Thursday, September 3, 2015

Kebanyakan Minum Kopi, Berbahayakah?

Aroma khas kopi membuat saya jadi kecanduan untuk meminumnya. Namun, fakta menyebutkan kalau mengkonsumsi kopi yang berlebihan dapat berpengaruh pada kesehatan. Jadi, sebaiknya berapa gelas kita meminumnya dalam sehari?

Membaca koran atau ngobrol-ngobrol dengan tamu ditemani secangkir kopi merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan. Namun ada banyak yang menyebutkan, ketika minum kopi sebaiknya dibatasi dalam sehari supaya tidak mengganggu kesehatan kita. Mayo Clinic pun menunjukkan bahwa anggapan meminum kopi terlalu banyak memang tidak baik untuk kesehatan.

Pada tahun 2003, kopi pernah menjadi salah satu penyebab kematian terbesar bagi orang yang berusia 20-87 tahun. Minuman yang memiliki aroma yang khas itu sudah menjadi bagian dari gaya hidup yang tak bisa dihindarkan dari kebiasaan dan karakter orang banyak.

Peneliti menemukan, mereka yang berusia 55 tahun ke bawah yang sering mengkonsumsi lebih dari 29 cangkir kopi dalam rentang waktu sepekan, mereka berpotensi lebih cepat tutup usia ketimbang mereka yang bukan peminum kopi. Namun studi lain yang dikemukakan oleh Carl J. Lavie dan tim menunjukkan fakta lain yang membuat anda tetap asyik meminum kopi tanpa kuatir lebih cepat menutup usia.

Batas maksimal mengkonsumsi kopi dalam sehari bagi kita adalah empat cangkir yang setara dengan 200mg kafein. Dengan kata lain, kurang dari 28 gelas dalam sepekan masih terbilang wajar dan tidak membahayakan kesehatan.

Nah, jika itu masih dirasa kurang, anda masih bisa menikmati 9 shot espresso atau 9 cappuccino perhari. Bukan hanya itu saja, kadar kafein dalam kopi yang telah diseduh diketahui berbeda dan turut memengaruhi jumlah yang dapat anda konsumsi. Sedngkan pada kopi tubruk, kafein itu terlarut, jadi semakin lama diseduh, akan lebih banyak pula kafeinnya.

Segala sesuatu memang tidak baik dikonsumsi secara berlebihan. Jika kita bisa membatasinya, mengkonsumsi kopi secara rutin dapat menunda timbulnya diabetes tipe 2, serangan jantung, Parkinson, Alzheimer dan beberapa jenis kanker.

Saya sendiri adalah pecinta kopi, candu kopi ini ternyata nggak beda sama rokok. Jika sehari saja saya tidak minum kopi, kepala saya pun pusing dan gelisah. Pada saat membaca atau menulis artikel pun saya butuh minum kopi agar bisa konsentrasi mengerjakannya.

Jadi, sebenarnya kopi sangat baik bagi kesehatan dan membantu melancarkan aktivitas. Namun berbahaya jika mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan.

No comments: