, ,

Menyatukan Semua Blog, Kembali Ke Blog Pertama


Anda pasti melihat bahwa Saya nggak konsisten ngeblog. Jika Anda mau jujur aliad blak-blakan berkomentar pada postingan saya, saya ucapkan terima kasih. Jujur saya sedih melihat komentar yang memuji tapi sebenarnya postingan saya sangat layak untuk dikritik sepedas caroline reaper karena saya suka yang pedas-pedas. Tapi ya sudahlah, kembali ke judul.
Saya mengenal dunia blog sejak tahun 2009 dan pada tahun 2010 atau 2011 baru saya mulai membuat blog. Nama blog pertama saya waktu itu yaitu Tasampang, merupakan bahasa Minangkabau artinya tersangkut. Saya kepikiran buat bikin nama ini karena pada waktu sekolah saya sering gombalin teman-teman cewek.
"hei kamu! I love you!"
Pas dia kege-eran, gue bilang "Eh... tasampang (nyangkut) di atas pohon. Sorry, gak jadi"
Gombalan saya emang garing banget. Tapi setidaknya saya bisa bikin cewek-cewek bisa ketawa walaupun cuma "hehe" saja. Tapi gawatnya ada beberapa cewek yang baper gara-gara saya bilang i love you. Ehh hatinya hancur setelah saya bilang cinta saya itu 'tasampang' di atas pohon, bukan di hatinya. Kelihatan dari mimik wajahnya penuh dendam karena saya sudah mem-php-nya. Semenjak itu saya jadi susah nyari pacar gara-gara saya keseringan nggak ngomong serius. Aduh!
Ah, nggak juga sih...
Lanjut ke judul!
Selama enam tahun saya mengenal blog, saya masih belum bisa menemukan passion saya. Blog pertama saya namanya Tasampang. Dulu saya rajin mengupdate blog ini 1-5 perharinya dan berhasil mencapai peringkat 700-500 ribuan di Alexa rank. Tapi sayangnya dari ratusan postingan yang saya buat cuma 20% yang merupakan postingan original saya. Gara-gara saya merantau sebentar, saya jauh dari laptop dan nggak bisa posting setiap hari seperti biasanya. Akibatnya statistik blog ini terjun bebas, peringkat terpental ke angka jutaan. Dan secara saya masih suka labil (banget), akhirnya saya patah semangat dan vakum ngeblog sampai akhir tahun 2012.
Awal tahun 2013 karena saya nggak banyak kerjaan, kepikiran untuk bikin blog baru. Nama blognya Bang Entin, itu nama panggilan saya oleh adik-adik saya. Blog ini saya isi dengan tulisan apa yang ada di pikiran saya. Jadi bisa dibilang original walaupun nggak berkualitas. Hehe
Saya menulis postingan menggunakan smartphone soalnya laptop saya kasih ke kakak buat memperlancar tugas perkuliahannya, jadi saya cuma sanggup memposti paling banyak 3 artikel tiap minggu. Lama-lama jempol-jempol saya mulai gatal, kebayang kan rasanya nulis artikel menggunakan layar sentuh yang berukuran cuma 3". Udah sering typo, kalo kepanjangan pasti force close. Kalau ke warnet pasti bayar, dan ide belum tentu muncul yang ujung-ujungnya cuma main game online. Kemudian saya ambil jalan pintas, melakukan full copas. Saya coba daftar Adsense, ditolak. :D dan frustasi :(
Setelah vakum ngeblog, tahun 2014 saya kembali bikin blog baru namanya Sientin. Blog ini kembali saya isi dengan postingan original walaupun nggak berkualitas. Tapi, karena tombol earning di dasbor nggak tersedia, saya bikin lagi blog baru Yasreel blogspot yang isinya kebanyakan curhat (ini juga curhat sebenarnya). 20 postingan tersedia pada blog ini kemudian saya ajukan monetisasi Adsense. Ternyata nggak bisa juga, soalnya saya sudah pakai Adsense untuk monetisasi YouTube Channel, jadi saya diwajibkan pakai Top Level Domain.
Akhirnya impian saya punya domain sendiri tercapai juga :D. Sebagaimana tadinya pakai embel-embel blogspot yang kepanjangan, sekarang jadi yasreel.com. Kemudian saya ajukan lagi monetisasi AdSense rupanya ditolak lagi, dengan alasan konten tidak memberi manfaat bagi pembaca.
Saya pikir sebaiknya bikin blog baru dengan topik kesehatan. Namanya dokteryasreel.blogspot.com dan domain yasreel.com tadi saya pindahkan ke sini. Banyak yang bilang kalau blognya tentang kesehatan, CPC nya biasanya tinggi. Itulah kenapa saya milih topik kesehatan.
Tapi ujung-ujungnya terkendala masalah ide. Saya nggak bisa menemukan ide-ide yang berkaitan dengan kesehatan. Daripada nggak posting satupun, blog-blog yang saya punya sebelumnya kembali saya cek dan posting sesuai topik setiap blog.
Kalau dipikir-pikir cara seperti itu benar-benar menghabiskan waktu saya. Mengelola banyak blog selalu bikin saya kehilangan imajinasi. Mengingat kisah MBDC yang dulu juga sempat vakum mengelola situsnya, saya mencoba untuk memeriksa lagi blog saya yang pertama kali saya buat. Sepertinya blog ini masih bisa "dibersihkan" dari postingan yang nggak original. Pengunjung organik juga nggak terlalu buruk.
Saya baru ingat kalau konten pada blog bisa diekspor dan diimpor ke blog lain. Oleh karena itu, konten blog dari sientin, yasreel, dan dokteryasreel saya impor ke blog lama Tasampang, serta domain yasreel.com juga saya pindahkan. Alhasil, jadilah blog yang sekarang ini.
Mengingat konten blog yang bisa di-manage, saya nggak takut blog ini jadi blog "gado-gado" atau random topic. Toh, banyak blog atau situs yang sukses dengan jualan gado-gado. Yang terpenting itu, kita punya ciri khas dalam bentuk penyampaian informasi, ya nggak? Hehe
Oke, daripada tulisan saya makin nggak jelas mending saya sudahi dan semoga bisa membuat postingan yang lebih baik dari postingan sekarang ini.
Salam sehat!

0 comments:

Post a Comment