Friday, May 8, 2015

Tim PP IPTEK Membuat Tesla Coil Untuk Mengedukasi Masyarakat Akan Bahaya Petir Dan Cara Menangkalnya

Semua orang sangat menghindari kejadian tersengat petir di saat cuaca buruk. Arus listrik yang dapat dihasilkan oleh petir dapat mencapai 1,2 juta volt. Dengan besaran tersebut bakal menyakiti badan dan mematikan. Namun, petir dapat dihindari dengan menerapkan beberapa hal dari ilmu fisiko untuk menangkalnya.

Untuk mencegah tersengat petir bisa digunakan Tesla Coil. Alat ini mampu member perlindungan kepada seseorang untuk tetap hidup sekalipun mendapatkan sengatan listrik berukuran besar seperti petir atau halilintar. Alat ini dikembangkan oleh Tim Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP IPTEK) sebagai bentuk edukasi pada masyarakat.

"Dibuatnya alat tersebut bertujuan mengedukasi masyarakat mengenai tegangan tinggi, seperti petir, kilat, dan halilintar," ujar Adit, petugas PP IPTEK Taman Mini Indonesia Indah (TMII), seperti dikutip laman Okezone.


Bentuk alat ini menyerupai alat transformasi resonance circuit dengan kumparan tembaga. Melalui Tesla Coil, akan diketahui besaran tegangan tinggi tapu dengan arus bolak-balik yang rendah di frekuensi tinggi. Agar pengunjung bisa mencobanya, pada alat tersebut telah dilengkapi Sangkar Faaradai. Pengunjung bisa masuk ke sangkar dan menikmati sensasi dialiri arus listrik besar setara halilintas tanpa merasakan kesetrum. Namun tidak diperbolehkan anggota badan keluar dari sangkar sampai aliran listrik diputus.

"Tegangan listrik mahabesar dari Tesla Coil dialirkan ke sangkar melalui sebuah kabel. Namun, orang yang berada di dalamnya tidak akan tersetrum meski terbuat dari besi. Hal itu disebabkan aliran listrik telah dihantarkan ke Bumi atau dikenal dengan istilah grounded. Cara kerjanya mirip seperti penangkal petir di rumah," tutur Adit.


Sumber: Sidomi News

No comments: