Monday, August 18, 2014

Cara Enak Membuat Mie Rebus

Mie rebus di Indonesia sangat identik dengan mie instant berkemasan warna kuning, mie apa lagi kalau bukan Indomie. Dalam kemasan Indomie terdapat tentunya mie yang masih keras, bumbu dan minyak. Indomie ditujukan untuk kita jika berada dalam kondisi emergency alias darurat, seperti tengah malam atau tanggal tua.
Tapi ada juga yang bilang makan Indomie itu cuma sebagai cemilan aja. Apa iya?

Gue bukan membahas tentang definition of Indomie, langsung relevansikan isi dengan judulnya yakni cara enak bikin mie rebus. Lho, bangLMA lo goblok, ya? Gue go blog bukan goblok :D. Ua, semua orang pasti juga tau cara masak Indomie. Di belakang kemasannya aja udah dikasih prosedur. Ngapain harus nulis ini, ya?? Heran...

Tapi jujur, ya. Gue kecewa banget sama yang bikin prosedur. Gue ikutin benar-benar cara bikin mie instant tersebut. Pas disajikan rasanya STANDARD! Kok bisa, ya? Sejak saat itu gue berhenti jadi anak penurut dan gue berubah jadi Power Rangers. Eh, maksudnya gue berubah jadi orang yang ngikutin kemauan sendiri.

Jahat bisa berarti baik, akhirnya gue bisa bikin sebungkus Indomie yang biasanya standard jadi bintang lima! Gimana caranya sih?? Sebelum gue praktekin ada kabar gembira untuk kita semua!  Indomie terbaru rasa kulit manggis. Kulit manggis ada ekstraknya lho!

Jadi, bahannya kita tambah dari dapur emak seperti bawang merah bawang putih, seledri bawang prai, cabe-cabean cabe rawit, sayuran seperti brokoli atau lobak, atau sesuka lo deh pokoknya. Untuk tambahan, sediakan telur, kacang pecel/sinti. Pokoknya seribet lo, makin ribet resepnya makin enak.
Biar rasa enaknya benar-benar nyata sebaiknya masak di kompor atau di tungku. Kalau bahan segitu tinggal tuang air panas doang pasti tau kan rasanya, DI BAWAH STANDARD! Gue saranin lo masaknya di tungku tradisional, why? Biar lo ngerasain hidup kayak gue.

Langkah masak pertama, panaskan minyak goreng ke dalam kuali. Cukup 2-3 sdm aja biar gak mubazir. Kemudian goreng telur mata sapi setengah matang aja, soalnya emang enak rasanya kalau dimasak setengah matang walaupun terkesan jijik. Lagipula telurnya juga bakal matang berkat panasnya kuah.

Langkah kedua langsung goreng bawang merah bawang putih dan bawang prai. Kalau minyak gorengnya kurang bisa ditambah beberapa sdm lagi. Jika sudah mengeluarkan aroma sedap, langsung tuangkan segelas air kira-kira 200 cc. Kalau kurang bisa ditambah belakangan. Kemudian langsung masukkan cabe yang udah dipotong-potong dan sayuran. Nggak usah lama-lama, langsung masukkan mie dan minyak bumbunya. Ingat! Minyak yang dibungkus dalam pastik kecil Indomie berperan penting untuk memberikan rasa yang khas, kari ayam.

Langkah semifinal matikan api, masukkan bumbu bawaan kemasan ke dalam mie rebus dan aduk rata. Kenapa masukin bumbunya baru sekarang? Dulu ada info katanya dari seorang ahli. Bahwa dia berpendapat, jika bumbu mie instant dimasukkan dalam keadaan sedang direbus akan berubah jadi sel kanker. Dia juga menyarankan masukkan bumbu pada langkah semifinal aja.

Langkah final adalah langkah yang ditunggu-tunggu oleh setiap umat manusia. Ngapain lagi kalau bukan menyajikannya? Kurang lengkap rasanya jika tidak ditaburkan ekstrak kulit manggis. Bercanda keles...

2 comments:

Tukang Curcol said...

Follow me

Yasreel Martin said...

Sama2 gan! :D
BANGGA DEH ADA JUGA YG KOMEN, WKWKWK.....