Peluang Bisnis yang Cocok Untuk 2016

Jujur saja, tahun 2015 ini merupakan tahun dimana saya hidup dalam berbagai keterpurukan. Mulai dari nggak dibayarnya jatah saya sebagai atlet, pada malam ulang tahun saya diputusin pacar (LDR-an), kedua hal ini saya masih bisa menerima kenyataannya. Tapi, yang benar-benar membuat saya terpuruk yakni perekonomian yang teramat-amat buruk. Bahkan rekening bank saya pun tinggal menunggu detik-detik kematian karena benar-benar susah buat nabung.

Tapi bagaimanapun, hidup kita masing-masing yang menjalani. Saya nggak mungkin harus menyalahkan tahun 2015 atau Jokowi Effect yang membuat hidup saya susah. Saya sendirilah yang kurang jeli melihat peluang.

Oleh karena itu, saya barusan sudah meriset, peluang apa yang cocok yang bisa kita isi pada tahun 2016 mendatang.

1. Transportasi online

Pada tahun 2015 ini transportasi online sedang menjadi primadona di Indonesia. Siapapun bisa mendaftarkan diri menjadi supir transportasi online dengan syarat memiliki kartu pengenal identitas, SIM dan kendaraan. Berkat transportasi online ini banyak yang mengakui bahwa keuntungan mereka meningkat setelahnya ketimbang transporasi pangkalan.

2. Bikin Startup

Sebenarnya saya nggak begitu mengerti dengan istiah startup. Setahu saya startup itu sama seperti proyek, atau perusahaan yang dibangun dengan menggunakan modal seadanya jika startup yang kamu bikin sangat potensial, berkemungkinan kamu dapat suntikan dana dari investor. Mungkin seperti itu definisinya. Jika masih bingung, kamu bisa cari di Google. Sorry, otak saya lagi oon dikit, hehe...

3. Lapak/toko online

Nah, pada tahun 2016 nanti katanya bisnis toko online ini bakal makin menguasai sistem perbelanjaan di seluruh dunia. So, jika kamu seorang pedagang buruan coba go online. Karena membangun reputasi di dunia maya itu gampang-gampang susah juga, lho!

4. Creator
Pada tahun 2016 nanti bukan zamannya lagi menjadi penonton/pembaca saja. Siapapun bisa membuat konten berupa tulisan, audio, video, atau foto untuk di-share ke blog, YouTube, atau Instagram/Twitter. Untuk urusan income, khusus blog atau YouTube, Google Adsense pun bisa membantu kita memonetisasi konten yang sudah kita buat disana. Namun beda dengan Instagram atau Twitter yang tidak memiliki fitur monetisasi. Melainkan dengan kerjasama dengan user lain. Dengan sosial media ini biasanya dikenal dengan endorsement atau paid promote.

5. Bisnis makanan/minuman
Ini bukan hal baru lagi dan bisnis ini akan terus menjadi primadona sampai kapanpun karena semua makhluk hidup tentunya butuh makan dan minum.

Tapi, tetap saja masa kejayaan bisnis ditentukan oleh keuletan dan kreatifitas kita menghadapi terjangan para pesaing.

Jadi, itulah kira-kira peluang bisnis yang akan mengisi tahun 2016. Jika ada yang salah atau kurang, jangan sungkan-sungkan untuk memberikan pendapat kamu di kolom komentar, yah.

Salam Akhir Tahun.

0 comments:

Post a Comment