Wednesday, October 21, 2015

Jadi Pengen Nih, Chromebook Terbaru Dari HP

Nggak cuma punya Android OS, Google juga punya Chrome OS yang dirancang untuk notebook. Nama yang mirip tapi nggak setenar browser besutannya. Namun, produk notebook yang menggunakan Chrome OS tersebut ternyata bisa dipertimbangkan karena harga yang terjangkau. Nah, HP (Hewlett Pckard) baru saja mengumumkan Chromebook terbaru mereka yang merupakan pembaruan dari seri Chromebook 14.

HP Chromebook 14 mengadopsi layar 14 inci dengan resolusi 1366x768 piksel. Untuk menjalankan Sistem Operasi, ditanamkan processor Intel Celeron N2840. Untuk menunjang kinerjanya disematkan RAM 2 GB serta internal storage sebesar 16 GB. Untuk penggunaan daya, baterai chromebook ini mampu bertahan selama 9 jam. Chromebook ini juga ada versi full HD, namun spesifikasi yang sama sehingga daya tahan baterai jadi kurang dari 9 jam.

Selain itu HP juga meluncurkan Chromebook 14 G4 yang menawarkan koneksi internet yang lebih aman dengan VPN hingga virtualisasi. Untuk sektor penyimpanan Chromebook 14 G4 memiliki internal storage seluas 32GB. Semua jenis Chromebook 14 tersebut dilengkapi konektor USB 3.0, HDMI, dan slot microSD.

Untuk pengoperasiannya, notebook berbasis Chrome OS ini membutuhkan sambungan internet karena file pengguna akan tersimpan di cloud storage. Pengguna akan mendapatkan gratis 100 GB di Google Drive selama 2 tahun. HP juga menawarkan peminjaman film dan lagu secara gratis di Google Play.

Soal harga, laptop berdesain cantik ini dibanderol dengan harga cuma US$ 249.99 untuk versi reguler, sedangkan untuk versi Full HD dan G4 dengan harga US$ 279. HP juga mengeluarkan Chromebook 11 dengan layar 11" yang harganya tentu lebih murah lagi yaitu US$ 199. Selain itu juga ada Chromebook 14 Touch, sesuai namanya menggunakan layar sentuh dengan chip NVIDIA Tegra dan dibekali RAM sebesar 4 GB. Sayangnya versi layar sentuh ini belum diketahui harganya. Tapi yang pasti HP akan mulai menjualnya pada tanggal 8 November nanti.(Via AndroidHeadlines)

Kalau mengingat harganya yang murah dengan kemampuan daya tahan baterai yang tahan lama, mungkin sangat cocok dipakai untuk ngeblog. Harapan saya, semoga aplikasi yang saya butuhkan seperti Movie Maker dan aplikasi produktif lainnya tersedia di Chrome OS ini.

2 comments:

Mukhamad Sholikudin said...

Jadi pengen punya.

dunia kecil indi said...

Modelnya keren dan fungsinya oke. Perfect, tuh, ---apalagi kalau ada yang pink, hihihi :)