Monday, September 14, 2015

Cara Cepat Menerima Pembayaran Dari YouTube

Halo kawan! Sudah lama saya nggak posting di sini, soalnya saya abis kangen-kangenan sama beberapa blog yang sudah lama saya tinggal. Dan sekarang saya juga kangen posting di sini karena saya belakangan ini dapat pengalaman yang menegangkan menyenangkan. Apa itu? Seperti biasa, soal nyari duit di internet.

Udah masuk tahun kedua saya berstatus sebagai publisher AdSense yang digunakan untuk menyimpan saldo dari YouTube earnings. Akun AdSense sudah terverifikasi, namun sampai sekarang saya masih belum pernah megang duit yang "berasal dari AdSense". Kalau dipikir-pikir, selama menjadi YouTuber ini pengeluaran saya lebih besar daripada pemasukan. Setiap bulannya saya keluarkan dana sekurang-kurangnya 100 ribu untuk beli paket internet demi memperlancar pengunggahan konten. Sedangkan penghasilan yang masuk ke AdSense rata-rata perbulannya cuma $4,5 atau 63.000 jika dirupiahkan.

Dengan penghasilan yang cuma segitu, mau sampai kapan saldo saya terus ditangguhkan? Sebenarnya salah saya juga sih, konten yang saya unggah tidak terlalu orisinil, masih mengutip karya orang lain. Tapi bukan berarti ngambil karya orang seenak jidat sendiri kok, sebisa mungkin saya mencantumkan identitas pemilik video. Sehingga kesannya saya mempromosikan mereka (pemilik asli video). :D

Nggak mau terus menunggu, saya mah orangnya emang nggak sabaran. Dulu waktu saya masih baru di YouTube ada teman yang memperkenalkan ke saya bahwa selain dengan AdSense, kreator YouTube juga bisa bermitra dengan Multi Channel networking (MCN) atau jaringan multi saluran. Katanya dengan bermitra dengan suatu jaringan multi channel dijamin penghasilannya top markotop. Saya nggak yakin begitu saja.

Karena saya masih belum ngerti MCN pada waktu itu, saya coba cari tahu tentang itu. Kemudian saya menyimpulkan kalau gabung dengan MCN itu sama dengan menggabungkan atau menautkan channel YouTube kita dengan akun AdSense orang lain dengan perjanjian tertentu seperti bagi hasil misalnya.

Beda MCN beda pula aturan mainnya. Ada yang pembagian hasil 60-40, 70-30, 80-20, ada yang nggak boleh unlink atau membatalkan tautan channel dalam waktu tertentu, ada yang memgambil alih konten ID video channel kita (jika penautan channel dengan MCN diputus, maka video nggak bisa dimonetisasi lagi). Dan sebagainya.

Nah, berhubung saldo AdSense saya masih belum mencapai ambang pembayaran, saya takut jika channel saya move on ke MCN, saldo AdSense saya hangus. Jadi saya kepikiran untuk "berbuat dosa". "dosa" yang dimaksud, saya melakukan eksperimen menggunakan channel kakak saya yang sebenarnya juga menggunakan AdSense, namun saldonya masih sebutir receh.

Saya menggunakan MCN dari Freedom soalnya MCN yang satu ini diakui oleh banyak blog sebagai jaringan multi saluran terbaik. Kelebihan MCN ini adalah "kebebasan", jika kita cerai dari Freedom content ID video akan tetap jadi milik kita.

Setelah pengaitan channel dengan Freedom berhasil, penghasilan tertaksir pada data Analytics di YouTube kembali nol. Saya sedikit panik, kemudian saya coba cek akun AdSense kakak saya. Ternyata saldo masih utuh. Selain itu, ternyata saldo terakhir yang sudah direkam oleh YouTube analytics sebelumnya tetap dipindahkan AdSense walaupun hanya sebesar upil kamu.

Dua bulan sudah saya menunggu pembaharuan data revenue di dashboard Freedom tetap saja nol. Akhirnya saya putuskan untuk mengakhiri penautan channel dengan MCN freedom ini dan kembali tertaut dengan AdSense.

Namun, bulan berikutnya saya menerima email dari PayPal, bahwa saya menerima transferan dari Any.TV (yang merupakan induk dari Freedom.tm). Nggak sampai 1 dollar sih. Iya, nggak sampai. Tapi di situlah bukti kejujuran MCN Freedom. Mereka nggak ngambil hak kita meskipun hanya recehan sebesar upil.

Kekurangan MCN Freedom terletak pada jadwal payout yang dilakukan sekali 3 bulan. Selain itu pada sistem bagi hasil, 60% untuk kita dan 40% untuk Freedom.tm. Tapi tenang, tersedia program refferal di sini. 15% penghasilan refferal akan masuk ke akun kita. Jadi, semakin banyak refferal kita yang aktif, semakin banyak pula kita meraih untung. Dan pastinya, kita nggak perlu lagi dipusingkan dengan sistem bagi hasil yang terbilang seram itu.

Setelah saya cabut tautan channel YouTube kakak saya dengan MCN Freedom, ternyata sulit sekali untuk menautkannya lagi. Entah kenapa, mungkin saja Freedom.tm sudah memperbarui peraturannya.

Menurut beberapa blog yang saya kunjungi. Selain Freedom.tm sebagai jaringan terbesar, ada lagi MCN yang tak kalah besarnya yaitu  Quizgroup. Berhubung channel YouTube saya sendiri ada 3 buah, jadi saya korbankan satu untuk dikawinkan dengan MCN ini.

Kelebihan jaringan yang satu ini adalah, ia hanya mengambil 20% bagi hasil dan 80%nya untuk mitra/pemilik channel. Quizgroup juga menyediakan sistem refferal. Berhubung karena MCN ini hanya mengambil bagi hasil 20%, jadi komisi per-refferal adalah 10%. Cukup baik, ya.

Persyaratan untuk gabung di Quizgroup, sebuah channel YouTube harus memiliki sekurangnya 5000 view dalam sebulan dan minimal 10 subscribers. Ambang pembayaran pada MCN ini minimal $5. Jika kurang dari itu, pembayaran ditangguhkan hingga bulan depan sampai saldo mencukupi untuk payout.

Jika metode pembayaran yang tersedia pada Freedom hanya lewat PayPal, pada Quizgroup tersedia 3 jenis pembayaran yakni berupa bank transfer, PayPal dan web money. Pembayaran dilakukan sekali sebulan (jika saldo mencukupi).

Kesimpulannya, duo MCN ini terbukti aman dan cocok untuk kamu yang ingin penghasilan YouTube kamu cepat cair. Jika kamu tertarik jadi partner alias refferal saya, kamu bisa mendaftarkan diri melalui link Freedom atau Quizgroup.
Selamat mencoba.

17 comments:

Dwi Sugiarto said...

Main you tube harus sabar ya mas kalau hasilnya nggak naik naik memang bikin galau apalagi sudah bertahun tahun makanya saya belum coba you tube mas fokus ke blog saja lebih banyak gregetnya

Kresnoadi DH said...

Wah nambah ilmu baru nih. Selama ini bingung MCN itu apa aja. Gu epikir MCN itu kayak Layaria. Ternyata bukan ya? Huehehe.

Yasreel Martin said...

Blog itu enaknya tinggal mikir dan nulis ya mas. Kalau youtube harus punya peralatan minimal kamera & komputer. Ditambah lagi buat mikir dan nulis skrip/skenario. Tapi enaknya kalo youtube gampang bgt dapet viewers nya mas. Intinya blog dan YouTube punya kelebihan n kurang masing2

arum kusuma said...

Aku masih rada bingung juga masalah nyari duit lewat internet selain buka toko online.. Tapi alhamdulillah dapet pencerahan di sini.. meskipun belum tertarik nyoba sekarang sih.. :-)

Irwin Andriyanto said...

wah dapat ilmu baru,, semoga saya bisa dapat fulus dari jalur ini Amin

Heri Prayitno said...

Hem,, hem,, sebenernya udah lama mau maen youtub ya sob,, cuma persenjataan blum lengkap,, hehe ilmu maksudya,, postingan mas ini bikin ada pencerahn,, dan nambah wawasan saya,, mga mga bisan nyusul,, amninn

Ratu said...

wah ini artikelnya bagus buat temen gue yang baru mulai jadi vlogger...

Yasreel Martin said...

Jangan ditunda2 mbak, persingan makin ketat :D

agungyashi said...

gan saya sudah masuk freedom.tm dan di dasboard saya juga udah terdapat dashboard freedom,tp yotube analistic saya tidak berubah 0,saya masuk freedom itu kecelakaan.apakah saya masih bisa mencairkan lewat westerm union gan. soale enghasilan saya udah tinggi.

Yasreel Martin said...

Kalau permasalahan channel YouTube nya mas sih saya gak tau mas. Tapi kalau soal pembayaran freedom setahu saya cuma tersedia mode pembayaran via paypal aja, mas.

Ebbees MLs 99 said...

Fungsi mcn selain drpd fitur bebad strike,etc..apa bisa berpengaruh buat optimalisasi channel agar jd bnyak visitor ga sob?tks

Ebbees MLs 99 said...

This comment has been removed by the author.

Yasreel Martin said...

Nggak juga sih mas, pada kasusnya banyak channel di-unlink sama pihak mcn gara2 pelanggaran yg terjadi

Ebbees MLs 99 said...

Wah..gitu ya..yg ada di pkiran sy tuh klo join mcn channel jd lbih optimal..udh -+ 5 blan blm payout dr adsense,niche musik cover krya sndri..
Sehari paling dpt $0,10 ini mnyedihkan..hehe..solusi dong gan gimana cara buat meta data yg bner biar up trs di page 1..tks

Ebbees MLs 99 said...

Wah..gitu ya..yg ada di pkiran sy tuh klo join mcn channel jd lbih optimal..udh -+ 5 blan blm payout dr adsense,niche musik cover krya sndri..
Sehari paling dpt $0,10 ini mnyedihkan..hehe..solusi dong gan gimana cara buat meta data yg bner biar up trs di page 1..tks

ANDRE Design said...

Ow gitu thx om penjelasanya , pantesan reveneu analytic saya jadi 0,0% jadi bikin panik ud di atas 50$ nih..

ANDRE Design said...

Ow gitu thx om penjelasanya , pantesan reveneu analytic saya jadi 0,0% jadi bikin panik ud di atas 50$ nih..