, , ,

Bagaimana Cara Menjadi Blogger Pemula

Hari ini gue nggak kerja, secara gue pekerjaannya nyadap karet, tadi malam ujan. Kalo pohon karet basah tentu jadi susah nyadapnya, ditambah lagi jalan ke kebun gue beceknya parah. Kebetulan di samping kebun gue lagi ada penggusuran tanah untuk proyek perumahan, jadi jalan masuk ke kebun gue beceknya jadi tambah parah kalo abis kena ujan.

Lagi-lagi gue curcol, ya. Maaf-maaf, gue khilaf. Haha

Karena para pembaca tidak begitu tertarik dengan curcol gue, baiklah. Sekali-kali gue mau ngasih tips buat anda pemula yang ingin jadi penulis blog atau bahasa simpelnya seorang Blogger. Tapi sebaiknya gue sambil cerita tentang pengalaman gue boleh kan? Gue dijamin tulisan ini nggak akan memotivasi jika tidak dipadukan dengan sedikit cerita pengalaman gue.

Gue sebenarnya sudah cukup lama ngeblog, namun sampai sekarang nasib gue ya begini-begini saja. Udah lebih dari 3 kali gue ganti blog, pada akhirnya gue bikin lagi yang baru yaitu yang ini, Yasreel Blog. Tapi akhir-akhir ini gue membangkitkan lagi blog yang gue buat pada akhir tahun 2012 lalu, Bangentin Blog. Walaupun hanya iseng-iseng yang penting trafik kembali seperti dulu, hehe...

Tapi gue akan tetap serius untuk blog gue yang satu ini, biarlah trafik seadanya yang penting ini blog berisi postingan-postingan original dari gue sendiri dan CopyScape pun juga mengakui kalau isi dari blog gue belum pernah terdeteksi memplagiati konten situs lain ataupun konten gue ditiru oleh situs lain. Barangkali memang konten gue aja yang gak menarik. Hahaha....


Di kampung gue, warga Kab. Dharmasraya masih banyak yang awam dengan apa itu Blogger. Ketika orang-orang bertanya apa pekerjaan gue, kadang gue jawab kalau gue berprofesi sebagai blogger. Mereka pun bingung, terutama kalo yang nanya itu adalah orang-orang tua.

"Blogger itu apa?"
Lalu gue jawab, blogger sama dengan penulis buku. Namun tulisannya tidak dicetak sebagai buku. Tapi kadang ada juga orang yang mencetak tulisannya ke buku kayak bang Raditya Dika dan penulis blog lainnya.

"Ooh, jadi lo pengen jadi artis kayak Raditya Dika? Nggak usahlah! Lawakan lo nggak seru!" Ejeknya.

Ya enggak, lah! Raditya Dika itu hanyalah salah satu dari ribuan orang yang menginspirasi gue. So, dia nggak terlalu spesial di hidup gue, tapi gak papa lah gue sebut nama dia pada artikel gue yang kali ini.

Tapi... "emang bisa dapet duit dari nulis Blog??" Pertanyaan yang begini nggak bisa gue jawab, walaupun gue jawab, tapi gugup. Karena gue belum punya bukti kuat.

Nah, kalo orang-orang yang udah tau blog itu apa. Biasanya nanya begini ke gue:
"Bang, gimana sih cara bikin blog?"
Karena masih sudi gue jawab "buka aja di Blogger dot com".
"Bang, bikinin blog, dong.."
Ini masih sudi gue bantuin.
"Bang, yang ditulis apaan sih? Bingung nih! Gue berguru sama abang aja deh!"
Speechless..

Pertanyaan seperti itu muncul, mungkin karena mereka baru mengenal dunia Blogging/Blogger. Tidak sedikit pula yang berpendapat kalo blogging itu keren, bisa saja. Tapi sebaiknya pinggirkan saja itu dulu.

Gue bakal ngejelasin semampu gue tentang gimana caranya menjadi blogger (yang sukses). Dan pada postingan kali ini sebelumnya gue juga perlu merisetnya di blog lain demi meminimalisir kesalah-pahaman. Hehe...

Yang pertama, kenapa mau nulis blog?

Ya, pertanyaan ini musti anda ajukan ke diri anda sendiri. Dan gue yakin anda pasti punya alasan kenapa ngeblog. Mungkin karena memang hobi menulis, pengen jadi inspirator buat para netizen, pengen dibilang keren sama temen-temen, atau sekedar ikut-ikutan saja biar nggak dibilang gaptek atau nggak gaul. Tentu anda punya alasan untuk segala apapun yang anda lakuin, kalo nggak pake alasan itu namanya cinta.

Kalo gue sendiri punya banyak alasan kenapa gue mau ngeblog, karena gue suka menatap layar gadget, gue pecandu teknologi, hobi membaca, dari kecil suka nulis-nulis curhat di laman terakhir buku catatan sekolah sampai-sampai bikin rekan kerja gue merasa prihatin sama gue (sebenarnya ngetawain gue). Dan yang paling menguatkan alasan gue ngeblog adalah terinspirasi dari apa saja yang gue lihat. Karena gue hobi banget browsing di internet, gue terinspirasi dari para blogger yang udah sukses dan berpenghasilan dari usaha blog mereka. Nanti bakal gue posting, siapa saja blogger yang paling menginspirasi gue.
Jadi, alasan anda sangat berkaitan dengan tujuan anda. Gue yakin, tanpa alasan yang jelas, anda bakalan sulit nentuin tujuan. Lalu, sepenting apakah ngeblog itu?

Manfaat Blogging
Anda harus punya dua alasan kenapa anda mau ngeblog, yaitu yang pertama karena anda begini-begitu dan yang kedua karena manfaatnya begini-begitu. Kalimat yang membingungkan, ya? Lupakan saja.

Jadi intinya anda juga harus tau manfaat yang didapat supaya anda benar-benar yakin mau ngeblog.

Jadi, berikut inilah manfaat yang bisa anda dapat dari blogging:

1. Jadi penulis yang professional
Terus terang, dulu gue sama sekali nggak bisa nulis, soalnya gue masih dalam kandungan. Emang ada orang yang masih dalam kandungan jadi blogger? Ya kagak, lah!

Jadi waktu SD gue suka nulis cerita dengan karangan gue sendiri, dan apa yang terjadi? Orang-orang pada ketawa geli melihat kalimat-kalimat yang gue tulis, kalo begini hasilnya gue jadi nggak yakin untuk membawa tulisan-tulisan gue ke penerbitan buku. Beberapa bulan lalu kakak gue juga pernah mengkritik habis-habisan tulisan gue yang susah-susah gue tulis pakai jempol sampai pegel (soalnya nulis di tablet), yang dialami tulisan gue adalah banyakmya pemborosan kata.

Gue akui, setelah gue baca lagi tulisan gue itu (yang rencananya pengen gue jadiin buku) ternyata memang bener kalo gue terlalu boros dalam penggunaan kosa kata. Mungkin ini juga efek dari kebiasaan boros isi dompet kali, ya.hehe...

Setelah gue bertahun-tahun ngeblog, walaupun perkembangan bakat menulis sangat lamban, tapi setidaknya gue bisa menulis dengan lancar meskipun nggak sekeren Mas Sugeng atau Juragan Cipir.

Lain lagi jika anda adalah orang yang beneran hobi menulis, gue yakin tulisan anda pasti bakal semakin enak dibaca dan sangat memungkinkan untuk mendatangkan pelanggan tulisan anda.

2. Membantu orang lain
Begitu mulianya seorang blogger, nggak cuma bermanfaat untuk diri sendiri, ngeblog juga bermanfaat untuk orang lain yang nyasar ke blog kita. Dengan blog, anda bisa berbagi ilmu atau pengalaman yang bisa menginspirasi dan memotivasi orang lain.

3. Membangun kepercayaan dan jaringan
Jika kita telah membantu sesama lewat blog, maka dijamin kita diberi kepercayaan oleh para pembaca blog kita karena kita sudah berbagi informasi yang dibutuhkan oleh mereka.

Seberapa penting sih kepercayaan?
Penting banget! Yang meremehkan pentingnya kepercayaan mending ke laut aja, kalo bisa masuk ke palung laut yang paling dalam. Kalo kurang dalam ya, ke palung hatiku aja, mana tahu betah, hihi....

Gue yakin kita semua pasti pada tahu kalau perkembangan dunia online semakin maju. Pengguna internet akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Di Indonesia saja pengguna internet sudah tembus 88,1 juta dan tentunya akan semakin bertambah. Oleh karena itu semakin banyak orang-orang yang mengembangkan bisnis secara online.

Jadi, salah satu kunci sukses adalah membangun kepercayaan. Tapi sebenarnya membangun kepercayaan itu gampang-gampang susah juga, sih. Oleh karena itu kita perlu membangun jaringan.

Jika kita mengisi blog dengan postingan-postingan yang bermanfaat bagi orang lain, semakin banyak postingan kita yang bermanfaat, maka akan semakin banyak pengunjung yang sudi berlangganan pada blog kita.

4. Menghasilkan uang
Nah, ini yang bikin orang pada kepincut pengen ngeblog karena bisa menghasilkan uang. Gak percaya? Nanti gue jelasin.

Dari mana kita harus memulainya?
Kalo sekedar membuat akun blog sih gampang saja, ya. Tapi akhirnya kebanyakan orang jadi bingung. Termasuk gue awal mula ngeblog. Gak tau mau nulis apa. Jadi, biar nggak kebingungan, ini langkah-langkahnya:

1. Tentukan tujuan
Anda harus punya tujuan terhadap apa yang ingin anda lakuin. Kalo nggak, anda bakalan bingung kemudian timbul rasa malas dan misi ngeblog pun jadi kacau. Seperti blog-blog gue sebelumnya.

Blogging itu butuh waktu, tenaga dan ide. Jadi, jangan sampai semua itu terbuang sia-sia cuma karena anda tidak punya tujuan.

Sebagai contoh: gue ikut audisi Ganteng-ganteng Serigala agar kedua orang tua gue bisa naik haji.. (lalu para juri terharu dan meloloskan gue audisi). Ini cuma contoh, ya. Hehe...

2. Tentukan topik
Pilihlah topik yang sesuai dengan passion anda. Jika anda suka ngoleksi gadget dan anda juga begitu paham dengan istilah-istilah di dunia pergadgetan. Anda bisa nulis review gadget atau barang elektronik, nulis buyer's guide,nulis tentang apa yang anda suka dan anda tidak suka dari sebuah gadget dan sebagainya. Atau mungkin anda hobi masak, anda bisa bikin resep-resep masakan ciptaan anda sendiri.

Pokoknya anda bebas nentuin topik apa saja asal topik itu sesuai dengan passion anda. Jika tidak, gue jamin blog yang sudah anda bangun pasti nggak bakal bertahan lama dan akhirnya terbengkalai juga..

3. Pilih platform blog
Anda bisa menggunakan Blogger atau WordPress yang tersedia gratis untuk pemula. Sebenarnya masih banyak lagi platform selain yang disebutkan, namun dua platform inilah yang paling banyak digunakan. Karena cara menggunakannya nggak merepotkan ketimbang hosting berbayar.

4. Cari ide dan mulai menulis
Jika anda sudah punya blog, mulailah menulis. Jika belum terpikirkan ide, carilah ide itu. Bisa dengan cara berkunjung ke blogger lain, baca-baca buku, dan cobalah berjalan ke luar rumah dan amati lingkungan sekitar. Mungkin saja ada kejadian-kejadian tak terduga yang bisa memunculkan ide. Kadang ide akan muncul sendiri di benak kita.
Jika ide sudah muncul, segeralah menulis. Karena kalau kita menunda-nunda, ide tadi akan hilang atau kadaluarsa dan terpaksa anda harus nyari ide yang masih hangat.

5. Salonin blog anda
Jika ada waktu luang, gunakanlah waktu luang itu untuk mempercantik tampilan blog anda. Anda bisa mengganti template atau tata letak blog anda sesuai selera anda, menambahkan widget-widget agar blog tampil lebih bagus. Tapi jangan terlalu berlebihan. Cukup bikin blog anda memiliki navigasi yang memudahkan pengunjung mengulik-ulik laman blog anda.

Kesalahan-kesalahan yang dilakukan blogger pemula

Siapapun yang masih newbie alias pendatang baru, dalam dunia karir biasanya disebut junior. Pasti banyak yang melakukan kesalahan, dan suatu yang wajar kalo kita punya senior pasti mereka marah-marah mulu bawaannya.

Sedangkan di dunia Blogging, berikut kesalahan-kesalahan yang kerap dilakukan oleh blogger pemula:

1. Terlalu sibuk mempercantik tampilan blog
Seperti yang gue bilang sebelumnya, salonin atau percantik blog anda. Tapi sayangnya kebanyakan blogger pemula terlalu sibuk mengurusi tampilan blog mereka. Pasanglah widget yang benar-benar bermanfaat saja seperti "Popular Post, Profil anda, Arsip, Follower". Nggak usah pasang widget jam. Karena setiap pembaca pasti terdapat penampil waktu pada perangkatnya masing-masing, bukan?

Yang membuat blog anda dikenal para pengunjung bukan karena tampilan blog, melainkan isi konten dari blog  yang anda kelola.

2. Mengutamakan kuantitas ketimbang kualitas
Blogger pemula biasanya terpacu untuk memposting tulisan sebanyak-banyaknya tanpa memperhatikan kualitas postingannya apakah itu ditulis sendiri atau hanya menjiplak dari blogger lain. Selain itu yang perlu anda ingat, jika anda terlalu banyak memposting dalam sehari, sistem Blogger akan mendeteksi blog anda sebagai spam atau robot yang kemudian blog anda diblokir oleh Google. Seperti yang pernah terjadi pada blognya Cara-Ririn (sekarang dia beralih ke platform WordPress self hosting).

3. Terobsesi dengan peningkatan traffik
Poin yang satu ini lah biasanya yang menyebabkan poin kedua. Biasanya blogger pemula lebih suka bolak-balik mengecek statistik mereka. Padahal itu nggak bakal membuat jumlah pengunjung blog bertambah. Sebaiknya persiapkan ide untuk postingan berikutnya.

4. Terlalu banyak topik
Blog yang memiliki banyak topik biasanya disebut juga blog gado-gado. Boleh saja, sih.. seperti kita lihat situs-situs berita kayak Detik, Kompas, Okezone, Viva dan lain-lain punya banyak topik. Tapi sebaiknya anda batasi jumlah topik sesuai kemampuan anda. Jika anda memaksakan, yang ada anda malah kebingungan pada blog anda dan pastinya akan sulit mendatangkan pelanggan setia. Selain itu, jangan terlalu banyak makan gado-gado, karena anda pasti tahu sendiri 'kan akibatnya, hehe..

5. Terlalu banyak blog
Terus terang, waktu gue masih pemula, gue juga terobsesi untuk bikin blog yang banyak. Karena cuma gue sendiri yang mengelola, gue nggak sanggup melanjutkannya. Akhirnya dua blog gue terabaikan dan selebihnya gue hapus, dan satunya yang sekarang ini pengen gue fokuskan. Semoga aja blog gue ini tetap berjaya sampai gue tua nanti. :D

Memang bukan masalah mengelola banyak blog, walaupun anda bukan nyubi/newbie lagi, anda tidak harus membuat banyak blog. Mereka saja yang sudah terbilang sukses pun masih mikir untuk bikin blog baru.

6. Terobsesi mendapatkan uang dengan cepat
Tidak bisa dipungkiri sebagian besar para blogger mulai blogging karena ingin mendapatkan uang yang banyak. Padahal mencari uang nggak ada cara yang instant, termasuk ngeblog. Oleh karena itu, untuk pemula sebaiknya kesampingkan dulu penghasilan blog dan utamakan memposting konten yang berkualitas.

Mulai mengelola blog
Jika anda sudah punya beberapa postingan pada blog anda, selanjutnya anda tentu pengen supaya blog anda dikunjungi oleh netizen. Oleh karena itu mulailah mempromosikan blog anda dan mulai mengenal istilah SEO dan istilah lainnya.

1. Fokus terhadap konten
Ibarat dunia pertemanan, orang lebih suka berteman dengan orang yang pintar dan lucu daripada berteman dengan orang cantik/ganteng. True story! Jadi sebagus apapun blog anda, semahal apapun domain yang anda beli, pengunjung hanya butuh konten anda. Jika konten asal-asalan, netizen bakalan close tab dan mencari konten lainnya di mesin pencari.
Oleh karena itu, risetlah apa yang anda suka, yang orang lain suka, dan risetlah sesuatu yang berguna dan bermanfaat. Maka akan terciptalah tulisan yang berkualitas.

2. SEO
Singkatan dari Search Engine Optimization adalah usaha untuk optimalisasi blog pada mesin pencari. Jika anda pengen dapet pengunjung yamg banyak di Laman pencarian Google, mau nggak mau anda harus berurusan dengan SEO.

Jujur saja, sebelum nulis postingan ini gue juga belum begitu paham tentang SEO ini. Tapi anda tidak harus jadi ahli SEO demi mendapatkan kunjungan yang berasal dari mesin pencarian. Cukup dengan menerapkan pemahaman SEO dasar sudah cukup membantu untuk menampilkan blog anda pada mesin pencari. Google Indonesia pun menyediakan panduan SEO dalam bentuk dokumen .pdf yang gampang banget untuk dipahami, silahkan anda cari sendiri panduan SEO di Google. :)

3. Blogwalking
Blog berjalan? Bukan, maksudnya blogwalking adalah aktivitas berkunjung ke blog orang lain sambil meninggalkan komentar. Ini merupakan cara yang sudah lawas namun sampai sekarang cara ini masih efektif untuk mendatangkan visitors, bahkan lebih efektif. Manfaat lainnya:

- Menjalin silaturahmi sesama blogger
- mendapatkan backlink yang juga merupakan salah satu faktor penting SEO
- menambah wawasan dan inspirasi
- dan lainnya.

4. Gabung di forum-forum
Banyak website yang menyediakan forum gunanya untuk mempertemukan kita dengan orang lain yang punya hobi yang sama. Selain untuk berdiskusi, sesekali bolehlah mempromosikan blog kita asal jangan blak-blakan. Karena penyedia forum punya peraturan ketat demi menjaga reputasi empunya forum.

5. Social media
Anda punya banyak teman atau follower di akun social media? Nah, inilah cara yang paling gampang agar mendapatkan pengunjung yang banyak. Promosikanlah postingan anda ke social media.

Pada blog gue yang Sientin Blogspot, anda bisa lihat jumlah pengunjungnya belasan ribu. 99.99% nya adalah berasal dari Social media. Pengunjungnya paksaan kayaknya, hehe...

6. Belajar sampai ke negeri China
Orang pintar nggak ada yang berhenti yang namanya belajar, oleh karena itu teruslah belajar. Gunakanlah gadget dam koneksi internet yang anda punya untuk mencari informasi.
Jika anda sudah punya basis pembaca yang cukup banyak, ribuan pengunjung setiap harinya, maka blog anda siap untuk..

Mencari uang dengan blog

Kenapa tidak? Kita sudah susah payah memelihara dan membesarkan blog kita. Tentu kita ingin blog yang membalas jasa kita dengan cara mendatangkan uang lewat blog.
Banyak cara yang bisa kita lakukan agar bisa menghasilkan uang. Berikut ini caranya:

1. Gabung di Jaringan periklanan
Ini tidak asing lagi karena cara ini adalah cara yang paling diminati oleh kebanyakan blogger individual maupun perusahaan. Dengan mengikuti program Advertising Network ini, kita hanya perlu memasang script atau kode pada blog kita supaya bisa menampilkan iklan secara otomatis. Dengan cara ini, kita nggak perlu susah-susah mengajak suatu perusahaan/produsen agar mau memasang iklan pada blog kita.
Berikut ini adalah beberapa jaringan periklanan yang paling populer saat ini:

- Google AdSense
- Chitika
- Criteo
- Idblognetwork
- Dan lain-lain.

Jika anda gagal bergabung pada program Advertising Network yang disebutkan di atas dengan alasan blog tidak memenuhi kriteria, jangan berkecil hati. Karena masih ada cara lain untuk menghasilkan uang dengan blog. Yaitu..

2. Menjual ruang iklan pada blog
Dengan cara kedua ini, kita jadi bisa menjual ruang iklan secara langsung kepada siapa saja yang berminat untuk memasang iklan pada blog kita. Keuntungannya, kita bebas menentukan sendiri harga sewa. Tapi ingat! Pasanglah tarif yang sesuai dengan kualitas blog anda. Sebagai contoh bisa anda lihat pada blognya Cara-Ririn yang ruang iklannya dihargai paling mahal 700 ribu perbulan! Coba saja dikalikan dengan jumlah banner iklan yang muncul. Wow... cukup fantastic, bukan?

3. Menjual produk sendiri
Jika anda seorang pengusaha toko, namun toko anda sepi pembeli. Anda bisa "menaruh" barang-barang dagangan anda ke dalam blog. Karena sekarang trend-nya belanja online, sangat memungkinkan barang-barang yang anda jual secara online bakalan sold out. Tidak punya barang untuk dijual? Barang pemberian mantan juga nggak ada?? Masih ada cara lain, kok.

4. Menjual jasa
Menjual jasa bisa menjadi alternatif agar bisa menghasilkan uang lewat blog. Misalkan anda jago nulis artikel, anda bisa menjual jasa menulis artikel. Pokoknya jasa apa saja bisa anda jual, bahkan jasa pacar sewaan juga boleh biar nggak dikatain jones melulu.

Sebenarnya masih banyak lagi cara lain untuk mencari uang lewat blog yang nggak kalah populernya seperti program affiliasi dan sponsorship, untuk penjelasan lebih lanjut bisa anda cari di Google. Soalnya tangan gue udah terlalu pegal untuk mengetiknya. Hehe... #MalasKambuh

Kesimpulannya...

Jadi seorang blogger itu gampang banget, bro. Hanya saja untuk sukses nggak ada cara yang instant. So, nikmatilah suka-dukanya proses anda dalam membangun blog dan jangan terlalu memikirkan hasil. Blogging itu bukan bisnis, melainkan adalah hobi yang bisa jadi bisnis.Asalkan anda konsisten dalam menciptakan konten yang original. Gue yakin, anda pasti bakal sukses.

Mudah-mudahan postingan kali ini bisa bermanfaat buat anda. Kritik dan sarannya dong!

0 comments:

Post a Comment