, ,

Mari Kita Pelajari! Hukum Mandi Puasa Menjelang Ramadhan serta Bacaan Niat dan Tata Caranya

 


Hari Kamis pada tanggal 23 Maret 2023 (tanggalnya cantik ya..) kita akan memasuki bulan Ramadhan 1444 Hijriah. Sebagai umat muslim hendaknya kita mengetahui hukum mandi puasa menjelang Ramadhan menurut Islam. Mandi puasa menjelang Ramadhan biasanya dilakukan sebelum memasuki waktu sahur.

Apakah mandi puasa menjelang Ramadhan wajib?

Ternyata mandi puasa menjelang Ramadhan hukumnya Sunnah yang dianjurkan. Jadi kalau kamu mau mandi di pagi buta boleh, kalau mau agak siangan juga terserah karena tidak wajib ya gaess.. Kecuali kalau bau badan kamu merugikan orang sekitarmu. hehe...

Hukum mandi puasa menjelang Ramadhan telah dijelaskan oleh Ustadz Zulbiadi Latief dalam kanal YouTubenya, TrendQuran.

Bukan hanya hati yang harus bersih dari perasaan duniawi seperti iri dan dengki, Ustadz Zulbiadi Latief mengatakan bahwa tubuh juga harus bersih dari segala kotoran dan najis.

“Pada dasarnya, memasuki bulan suci Ramadhan itu bukan hanya menyiapkan hati kita bersih dari segala permasalahan dunia entah itu iri, dengki, permusuhan dan lain sebagainya, kita harus melepaskan itu,” kata Ustadz Zulbiadi Latief.

“Tapi di samping itu secara Zahir kita juga harus bersih dari najis atau hadas besar termasuk teman-teman yang pernah melakukan dosa disunnahkan untuk mandi sebelum memasuki bulan suci Ramadhan,” lanjut Ustadz Zulbiadi Latief.

Mandi puasa yang dikerjakan menjelang Ramadhan kata Ustadz Zulbiadi Latief disebut dengan mandi taubat, bukan mandi wajib.

Namun, untuk seseorang yang sebelum memasuki bulan Ramadhan melakukan hubungan suami Istri atau dalam keadaan hadas besar memang harus melakukan mandi wajib atau mandi junub.

Niat Mandi Puasa Menjelang Ramadhan

Ustadz Zulbiadi Latief mengungkapkan bahwa tata cara mandi puasa menjelang Ramadhan sebenarnya sama dengan mandi wajib, karena perbedaan mandi puasa menjelang Ramadhan dengan mandi wajib pada dasarnya hanya terletak pada niatnya saja.

Bacaan niat mandi puasa menjelang Ramadhan adalah :

Nawaitul ghusla lit-taubati’an jami’iz zunubi lillahi ta’aalaa”

Artinya:

“Sengaja aku niat mandi taubat dari segala dosa karena Allah Taala.”

Tata Cara Mandi Puasa Menjelang Ramadhan

Berikut ini adalah tata cara mandi puasa menjelang Ramadhan yang benar dalam Islam yang dijelaskan oleh Ustadz Zulbiadi Latief dalam channel YouTube-nya.

1.       Membaca niat, boleh dibaca di awal (bukan mazhab Syafi’i) dan boleh dibaca saat ingin mengguyur air ke kepala (mazhab Syafi’i).

2.       Mencuci tangan dengan membaca bacaan basmallah di dalam hati.

3.       Mencuci tangan, bagian kemaluan, kemudian mencuci tangan lagi.

4.       Berwudhu.

5.       Menyeka air di bagian kepala dan setelah itu mengguyur air ke seluruh tubuh.

6.       Pastikan seluruh tubuh basah terkena air dan bersih dari najis.

Kemudian Ustadz Zulbiadi Latief mengatakan bahwa kita dianjurkan untuk melakukan sholat taubat setelah mandi puasa menjelang Ramadhan untuk mendapatkan ampunan dari Allah SWT atas segala dosa yang telah kita lakukan.

Itulah hukum mandi puasa menjelang Ramadhan dalam Islam yang disampaikan oleh Ustadz Zulbiadi Latief.

Semoga postingan ini bermanfaat dan selamat menyambut bulan Ramadhan 1444 H.

Sumber: YouTube TrendQuran https://www.youtube.com/watch?v=oydTLIETOwQ

0 comments:

Post a Comment