Sunday, June 21, 2015

Masalah Umum pada Kesehatan saat Berpuasa

Berpuasa pada bulan suci Ramadan merupakan suatu kewajiban yang dilaksanakan selama 1 bulan bagi umat muslim seluruh dunia. Ibadah yang dilakukan dengan cara menahan lapar dan haus ini tentu akan menimbulkan efek 'kaget' pada tubuh kita mana biasanya kita mendapat asupan makan dan minum sepanjang hari. Efek 'kaget' itu pun berimbas kepada masalah kesehatan pada tubuh kita terutama pada awal bulan puasa. Dan saya pun juga ikut mengalaminya.
Apa saja masalah kesehatan yang sering mengganggu pada saat berpuasa? Simak ulasannya di bawah ini.

  1. Lapar yang membuat emosi kurang terkontrol.
  2. Daya tahan tubuh berkurang, seperti yang saya alami saat ini. Akibat dari kurangnya daya tahan tubuh seperti sariawan, bibir pecah-pecah dan kulit kering.
  3. Pada saat berpuasa, kita tentunya akan kekurangan asupan air yang biasa kita sebut Dehidrasi. Ini merupakan permasalahan yang umum pada saat berpuasa pada bulan Ramadan. Dehidrasi menyebabkan tubuh kita cepat lelah dan kurang konsentrasi.
  4. Sakit kepala juga merupakan hal yang umum dialami saat berpuasa. Biasanya sakit kepala disebabkan oleh berbagai faktor. Penyebab yang biasanya saya alami yaitu musim panas dan tidur terlalu lama.
  5. Pada bulan puasa, ini adalah hal yang lumrah. Yaitu banyaknya menu tajil yang bisa kita santap. Namun karena kurangnya asupan gizi yang baik dan seimbang berujung pada masalah sistem pencernaan, seperti mulas, sembelit, asam lambung dan sakit maag. Oleh karena itu, bijaksanalah dalam memilih menu berbuka dan kontrol volume makanan agar tidak sampai kekenyangan.
  6. Memang kita berpuasa, tetapi bukan berarti asupan makan dan minum berkurang. Pada kasusnya kebanyakan orang makan lebih banyak pada bulan puasa ketimbang hari biasa. Makanan yang kita konsumsi dapat menyebabkan berat badan naik secara signifikan. Jika anda tidak menginginkan kelebihan berat badan, maka disiplinlah dalam mengatur porsi anda. Niscaya, pada bulan puasa ini justru menjadi kesempatan bagi anda yang sedang melaksanakan program diet.
Walaupun pada bulan puasa kita dihadapi berbagai masalah, justru disitulah banyaknya nilai pahala yang diuji oleh Allah SWT. Berpuasa tidak selamanya kita dihadapi masalah terutama bagi kesehatan. Kita juga bisa mendapatkan manfaat pada saat berpuasa.

1 comment:

Dwi Sugiarto said...

Ibadah Puasa memang harus dihadapi dengan penuh kesabaran dan keikhlasan agar selalu mendatangkan keberkahan