Friday, September 25, 2015

Atasi Kemerahan dan Lemaskan Otot Mata Anda

Yasreel.com, Dharmasraya: Jika anda sering duduk dan menatap komputer terlqlu lama, pasti anda juga sering merasakan sakit kepala. Itu disebabkan karena mata anda sedang mengalami ketegangan. Kondisi seperti ini bukanlah hal yang sepele, karena bisa membuat mata mengalami rabun jauh.

Oleh karena itu, jangan sampai anda tidak mempedulikan mata anda ketika sedang di depan monitor atau melihat objek dekat dalam waktu yang lama.  Bagaimana cara mengatasi ketegangan mata? Simaj tips berikut ini:

1. Beristirahatlah
Melihat layar monitor terus menerus tentu akan berdampak buruk bagi mata anda. Mata juga butuh diistirahatkan, Anda perlu mengambil istirahat di antara waktu tersebut. Cobalah untuk jalan-jalan ke halaman rumah Anda. Jika rasanya tidak memungkinkan, setidaknya alihkan pandangan Anda dari monitor ke benda-benda yang ada di kamar.

2. Nikmati hangatnya sinar matahari
Matahari yang hangat (bukan panas terik) bagud untuk kesehatan tubuh termasuk mata Anda. Cobalah berdiri sejenak dan nikmatilah hangatnya sinar matahari. Waktu yang pas yaitu pada pukul 7 - 9 pagi. Tutup mata dan putar perlahan-lahan kepala anda dari sisi ke sisi lainnya agar sinarnya menerpa seluruh wajah anda.

3. Lakukan latihan mata
Ketika melihat suatu objek tetap dalam waktu lama tentu membuat kelenturan otot mata jadi berkurang dan tegang. Oleh karena itu Anda perlu melatih mata anda. Butuh waktu secara bertahap, latihan ini dijamin akan mencegah/mengurangi pandangan kabur anda. Caranya, fokus pertama pada objek yang terdapat pada 30 cm di depan anda, fokus kedua pada suatu objek pada jarak 10 meter. Kemudian pandang fokus pertama dan fokus kedua secara bergantian, seperti halnya memindah-mindahkan fokus pada kamera. Kedipkan mata Anda jika lelah. Cara ini akan membuat otot mata anda rileks dan juga mampu mencegah rabun/penglihatan kabur. Setiap kali mata Anda lelah saat menatap layar komputer, lakukan beberapa latihan fleksibilitas mata. Putarlah mata anda ke atas bawah, kanan dan ke kiri. Selain itu, Anda juga bisa memijat lembut daerah sekitar mata untuk mengendurkan otot-otot mata Anda.

4. Sesuaikan brightness layar komputer
Semakin lama anda menatap layar komputer, mata anda akan semakin cepat tegang. Oleh karena itu, atur kecerahan layar dan perbesar ukuran font sehingga nyaman untuk dilihat.

Selain menyebabkan ketegangan otot mata, menatap layar komputer terlalu lama juga dapat menyebabkan mata kering. Sehingga mata dipaksa untuk mencari pengganti cairan terdekat. Akibatnya darah jadi sasaran sehingga membuat mata merah. Nah, solusinya gunakan Insto.

Insto adalah obat tetes mata yang sudah dipercaya masyarakat karena obat ini bereaksi cepat dalam mengobati iritasi dan mata merah. Cara penggunaannya cukup teteskan 2-3 tetes pada mata, untuk pengobatan bisa digunakan 3-4 kali sehari. Tapi sebaiknya gunakan Insto seperlunya saja.

Obat ini bisa Anda dapatkan di apotik terdekat atau minimarket kesayangan Anda.

Salam sehat.

No comments: