Wednesday, September 9, 2015

8 Manfaat Kesehatan Pada Buah Alpukat

Alpukat, jus pokat. Waktu saya masih kelas 1 SD saya sama sekali tidak suka minum jus alpukat ini karena menurut saya rasanya aneh. Tapi maklumlah karena ketika masih kecil lidah saya belum bisa beradaptasi dengan semua jenis makanan atau minuman. Namun, semenjak saya kelas 6 SD saya kembali penasaran dengan rasa buah alpukat ini. Ternyata rasanya jaauuhh lebih nikmat. Dan sampai sekarang saya mengkonsumsi jus alpukat 1-2 kali seminggu. Pengennya bisa ngejus tiap hari, tapi isi dompet ini yang sangat tidak memungkinkan. :D

Saya menyukainya tentu bukan karena rasanya yang enak saja. Karena alpukat kaya nutrisi dan lemak baik untuk tubuh. Maka, buah alpukat ini pantas diberi julukan "superfood."

Alpukat nikmat dimakan langsung atau diolah menjadi jus dan makanan lain. Yang menggembirakan, alpukat juga baik sebagai pelembab rambut.

Nah, apa sajakah manfaat kesehatan yang kita dapatkan dari alpukat? Ini dia:

1. Menambah tingkat kecerdasan
Sebagai anak muda yang masih butuh banyak pendidikan, inilah kenapa saya menyukai alpukat. Pada buah alpukat terkandung omega-3, asam lemak, dan vitamin E alami yang bagus untuk otak kita. Kandungan zat tersebut meningkatkan darah ke korteks pre-frontal, yang merupakan bagian dari otak yang bertanggung jawab pada sistem perencanaan, pengambilan keputusan, dan berpikir kritis.

2. Sangat diperkaya nutrisi
Pada buah alpukat terkandung 20 vitamin dan mineral, termasuk seperempat vitamin C harian Anda, yang berperan penting dalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. Di atas semua itu, alpukat mengandung vitamin B-6 yang membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

3. Mengatasi permasalahan pada mata
Sebagai orang yang suka melakukan kegiatan ekstrim, kita harus benar-benar menjaga kesehatan mata kita. Kandungan lutein dan zeaxanthin pada alpukat merupakan karotenoid yang penting untuk kesehatan mata. Zat tersebut melindungi mata dari gelombang cahaya yang berbahaya dan juga mengurangi risiko penyakit mata.

4. Membantu tubuh dalam menyerap nutrisi
Banyak vitamin penting yang larut dalam lemak, sehingga mereka benar-benar membutuhkan vitamin untuk diserap ke dalam tubuh. Vitamin ini termasuk vitamin A, D, E dan K. Mengkonsumsi alpukat akan membantu Anda mendapatkan semua vitamin yang dibutuhkan tubuh.

5. Kandungan kalium pada alpukat lebih tinggi daripada pisang
Kalium merupakan mineral penting. Pada kasusnya, rata-rata orang tidak mendapatkannya secara cukup. Jadi, alpukat lah solusinya. Dengan alpukat, Anda akan mendapatkan 14 persen dari jumlah harian kalium yang disarankan. Asupan kalium yang tinggi terkait dengan penurunan tekanan darah, menurunkan risiko stroke, serangan jantung, dan gagal ginjal.

6. Kaya serat
Alpukat sangat tinggi serat dengan sekitar 7 persen dari berat total. Satu buah alpukat mengandung sekitar 27 persen total kebutuhan serat harian. Serat merupakan faktor penting untuk penurunan berat badan dan kesehatan metabolisme. Jika Anda sedang menjalankan program diet, jangan segan untuk menkonsumsi alpukat. Selain itu alpukat juga baik untuk mengurangi lonjakan gula darah.

7. Menurunkan kadar kolesterol
Terdapat lemak yang baik pada alpukat. Secangkir alpukat merupakan 32 persen dari rekomendasi lemak harian Anda. Alasan lemak sangat baik untuk Anda karena lemak tak jenuh tunggal yang dimiliki alpukat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, sehingga menurunkan risiko serangan stroke dan jantung. Manfaat lain dari lemak tak jenuh tunggal adalah dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

8. Mengurangi peradangan
Alpukat mengandung PFA (Polyhydroxylated Fatty Alkohol) yang merupakan anti-inflamasi yang membantu tubuh untuk mengurangi peradangan. Alpukat juga mengandung antioksidan penting seperti vitamin C dan E yang membantu melindungi tubuh dari penyakit dan memerangi peradangan.

Salam sehat.

No comments: