duduk santai, jalan-jalan dan shopping bukannya ngabisin duit malah nambah duit. Serta yang bikin ngiler kalo penghasilan perbulannya kayak pekebun karet seluas 10 hektar.

Padahal kenyataannya nggak sedemikian mudah jadi Blogger. Lihat saja gue, sejak tahun 2009 gue kenal blog sampai sekarang masih begini saja. Karena gue punya kesibukan lain, hehe... Masih di dunia maya, gue aktif di social media bukan untuk sekedar bersenang-senang. Social media juga bisa untuk dijadiin lahan bisnis. Bisnis social media yang populer itu tidak lain dan tidak bukan yaitu PROMOSI/IKLAN. Jadi setidaknya dengan bermain social media, gue nggak perlu lagi beli pulsa pake duit emak atau saldo lewat ATM.

By the way, pada postingan gue sekarang ini mau ngebahas tentang kesibukan yang bikin blog nggak maju-maju. Mungkin Anda salah satu Blogger yang rela menyibukkan diri untuk mengelola blog anda sendiri. Tapi apakah blog ada perkembangan? Kemajuan? Semoga sukses!

Tapi anda sibuk, dan blog anda nggak maju-maju? Mungkin berikut ini permasalahannya.

1. Sibuk ngambil karya orang lain

Awal mula gue punya blog, gue sama sekali belum tahu aturan dalam menulis dan memposting di blog. Jadinya gue dulu asal mengisi konten blog dengan menyalin tulisan di buku lah, di Wikipedia lah, Situs Berita bahkan blog orang lain. Alhasil, statistik blog gue dulunya hanyalah pengunjung yang cuma nyasar ke blog gue.

2. Sibuk ngurusin lebih dari satu blog

Setelah gue kenal dan punya blog, gue baru tahu kalau satu pengguna bisa bikin lebih dari satu blog. Oleh karena itu gue coba bikin 3 blog dengan tema yang berbeda-beda yakni blog tips keluarga, blog berita teknologi, dan satu lagi blog yang isinya kumpulan lirik lagu. Dengan harapan gue bisa jadi pesaingnya gudanglagu dan situs berita lainnya. Hehe...

Tiap malam sampe dini hari gue ngabisin waktu buat ngisi 10 postingan tiap blog. Blog gue waktu itu ada 4, jadi maksimal gue memposting 40 konten semalam. Saking sibuknya gue ngurusin blog sebanyak itu, gue jadi sering telat ke sekolah bahkan bolos pada jam pelajaran pertama.

Lalu, apakah hasil blog gue memuaskan? Kebangetan enggaknya! Gue capek akhirnya gue abaikan saja ketiga blog dan gue kembali fokus memposting blog pertama gue yang namanya "Tasampang".

Yang namanya pra-dewasa pasti labil, ya. Jadi mood gue suka naik turun waktu itu. Pas lagi rajin gue bisa nerbitin 1-2 tulisan orisinil semalam, namun pas lagi males gue malah bisa nerbitin 5-10 tulisan semalam. Anda pasti tahu dong kenapa tulisan malas lebih banyak ketimbang tulisan rajin, hehe..

Jadi, kesibukan mengelola banyak blog itu belum saatnya jika kita masih merintis blog sendiri. Tapi kalau kita sudah bisa punya karyawan, baru enak ngurusinnya.

2. Sibuk kerja

Alasan ini maih bisa dimakluminlah, soalnya kalo kita nggak kerja mau makan apa?? Makan upil yang nempel di keyboard komputer. Bagimanapun serius ngeblog kalo belum menghasilkan uang nggak bakal dijamin hidup kita enak. Kita tentu nggak tega, kan kalo emak nanggung biaya hidup kita terus.

Oleh karena itu, pesan gue buat sobat. Tetaplah bekerja menghasilkan uang yang lebih nyata, karena sobat bisa kok nulis blog kapan saja dan dimana saja. Ngeblog nggak harus setiap hari, sekali seminggu pun juga mampu mengangkat statistik blog kita.

3. Sibuk liat statistik

Yang satu ini gue bingung cara ngejelasinnya. Soalnya gue juga termasuk salah satunya yang hobi lihat statistik. Tapi karena Google menyediakan penampil statistik mubazir dong kalo nggak digunakan.

Memeriksa statistik menurut saya sah-sah saja, direkomendasikan malah. Tapi jangan sampai menjadi kesibukan dan bikin lupa ngasih makan buat blog kita.

Statistik digunakan untuk melihat perkembangan blog kita. Selain itu statistik bisa digunakan untuk memperbaiki kekurangan pada konten-konten yang kita buat. Berkat statistik kita jadi tahu jenis konten yang paling disukai pengunjung.

Untuk memaksimalkan konten blog, periksalah statistik 1-2 kali seminggu. Selain itu perubahan statistik akan lebih terasa ketimbang memeriksanya sekali sejam.

4. Sibuk gonta-ganti template (tampilan blog)

Menurut sobat, gue termasuk orang yang sering gonta-ganti tampilan blog kah? Kayaknya nggak deh. Gue lebih kepada memperbaiki daripada mengganti template. Selama gue masih nyaman dengan template yang sekarang ini, gue belum akan menggantinya dengan template baru.

So, jika sobat merasa blog ini masih ribet tampilannya silahkan kontak gue, ya..

5. Sibuk ngurusin orang lain

Hari gini masih sibuk ngurusin orang lain?? Perbuatan yang mulia, tapi norak!! Orang yang kita urusin makin sukses, tapi kita nggak ada dapat apa-apa darinya. So, jangan suka ngurusin hidup orang lain ya, kecuali anak sendiri. Dan biasakan diri untuk nggak peduli sama orang yang ngurusin kita kecuali kalo kita hidup dari mereka.

Kesimpulan

Sesibuk-sibuknya yang kita kerjakan, kalau nggak ada niat dan tujuan yang jelas pasti bakal susah majunya. Jadi sebenarnya cara agar blog kita ada kemajuan itu simpel. Muncul ide, tulis, edit, posting, bagikan. Dan lakukan dengan konsisten, maka perlahan-lahan pengunjung dan pelanggan blog akan bertambah seiring berjalannya waktu.

Jadi begitulah kesibukan yang bikin blog nggak maju-maju. Mohon pencerahannya untuk meminimalisir kekeliruan atas opini gue kali ini.

2 comments:

  1. Nggak mudah memang cari duit dari blog apalagi jadi fulltime blogger yang terbaik terus berusaha semaksimal mungkin baru mikirin hasil

    ReplyDelete
  2. Harus sabar gan,.... saya sendiri sudah tahunan jadi blogger tapi belum berhasil juga. sabar sekali

    ReplyDelete