Sunday, September 20, 2015

Berbagai Cara Untuk Atasi Perut Kembung


Biasanya perut mengalami kembung saat kita sedang berada di perjalanan, atau setelah makan dan minum. Perut kembung biasanya terjadi karena makanan tidak dapat dicerna dengan baik. Selain itu merokok, batu empedu dan sembelit juga bisa membuat perut kembung.

Jika Anda mengalaminya, Anda bisa atasi dengan cara sederhana seperti berikut ini, dikutip dari MetroTVNews.

1. Daun kemangi
Daun kemangi mampu melarutkan gas yang terdapat dalam perut dengan memberikan efek menyegarkan. Daun kemangi biasanya dimakan dalam bentuk lalapan untuk mengatasi perut kembung.

2. Jahe
Jahe merupakan ramuan tradisional yang sudah tidak diragukan lagi bisa mengobati berbagai penyakit, termasuk perut kembung. Bahan aktif yang terkandung di dalam jahe seperti gingerol dan shogaols membantu memperlancar sistem pencernaan, serta mengurangi jumlah gas terakumulasi pada perut.

3. Jeruk nipis
Jika Anda menderita perut kembung sehari-hari, minum segelas air panas pada pagi hari dengan beberapa tetes jus lemon. Teknik ini bisa menjadi cara yang bagus untuk mengurangi kembung secara efisien.

4. Ketumbar
Saya belum pernah mencobanya. Namun, seperti yang dikatakan Metrotvnews, ketumbar merupakan rempah-rempah yang sangat efektif dalam mengobati perut kembung. Secangkir teh ketumbar mampu meredakan perut kembung dan membantu melancarkan pencernaan. Teh ketumbar juga mampu mengurangi sakit perut.

5. Labu kuning
Labu diperkaya dengan vitamin A. Kalium dan serat konten yang terkandung di dalamnya membantu pencernaan dalam mengurangi kembung pada perut. Cobalah meminum secangkir labu ketika bermasalah dengan perut kembung.

6. Peppermint
Secangkir teh peppermint membantu mengobati perut kembung dan kram. Selain itu, peppermint juga berkhasiat meredakan sakit kepala dengan memperkuat sistem saraf.

7. Yoghurt
Menurut penelitian, bakteri dalam yoghurt membantu mengurangi perut kembung. Itu mengapa Anda dianjurkan rajin mengonsumsi yoghurt.

Nah, sekarang kan zamannya serba praktis, nih. Jika Anda kesulitan mencari bahan-bahan di atas atau tidak mau repot untuk membuat ramuan. Ini dia, solusi praktis meredakan perut kembung. Tolak Angin, dari Sido Muncul. Selain meredakan kembung, Tolak Angin juga mengobati masuk angin karena kehujanan, kurang tidur, atau terlalu lelah. Gejala lainnya seperti mual, perut kembung/sakit (mules), pusing, lesu, demam, pilek, badan terasa dingin dan mata berair.

Gambar: SidoMuncul
Selain itu, Tolak Angin bisa menjaga kondisi tubuh di saat bekerja lembur atau sedang melakukan perjalanan jauh. Tolak Angin cocok bagi Anda yang suka begadang, petugas keamanan/security, dsb.

Untuk pengobatan perut kembung dan sejenisnya (masuk angin), 1 sachet Tolak Angin diseduh dengan segelas air hangat. Anda juga bisa menambahkannya dengan jeruk nipis atau madu. Sedangkan untuk pencegahannya, cukup minum sebungkus Tolak Angin sehari.
Salam Sehat.

No comments: