Saturday, June 27, 2015

Cegah Penyakit Jantung Dengan Cara Ini

Hai, kawan. Apakah anda tahu penyakit apa yang paling mematikan? Mungkin beberapa dari anda bingung untuk menjawabnya. Bahwa apapun penyakitnya kalau tidak diobati tentu akan berujung pada kematian. Jawabannya tentu sudah ada pada judul artikel ini, yaitu penyakit jantung.
Serangan jantung merupakan penyakit yang paling mematikan bagi manusia. Pada kenyataannya, gaya hidup kebanyakan remaja sekarang ini dapat membuat resiko serangan jantung semakin besar ketika tumbuh dewasa nantinya.
Oleh karena itu, perlu untuk disimak dengan serius mengenai cara untuk mencegah serangan jantung terutama pada kalangan remaja generasi penerus bangsa ini.
Apa tipsnya?

  1. Biasakan pola tidur yang cukup dan teratur. Pada kasusnya, tak sedikit orang yang terkena penyakit jantung diakibatkan oleh kebiasaan menunda waktu tidur yang menyebabkan kurang atau berlebihnya waktu tidur seseorang. Waktu tidur yang ideal bagi remaja adalah 8½ - 9 jam tidur malam dan setengah jam tidur siang.
  2. Rajinlah berolahraga, selain untuk kebugaran tubuh juga bermanfaat untuk kelancaran jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh.
  3. Jadilah remaja yang selalu aktif, pada kasusnya kebanyakan remaja sekarang ini lebih suka bersantai pada waktu luangnya atau nongkrong dengan teman-temannya di suatu tempat, namun dengan aktivitas pergerakan tubuh yang sangat minim. Solusinya, terapkan poin no. 2. Carilah komunitas yang bisa mengolah raga anda. Namun, ada solusi untuk anda yang sudah terbiasa bersantai di depan layar monitor/TV, jalan-jalan atau bersepedalah ke luar sebentar selama 15 menit saja setelah 45 menit anda habiskan untuk bersantai.
  4. Jangan coba-coba dengan rokok! Karena jika anda mulai kecanduan, akan sangat sulit menghentikan kebiasaan tersebut. Jangan takut untuk katakan "tidak" jika ada yang menawari rokok kepada anda. Dan jangan takut pula jika anda dikatakan cemen. Sesungguhnya orang cemen adalah orang yang gampang terpengaruh bujukan orang lain.
  5. Biasakan untuk mengkonsumsi makanan serta minuman yang sehat. Janganlah menjadi orang yang lapar mata, yang menyantap apa saja yang terlihat menggugah selera di mata anda. Kontrol berat badan anda, obesitas atau kegemukan pada saat remaja akan lebih rentan terhadap serangan jantung. Selain itu, obesitas juga dapat beresiko diabetes tipe 2. Bagi pengidap tekanan darah tinggi, kurangilah konsumsi garam. Karena kadar garam yang tinggi dapat memicu peningkatan tekanan darah semakin tinggi yang berimbas pada serangan jantung dan juga stroke.
  6. Jika anda sedang dilanda stress, itu tandanya diri anda butuh penenang. Tidak perlu obat-obatan, anda bisa menghilangkan stress dengan berbagai hiburan ataupun liburan ke suatu tempat yang anda inginkan.
Semoga artikel yang mengulas tentang penyakit jantung ini bermanfaat bagi anda. Awalilah hidup anda dengan kebiasaan sehat demi kesehatan jantung anda.

Referensi: Google Search, Intips-Kesehatan.

1 comment:

Muhammad Adam Hussein, SPd, CM said...

Makasih mas sangat membantu dalam mengatasi permasalahan tersebut, ini bisa saya jadikan renungan, ^.^