Thursday, August 7, 2014

Cara Mudah Membuat Bajigur

Tulisan gue jarang bahkan gak pernah dibaca. Tapi jujur sih, tulisan blog gue nggak menarik buat dibaca dan orang gak membitihkan tulisan gue. Setelah gue riset, orang ternyata banyak juga yang nyari makanan dan minuman di internet! Btw siapa yg jualan makanan dan minuman di internet, ya? Trus, rasanya kayak apa?? Hehe, kayak orang bego aja nih gue.. Ya, banyak orang ngetik resep makanan atau minuman di mesin penelusuran, termasuk gue. Terbesit rasa penasaran gue sama minuman khas Sunda, namanya bajingan, eh salah.. Maksud gue Bajigur. Sorry yah, jangan sensi. Santai aja...

Katanya, minuman ini adalah minuman khas sunda yang cocok untuk diminum saat musim dingin. Dan cocok ditemani dengan kudapan misalnya singkong rebus. Itu kalimat yang sering diucapkan oleh mereka orang Sunda. Dan, minuman ini juga bisa macam-macam rasanya, kebanyakan orang sunda bilang ada rasa durian dan jahe. Mungkin gue bisa bikin rasa lengkuas kali, ya.. "sakitnya tuh disini...." (mewek sambil megang dada).
Karena semakin bikin gue pensaran, gue cari resepnya di Google. Ketemu deh, di sebuah blog "caramembuat1001". Boleh dikutip ya, min. Hehe...
Sebenarnya ini baru sebuah wacana, gue pun belum pernah bikin bajigur. Tapi, suatu saat pasti gue akan melunasi rasa penasaran gue pada minuman khas Sunda ini. Ambo ini urang Minangkabau, tau nyo cuma randang samba lado samo pucuak ubi.
Okelah, gue juga nggak pengen yang baca blog gue bete gara-gara gue bertele-tele. Langsung aja dipersiapkan bahan dan bumbunya:
Bahan dan bumbu :
150 gram Gula Merah, disisir halus saja.
50 gram Jahe, dibakar, kupas, dan memarkan.
1 liter Santan, didapat dari 1 butir kelapa.
2 lembar Daun Pandan.
5 cm Kayumanis.
2 sendok teh Kopi Bubuk.
Menurut Anda gimana, ribet nggak? Kayaknya nggak deh. Kalo gitu lanjut cara bikin bajigur. Langkah awal, tuangkan santan, jahe, daun pandan dan kayu manis ke dalam periuk.  Jangan berhenti diaduk di atas api kecil dan aduk pelan terus sampai keluar aroma wanginya.
Setelah itu masukan gula merah dan kopi dan aduk lagi, pastikan gula merahnya larut di dalamnya. Cicipin dulu buat mastiin manis-nggaknya bajigur, kalau kurang manis, tambahkan lagi gula merahnya. Tapi kalau kemanisan itu resiko tanggung sendiri, hehe.... Beres, deh!
Jadi kesimpulannya, bikin bajigur itu ternyata nggak sulit. Selamat mencoba!

No comments: