Friday, December 11, 2015

Walaupun Dicap Tidak Sopan, Ini Alasan Kamu Harus Bangga Jadi Orang Kidal

Kidal, saya nggak akan menulis artikel ini kalau saya bukan kidal. Jujur, kadang saya sedih jadi kidal. Ketika saya dulu menerima THR/angpao dari Niniak-Mamak (tante/om) seringkali saya ditegur karena menggunakan tangan kiri untuk menerima uang pemberian mereka. Karena kidal dianggap tidak sopan.

Pertama kali saya mulai memegang pensil untuk menulis, secara kidal tentu saya menggunakan tangan kiri juga. Guru saya (waktu masih TK) seringkali memergoki dan menakut-nakuti saya, kalau kidal itu merupakan perbuatan setan, tanda nggak bakal sukses nantinya. Ya, tentu saya takut dengan ancaman seperti itu. Kemudian saya berusaha untuk membiasakan diri menggunakan tangan kanan untuk menulis dan akhirnya ketika menduduki bangku SD saya udah bisa move on dari tulisan kidal. Bahkan sekarangpun saya sama sekali nggak bisa lagi nulis kidal.

Masalah tulis-menulis memang udah pakai tangan kanan. Tapi, selain pekerjaan itu saya tetap kidal.

Secara kebanyakan orang judgmental alias suka menilai/mengecap orang lain dengan keras atas kesan pertama yang dilihat. Bisa juga menempelkan istilah/julukan kurang baik pada seseorang yang tidak begitu dikenal. Penilaian subjektif keras yang tidak mengindahkan objektivitas. Penghakiman satu sisi. Merasa dirinya benar atas pendapatnya pada orang lain. Gara-gara kidal, saya jadi malu untuk terjun ke dunia olahraga karena orang-orang yang judgemental itu. Padahal, kalau saya nggak malu-malu, saya pengen banget jadi atlet badminton/tenis lainnya. Tapi ah, sudahlah. Lagian masih banyak cabang olahraga yang nggak menonjolkan sisi kidal sang atlet.

Dulu saya menyesalinya, tapi sekarang nggak lagi. Karena saya sadar bahwa kidal sebenarnya merupakan kelebihan yang jarang dimiliki oleh makhluk di dunia ini.

Beberapa hal yang membuat saya bangga jadi kidal, yakni sebagai berikut:

1. Makhluk kidal itu langka

Ya, karena pada umumnya manusia terlahir sebagai dan diajarkan untuk menggunakan tangan dalam melakukan sesuatu. Nah, karena jarangnya orang kidal, beda dari yang lain itu menjadi kebannggaan tersendiri bagi saya.

2. Makhluk kidal itu orang-orang yang artistik

Kebanyakan artis (yang sering saya lihat artis luar negeri) seperti Justin Bieber , Celine Dion, Tom Cruise, Whoopi Goldberg, Paul McCartney, Oprah Winfrey, Jennifer Lawrence, Angelina Jolie, Brad Pitt.  Dan artis lainnya, mereka juga kidal. Saya juga termasuk artistik, cuman jarang melatihnya saja. Hehe...

4. Makhluk kidal itu lebih pintar

Walaupun serba salah di mata orang normal, kenyataannya kebanyakan oramg kidal lebih pintar ketimbang orang normal. St. Lawrence University pernah melakukan test IQ antara orang yang orang yang menggunakan tangan kiri dan menggunakan tangan kanan. Hasil dari tes tersebut menunjukkan bahwa lebih banyak orang kidal yang memiliki IQ melebihi 140 ketimbang orang yang lihai menggunakan tangan kanan. Fakta lainya Albert Einstein, Charles Darwin, Benjamin Franklin dan Isaac Newton. Mereka juga kidal.

5. Kebanyakan orang kidal multi talenta

Sebenarnya ini tergantung orangnya masing-masing, ya. Tapi, orang kidal selalu gampang tertarik pada suatu hobi dan bisa menguasai teknik suatu permainan dengan cepat. Contohnya saya, pertama kali main sepatu roda langsung terbiasa (nyombong nie ceritanya, hehe..).

6. Orang kidal mengerti cara memimpin

Presiden Barrack Obama, Bill Clinton dan George Bush Sr. semuanya kidal, begitu juga dengan Gerald Ford, Harry Truman dan James Garfield. Merupakan sekitar 14 persen dari semua presiden Amerika Serikat, dan 3 persen lebih tinggi dari rata-rata nasional. Sepertinya ini bukan kebetulan. Satu lagi, saya nggak tau pasti, sih. Pak Presiden Jokowi pada beberapa foto yg bertebaran di internet juga kedapatan menggunakan kanan kiri (fotonya yang sedang makan kue).

7. Banyak yang bilang jorok/nggak sopan, padahal kidal justru bersih.

Coba deh, kamu bayangkan orang normal mengupas kulit mangga. Tangan kanannya memegang pisau, sedangkan tangan kirinya memegang mangga. Orang cebok pakai tangan kiri, kan? Nah, menurut saya pribadi, di situlah terkesan joroknya orang normal daripada orang kidal. Sedangkan orang kidal mengupas mangga dengan cara sebaliknya. Walaupun "terkesan jorok", asal jangan sampai nggak cuci tangan abis cebok aja.

Nah, bagi kamu yang merasa kidal, sekarang nggak perlu malu lagi. Banyak yang bisa kamu banggakan sebagai kidal. Kalau kamu nggak bisa kerja pakai tangan nggak perlu dipaksakan, woles aja pakai tangan kiri, biar apa yang kamu kerjakan bisa maksimal. oke? Jika ada fakta lain mengenai kidal silakan bagi di kolom komentar, ya.

Salam kidal.

3 comments:

Ibrahim M.Pd.I said...

ndak bisa dianggap remeh dengan mereka yang menggunakan kidal, sebab pasti ada kelebihan dibalik itu

Yasreel Martin said...

Makasih mas, tapi mas nggak kidal juga kan? Hehe

Wahab Saputra said...

Bener,,,,mas gak ada yang salah sama orang kidal