Saturday, August 16, 2014

Cara mudah bikin Pisang Molen

Pisang molen, jangan pikir macam-macam pada gambar. Dulu gue pikir pisang molen itu adalah dasar nama pada jenis pisang-pisangan. Tapi ternyata, pisang molen adalah pisang yang sudah digoreng dan rasanya gurih, jadi cocok banget buat nemenin gue kerja online.
Secara gue msih single gitu (Sakitnya tuh disini),, hehe, ya nggak gitu-gitu juga keleus...
Pisang goreng ini bentuknya lebih rapi daripada pisang goreng pada umumnya, karena tidak dicelup dulu ke tepung encer. Melainkan dibungkus, dengan apa? Ya tepungnya lah! Nah, supaya pisang molen masakan lo nggak fail, baca aja di bawah ini resepnya. Versi pisang molen mini.
Bahan untuk bungkusan pisang molen :
250 gr Tepung terigu protein tinggi
65 gr Gula tepung / gula halus
1 sdt Baking powder
65 gr Margarin
1 butir telur, dikocok lepas
1 sdm air es
minyak untuk menggoreng, sebaiknya gunakan minyak tanah atau bensin supaya kesannya cetar membahana! Bercanda keles..
Bahan Isi pisang molen :
8 buah pisang raja, dipotong sesuai selera. Jangan terlalu kecil potongannya, pengenya ngirit eh malah dikira pelit.
Cara Membuat Pisang Molen :
1. Masukkan tepung terigu, gula tepung, dan baking powder ke dalam satu wadah.
2. Masukkan margarin dan telur. Kemudian aduk sampai bergumpal. 
3. Tambahkan air es, uleni sampai rata, lalu diamkan kurang lebih 15 menit.
4. Giling adonan dengan gilingan mi atau gilingan molen dari ketebalan paling besar, dimulai dari no.1 sampai no. 6. Tiap ukuran lakukan penggilingan 2-3 kali.
5. Potong dengan lebar kira-kira 1cm memanjang.
6. Lilitkan sampai menyelimuti pisang. Lakukan sampai adonan dan pisang habis.
7. Goreng kedalam minyak yang panas di atas api sedang sampai berwarna kuning kecoklatan dan matang.
Tapi untuk langkah nomor 4 sampai 7 lo bisa liat aksinya di tempat orang yang jualan pisang molen.
Tips Agar Pisang Molen Renyah :
1. Kalau ingin kulit pisang molen lebih renyah dan gurih, sobat bisa menambahkan lagi penggunaan telur dalam adonan kulit pisang molen.
2. Pisang yang digunakan bisa menggunakan pisang raja, pisang uli, pisang madu, sesuai selera sobat onliners.
3. Kalau sobat kurang suka dengan pisang, lo bisa mengganti isian pisang dengan selai coklat, strawberry atau buah nangka dan lain-lain, cabe rawit juga boleh asal tanggung sendiri rasanya.
4. Selalu gunakan minyak bersih atau minyak baru untuk menggoreng, agar rasa dan aroma dari pisang molen enak dan tidak bercampur dengan makanan lain.
Setelah pekerjaan goreng-menggoreng kelar, tibalah saatnya anda menikmatinya sambil bersantai. Eits!! Dingin-dingin begini kurang nikmat kalo nggak ada minuman anget-anget kayak kopi atau susu misalnya, atau yang lebih spesial seperti bajigur. Lo bisa lihat cara gampang bikin bajigur pada postingan sebelumnya.

No comments: