, ,

Iseng-Iseng Ganti Template Blog

Halo Reelations, malam minggu kemarin gue nggak malmingan sama siapa-siapa. Karena emang nasibnya gue sekarang ini sedang nggak punya. Jadi seperti biasa gue browsing dan tentunya check in my blog.

Secara gue cuma punya tablet beserta henpon kecil sebagai penghubung internetnya, gue pengen banget ganti template blog gue yang masih pakai template bawaan Blogger. Jadi gue ngiseng cari template gratis di Google, gue pengen tampilan blog gue jadi bisa beradaptasi pada perangkat manapun berapapun ukuran layarnya. Template yang dimaksud biasanya disebut template responsive.

Setelah gue cari di Google, kurang dari semenit ketemulah gue sama Evo Templates dan saat itu juga langsung gue download.

Awalnya gue bingung gimana cara mengedit script atau kode-kode yang ada di dalam file tersebut dengan perangkat Android. karena aplikasi Quick Office ternyata nggak bisa untuk membuka dan mengelola dokumen berekstensi .xml.

Nggak mau mikir lama-lama, kemudian gue buka pada halaman Blogger tab template dan langsung mengunggah file mentah tadi. Setelah itu, jadilah blog gue berpenampilan menarik dan responsive pada semua ukuran layar dan bisa beradaptasi pada layar tegak (portrait) maupun rebah (landscape).

Namun, anda pasti merasakan ada yang belum sempurna pada template blog ini. Benar sekali! Menu-menu pada tab bar belum bisa berfungsi karena gue belum memasang tautan internal pada tombol-tombol itu.

Dari awal gue udah tahu desain blog belum akan sempurna kalau gue belum menyunting beberapa elemen yang ada dalam file xml tadi. Lalu gue coba untuk menyuntingnya secara langsung di browser pada laman edit html. Namun apa yang terjadi? halamannya macet-macet dikarenakan tablet gue spesifikasinya sangat tidak memadai untuk membuka blog desktop. Ditambah lagi kode html yang begitu panjang digulir sampai bawah bikin halaman semakin tidak berdaya untuk digulirkan. Berbagai cara gue lakukan seperti menghapus cache  browser dan semua data-datanya. Gue coba lapangin RAM juga tapi tetap saja nggak berpengaruh.

Mungkin memang karena halaman html editor Blogger yang nggak cocok untuk dibuka pada perangkat mobile meskipun layarnya cukup lapang untuk membuka situs desktop.

Masih belum nyerah, gue coba untuk mencari aplikasi xml editor di Google Play Store. Hasilnya memang banyak sih, tapi sayangnya aplikasi-aplikasi di PlayStore kebanyakan sama. Setelah gue teliti satu-persatu aplikasi dari segi rating dan testimonial penggunanya, akhirnya gue meminang Axel Xml Editor untuk didownload.

Butuh beberapa menit untuk bisa beradaptasi dengan aplikasi ini. Setelah beberapa menit kemudian barulah gue merasakan mudahnya mengedit elemen-elemen xml yang harus disunting tadi. Dan finish! Setelah ini gue harap ada perbaikan pada desain blog gue ini.

Sayangnya tidak seperti yang diharapkan, file dokumen xml nggak bisa diupload gara-gara kesalahan pada script yang gue edit, mungkin ada elemen penutup macam ini '>' atau '/>' yang nggak sengaja gue hapus.

Karena udah jam 3 dini hari dan gue udah ngantuk berat, gue putuskan untuk mengabaikan tampilan blog dengan menu navigasi yang belum berfungsi. Yang penting postingannya masih bisa diakses, kan. Hehe.....

Tapi template baru ini berhasil membuat blog ini menempati posisi pertama di pencarian Google dengan keyword: "Bully orang lemah". Walaupun itu bukan kata kunci populer, Mendapat posisi pertama di pencarian Google tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi kita para Blogger, bukan? Yakaleee...

2 comments:

  1. Semoga besok bisa dilanjtkan lagi untuk coding template blognya gan. he,, he, he,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, om. ini sengaja dibiarin dulu nunggu laptop pulkam. Hehe.... :D

      Delete