Ini Alasannya Kenapa Nulis Blog Itu Sulit

Halo, sob. Setelah liburan tahun baru, seperti kamu lihat, saya jaraaang sekali mengupdate isi blog yang saya cintai ini. Harusnya waktu libur saya bisa diluangkan seluang-luangnya untuk menulis blog. Tapi karena keenakan menikmati indahnya bersantai di rumah, saya jadi malas ngeblog.

Tadi, saya sudah tiga kali nulis buat posting blog. Berat rasanya, karena yang saya tulis rasanya terkesan memaksa, jadi saya hapus lagi. Atas keresahan tadi, akhirnya saya menemukan judul yang cocok buat malam ini. Kenapa menulis blog itu sulit. Mungkin kamu juga pernah atau sedang mengalami situasi tersebut.

Mungkin ini yang menyebabkan kita sulit rasanya untuk menulis blog.

1. Sibuk dengan kegiatan lain
Saat ini banyak hal yang membuat saya sibuk di luar aktifitas blogging. Karena blog saya belum benar-benar menghasilkan uang, makanya saat ini saya lebih memilih untuk fokus ke Media sosial lainnya seperti Twitter dan YouTube yang bagi saya kedua tempat ini benar-benar membayar saya.

2. Motivasinya adalah uang
Jujur saja, menghasilkan uang jadi motivasi waktu saya membangun blog ini. Tapi karena kenyataan blog ini masih jauh dari ekspektasi saya beberapa tahun lalu, maka dari itulah blog saya ini sering molor dalam mengupdate postingan.

3. Banyak pikiran
Banyak orang sukses ngeblog walaupun motivasi utamanya mendapatkan uang. Karena mereka fokus dan konsisten dalam memposting tulisan mereka. Namun tidak dengan saya seorang pemikir berat. Bahkan mantan atasan kerja saya tahu kalau saya sering banyak pikiran. Biasanya orang banyak mikir seperti saya ini punya ide-ide yang brilliant (ehem). Tapi, karena fokus yang terpecah belah membuat kegiatan blogging jadi tidak maksimal.

4. Kurang membaca/miskin wawasan/pengalaman
Ini seringkali terjadi pada seorang Blogger. Jika kamu tidak punya pengetahuan, pemahaman atau pengalaman, maka otomatis kamu akan susah menemukan ide untuk menulis blog. Untuk mengatasinya, cobalah kamu mampir ke blog teman, baca-baca buku atau lakukan kegiatan outdoor. Intinya lakukan sesuatu yang bisa menambah wawasan/pengetahuan kamu.

4. Nggak punya alat/perangkat untuk ngeblog
Saya bukan nggak punya sih, tapi laptop yang masih ada di tangan kakak saya kayaknya sudah terlalu usang untuk saya ambil lagi. Saat ini masih setia menggunakan perangkat layar sentuh Android untuk segala aktifitas di dunia maya. Repot, coy! Nulis menggunakan tablet berat itu bikin tangan cepat pegel. Makanya saya jadi enggan untuk ngetik lama-lama cuma menggunakan dua jempol.

5. Emang dari dasarnya nggak hobi ngeblog
Bisa jadi karena cuma pengen tampak keren saja. Kalau memang tidak hobi, sebaiknya tinggalkan saja dunia blog ini. Karena masih banyak hobi yang bisa kita lakoni. Jika kita bisa melakoni hpbi kita dengan baik, niscaya kita akan dapat keuntungan kok.

Kira-kira itulah 5 alasan kenapa kita merasa sulit untuk menulis blog. Mungkin ada lagi alasan lainnya yang belum sempat saya sampaikan, ada baiknya kirimkan masukan anda berupa komentar di bawah. Semoga tulisan kali ini bisa memotivasi kamu untuk lebih semangat lagi ngeblognya.

Sampai jumpa :)

0 comments:

Post a Comment