Wednesday, June 17, 2015

Keuntungan yang Didapatkan Saat Berpuasa

Tak terasa besok pagi kita umat muslim sudah melakukan ibadah puasa Ramadhan. Inilah kesempatan kita untuk mencari pahala sebanyak-banyaknya. Selain mendapat berkah yang melimpah dari Allah SWT, tentu masih banyak lagi manfaat lainnya di segi apapun. Nah, disini saya akan membahas keuntungan berpuasa bagi kesehatan.
Puasa berarti menahan lapar dan dahaga. Asalkan ada niat yang kuat dan ikhlas melaksanakannya, niscaya kita akan mendapatkan manfaat yang maksimal untuk diri kita.
Oleh karena itu, demi memotivasi anda untuk melaksanakan ibadah puasa pada bulan Ramadan, mari simak di bawah ini mengenai manfaat/keuntungan yang kita dapatkan saat berpuasa.

  1. Penyakit jantung merupakan pelopor penyakit sebagaimana penyakit ini paling ditakuti oleh semua orang. Apalagi di Indonesia yang jumlah perokoknya semakin bertambah setiap tahunnya dan serangan jantunglah yang jadi ancaman nyata. Karena itu, berpuasa memiliki dampak yang baik bagi jantung. Ternyata, saat berpuasa tubuh kita melakukan peningkatan HDL dan menurunkan LDL. Berdasarkan penelitian Chronobiological, hal tersebut ternyata baik bagi jantung dan pembuluh darah.
  2. Berpuasa juga dapat meningkatkan fungsi otak kita. Ketika berpuasa, neurotropik yang turun dari otak akan mengalami peningkatan. Karenanya, tubuh akan memproduksi sel otak lebih banyak dari biasanya, sehingga kinerja otak akan semakin bagus. Saat kita berpuasa juga mengalami penurunan hormon kortisol yang diproduksi oleh kelenjar adrenal demi menurunkan tingkat stress yang sedang dialami.
  3. Selain itu, berpuasa juga dapat menetralkan racun dalam tubuh kita. Selama berpuasa, tubuh kita akan melakukan detoksifikasi, artinya mengeluarkan racun melalui sistem pencernaan. Pada saat tubuh menggunakan cadangan berupa lemak untuk menciptakan energi, lemak akan membakar setiap racun yang berbahaya di seluruh tubuh.
  4. Orang yang berpuasa akan mengalami penurunan kadar kolestrol yang berbahaya di dalam darah kita. Dengan turunnya kadar kolestrol yang tidak kita inginkan, tentu dapan mengurangi resiko serangan jantung maupun stroke. Terutama bagi anda yang sedang melaksanakan program diet, tentu akan mudah untuk menurunkan kadar kolestrol.
  5. Selain menurunkan kadar kolestrol, berpuasa juga dapat mencegah diabetes. Penyakit diabetes disebabkan oleh kadar gula yang tinggi dalam tubuh. Dengan berpuasa, kita bisa mengontrol konsumsi manis-manisan.
  6. Puasa juga berperan dalam menjaga kesehatan ginjal. Ginjal berfungsi sebagai penyaring zat-zat beracun yang berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi. Fungsi ginjal akan lebih baik jika osmosis urin dalam tubuh mencapai 1000 - 12000ml per-kg air. Pencapaian tersebut bisa kita dapatkan saat berpuasa Ramadan.
  7. Selain itu, tentu banyak dari anda yang menginginkan diet, bukan?
Jadi, itulah keuntungan yang kita dapatkan pada saat berpuasa pada bulan Ramadan. Namun, berpuasa tentunya tidak luput pula dari bermacam-macam godaan maupun kendala lainnya.

No comments: