Friday, October 2, 2015

Dampak Buruk Vitamin C yang Berlebihan Pada Tubuh Anda

Yasreel.com, Dharmasraya: Vitamin C berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh kita dari berbagai serangan penyakit. Penting bagi tubuh kita untuk mendapatkan asupan vitamin C yang cukup setiap hari. Tapi, terlalu banyak mengkonsumsinya juga tidak disarankan, lho. Karena sebaik-baiknya vitamin kalau berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan anda.

Menurut Ahli kesehatan mengkonsumsi vitamin C berlebihan berefek samping seperti:

1. Pusing
Pusing sudah menjadi masalah kesehatan yang lumrah di masyarakat. Hati-hati bila terserang pusing karena bisa jadi itu karena Anda kelebihan vitamin C. Oleh karena itu, egera konsultasikan dengan dokter bila Anda mengalami hal ini..

2. Kram perut
Kram perut biasanya terjadi ketika kita mendapatkan kabar yang tak diinginkan atau ketika melihat sang mantan sudah punya kekasih baru *curcol*. Wanita biasanya mengalami perut kram ketika lagi datang bulan. Walaupun kasus perut kram karena kelebihan vitamin C jarang terjadi, namun sebaiknya Anda tidak mengabaikan begitu saja. Sebab selain kram pada perut, Anda juga bisa mengalami sakit kepala ataupun migran hingga mual-mual.

3. Mulas

Para ahli kesehatan mengatakan bahwa kelebihan dosis vitamin C  juga dapat menyebabkan mulas, dan diare pun telah dikaitkan dengan kelebihan dosis vitamin C ini. Selain itu, karena vitamin C sangat identik dengan asam. Bukan tidak mungkin vitamin C juga dapat menyebabkan peningkatan asam lambung. Selain itu juga dapat menyebabkan perut kembung.

4. Sakit punggung
Sakit punggung tidak hanya disebabkan oleh terlalu lama duduk di depan komputer atau salah tidur. Tetapi juga bisa terjadi karena terlalu banyak mengkonsumsi vitamin C.

5. Urin keluar darah
Ini mungkin agak menyeramkan. vitamin C yang overdosis juga dapat menyebabkan rasa sakit pada saluran kemih. Jika sudah terlalu parah, saat buang air kecil bisa saja mengeluarkan darah. (Via: MetroTvnews)

Jadi itulah dampak buruk mengkonsumsi vitamin C secara berlebihan. Oleh karena itu, marilah kita perhatikan asupan gizi pada makanan dan minuman kita sehari-hari agar memberikan manfaat baik bagi kesehatan tubuh kita.

Berapa banyak kebutuhan kita akan vitamin C? Menurut Peneliti dari University of Michigan, Mark Moyad, kebutuhan tubuh akan vitamin C normalnya yaitu sebesar 75 - 90 Milligram perhari. Untuk hasil yang ideal, manusia membutuhkan sebesar 500 milligram perharinya. Sedangkan batas maksimal sebesar 2000 milligram.

Jumlah dosis tersebut akan lebih mudah dilihat dari suplemen. Seperti VITACIMIN, satu tablet terdapat 500 milligram vitamin C. Jadi, anda cukup mengkonsumsinya 1 tablet perhari. Atau CIPI yang setiap tabletnya mengandung 50 milligram vitamin C yang direkomendasikan 1 - 4 tablet perhari. (Via: Liputan6)

No comments: