Saturday, June 13, 2015

Hidup Sehat Itu Simple

Di era saat ini menerapkan pola hidup sehat sangat sulit untuk diterapkan. Padahal sebenarnya tidak terlalu merepotkan, hanya saja aktivitas yang begitu menyibukkan membuat orang terlupa akan pentingnya kesehatan. Padahal jika kita berpikir jernih sebenarnya semua orang bisa menerapkan pola hidup sehat.
Jadi, luangkan waktu anda sejenak untuk menyimak beberapa tips untuk menerapkan pola hidup sehat sebagai berikut.
  1. Lakukan apa yang ingin dilakukan oleh tubuh. Jika anda merasa ngantuk, segeralah tidur. Jika anda merasa lelah saat duduk berlama-lama di depan tugas-tugas anda, luangkan waktu untuk menggerakkan badan anda. Dan sebagainya. Intinya, tubuh kita membutuhkan penyesuaian jika terjadi ketidaknyamanan pada salah satu anggota tubuh.
  2. Tidur yang cukup, mungkin anda merasa sulit untuk mencukupi waktu tidur. Sebenarnya kita bisa menerapkannya. Hanya saja, memainkan gadgetlah yang menjadi musuh utama tidur yang cukup. Oleh karena itu, sebaiknya matikan ponsel anda. Kemudian pejamkan mata dengan santai.
  3. Waktu tidur yang bagus adalah jam 9-11 malam. Dengan begitu anda dengan mudah untuk bangun subuh. Waktu subuh diyakini sangat bagus untuk membaca. Karena pada waktu subuh daya rekam otak kita kuat. Dengan menerapkan poin ketiga ini, niscaya anda yang pelajar tidak perlu lagi menerapkan sistem kebut semalam (SKS) pada saat ulangan.
  4. Setelah subuh, nikmatilah matahari pagi. Karena dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi, maka tubuh akan memasak vitamin D yang berfungsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, membentuk struktur tulang dan gigi agar tidak keropos, menghindari resiko penyakit jantung serta berbagai penyakit kanker.
  5. Biasakan mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran karena mengandung banyak nutrisi untuk tubuh anda. Kurangilah kebiasaan konsumsi nasi atau jenis lainnya yang mengantung karbohidrat yang berlebihan, terutama bagi anda yang sudah dewasa. Berdasarkan info yang saya temukan, mengkonsumsi karbohidrat yang berlebihan dapat meningkatkan resiko diabetes.
  6. Berhentilah merokok, bahwasannya rokok tidak hanya merugikan anda sendiri tetapi juga merugikan orang lain. Memang semua orang sadar akan bahaya merokok, namun yang namanya udah kecanduan memang sulit sekali untuk dihentikan. Semoga anda bisa melakukannya.
  7. Biasakan awali pagi dan jalani hari dengan senyuman dan suasana hati yang bahagia. Usahakan untuk selalu bersyukur dalam keadaan senang maupun susah. Orang yang selalu bersyukur akan kelihatan dari wajah yang selalu tampak muda.
  8. Hindari permusuhan dan perluas persahabatan, ini merupakan salah satu kunci da poin ketujuh.
  9. Hentikan kebiasaan konsumsi makanan  dan minuman yang berbahan pengawet dan instant. Walaupun sulit menghentikannya, setidaknya usahakan untuk membatasinya agar tidak berlebihan.

No comments: