Saturday, May 30, 2015

Harga Paket Internet Langganan Gue Naik!!

Selama 2 tahun terakhir gue setia pakai kartu XL. Karena jaringan XL di tempat tinggal gue sangat mulus dan sangat minim sama yang namanya komplain. Jaringan data di sini udah mentok di HSPA+, terlebih lagi BTS-nya nggak jauh dari rumah. Jadi kalo internetan di kamar serasa lagi nyewa di warnet VIP. :D Semoga aja dalam tahun 2015 ini jaringannya udah terupgrade ke 4G LTE.

Kenapa gue setia pakai XL? Karena kalo operator lain gue belum merasakan kepuasan dalam berselancar di dunia maya. Sebelumnya gue pakai Si pink, jaringannya juga lumayan bagus dan harga paketnya lumayan oke. Tapi batre smartphone gue jadi cepat terkuras, mungkin jarak BTS yang agak jauh bikin batre mengerahkan daya lebih dalam.

Kenapa gue nggak pake Si Merah? Jangkauan Si Merah memang luas, luas banget sampai ke daerah pelosok pun sinyal masih nangkep. Namun sayangnya di tempat tinggal gue pada saat itu Si Merah belum ada 3G. Harga paketnya juga terbilang mahal. Tapi sekarang udah upgraded ke HSPA kok. Sesekali gue make si merah kalo jaringan XL lagi error.

Tapi sayangnya jaringan HSPA milik si merah masih belum bisa diandalkan. Seringkali gue dibikin emosi karena gue udah bayar mahal untuk beli paketnya tapi nggak memuaskan!! Jaringan putus-nyambung. Oleh karena itu gue sampai saat ini masih setia pake XL karena jarang banget mengalami jaringan error.

Paket apa yang gue pakai dari XL? Gue sebenarnya punya 2/ kartu perdana XL. Yang satu gue pasang paket Unlimited FUP 2GB seharga 49 ribu dan satunya lagi paket super ngebut 5,5GB dengan harga 30 ribu. Alasan gue pake 2 kartu perdana adalah paket unlimited cocok buat internet ringan seharian seperti browsing, social media, messaging dan online gaming. Sedangkan paket super ngebut lebih cocok untuk streaming video YouTube, secaya gue calon YouTuber gitu, loh..

Jadi total pengeluaran gue untuk beli paket internet totalnya 79 ribu perbulan, ditambah 10 ribu lagi pada kartu si merah. Untungnya pulsa sebanyak itu berasal dari usaha online gue. Selama 2 tahun terakhir gue belum pernah beli pulsa ke kios-kios pake isi dompet sendiri.

Tapi sekarang timbul rasa galau, dimana bisnis online yang gue jalani nggak begitu menjanjikan dan sekarang penghasilan gue nggak segairah dulu. Harga paket internet XL sekarang udah naik. Dimana paket internet unlimited harganya naik dari 49ribu ke 50 ribu. Perubahan harga memang cuma seribu. Tapi Kuotanya yang sebelumnya 2GB turun ke 450MB. Jadi, internet cepat akan berlangsung beberapa hari saja, kemudian kecepatannya diturunkan.

Sekarang sudah tersedia 3 jenis paket internet unlimited XL yang harganya agak mirip kayak si merah. Harian dihargai 5 ribu dengan FUP 35MB, mingguan dihargai 25 ribu dengan FUP 200MB, dan terakhir bulanan 50 ribu dengan  FUP 450MB.

Sedangkan yang super ngebut, paket yang 5,5GB dihilangkan dan sekarang tinggal yang 11GB yang dihargai 55 ribu.

Oleh karena itu, kalo gue tetap pengen internet dan bertelekomunikasi tanpa kendala, gue mungkin harus merogoh kocek sebanyak 120 ribu. OMG!! Gue harus kerja lebih keras lagi supaya uang makan nggak kepotong gegara beli paket internet.

Jadi begitulah uneg-uneg gue kali ini, gue masih betah pakai XL karena kenyamanannya lebih mending ketimbang operator lain.

Oke terima kasih udah baca postingan gue kali ini, jangan ragu berkunjung ke lapak gue di Tokopedia, ya. Karena aman dan terpercaya kok, Hehe....

8 comments:

Wahyu Eka Prasetiyarini said...

untung sy pakai nya smartfren dan simpati, shg harga nya internet nggak naik :D

Yasreel Martin said...

Oh dua juga toh mbak? Saya jg pengen pake smartfren tapi disini nggak ada yang jual soalnya gak ada sinyal, mbak. Hehe :D

mas bendol said...

sudah coba pke rekan exel mas ? di t4 saya lumayan 50k dapat 8Gb (1gb siang sampai malam - 7gb malam sampai siang)

Yasreel Martin said...

Berarti terbilang mahal itu mah, saya nambah 5 rebu dapet 11 giga, 1 Gb 12 siang - 12 malam, seterusnya 10 GB :D

Agus Purwantoro said...

smartfren mahal ?

Yasreel Martin said...

Saya belum nyoba smartpren atuh mas, tanya mbak Ririn yang udah betah pake smatpren :)

Asri I said...

exel kayaknya naik lagi tuh mas. Bukan yg perdana sih, tapi yg paket langganan. Biasanya 11gb+1gb 60rb, sekarang jadi 80rb. Yg 5gb+500k 30rb jadi 40rb.

Asri I said...

exel kayaknya naik lagi tuh mas. Bukan yg perdana sih, tapi yg paket langganan. Biasanya 11gb+1gb 60rb, sekarang jadi 80rb. Yg 5gb+500k 30rb jadi 40rb.