Friday, January 8, 2016

Musim Netflix Indonesia, Operator Mana yang Sanggup Memanjakan Pengguna Indonesia?

Netflix merupakan platform streaming online dimana Kamu bisa memilih film dan serial televisi dengan mudah untuk ditonton kapan saja, dan dimanapun dengan membayar tarif berlangganan. Kamu bisa bayangkan Netflix seperti YouTube, tapi untuk film dan serial televisi secara legal.

Tersedia 3 pilihan tarif berlangganan bulanan yaitu: Basic dengan biaya 109 ribu perbulan, Standard dengan biaya 139 ribu perbulan, dan Premium dengan biaya 169 ribu perbulan. Agar bisa menikmati konten di Netflix tentu saja kita butuh yang namanya koneksi internet yang memadai.

Nah, mengenai koneksi internet ini, sebenarnya nggak masalah jika kamu menggunakan sambungan Telkom Speedy/IndieHome. Tapi bagaimana untuk pengguna jaringan seluler di Indonesia yang notabene harga paket internet masih dibatasi kuota?

Jika mengadu ke operator nomor 1 di Indonesia, Telkomsel sangat tidak memiliki kuota yang memadai untuk menonton 1 film di Netflix. Kalaupun bisa, mungkin kamu harus merogoh 100 ribu-300 ribu untuk menonton 1 film saja. Rugi dong.

Bagaimana dengan XL? Bisa saja, karena XL memberikan banyak pilihan paket. Hanya saja, harganya masih bisa terbilang mahal untuk kebutuhan streaming video. XL punya paket yang lumayan untuk nonton beberapa film dengan kualitas SD, dengan kuota hingga 12 GB dengan harga yang lumayan murah. Hanya saja paket tersevut hanya bisa dinikmati pada jam kalong (tengah malam).

Jika kamu menggunakan kartu Axis, kamu bisa memilih "paket OBOR" yang bisa dinikmati pada jam 12 malam-6 pagi dengan kuota hingga 15 GB dengan harga 55 ribu. Axis juga menyediakan paket unlimited dengan kuota FUP (pemakaian wajar) 2 GB hingga 6 GB (harga 49 ribu- 149 ribu). Hanya saja, jika kamu mau streaming menggunakan paket unlimited ini, siap-siap saja jaringan lelet menghampiri gadgetmu.

Kalau Tri? Saya sendiri saat ini menggunakan kartu Tri. Paket-paket yang disediakannya bisa dibilang bersaing dengan XL. Sistem perpaketan yang agak mirip dengan XL, tapi dengan harga yang sedikit lebih murah. Lalu, bagaimana dengan Indosat Ooredoo? Mungkin ketiga operator ini memiliki sistem perpaketan yang mirip.

Lantas, operator manakah yang pantas untuk jadi pemenang?

Smartfren pun unjuk gigi, mengklaim bahwa operatornya lah yang mampu memenuhi kebutuhan pengguna Netflix. Dengan menyediakan paket True Unlimited. Dengan membayar harga normal 300 perbulan, kamu bisa menikmati streaming Netflix sepuasnya tanpa takut dihantui kuota pemakaian wajar.

Kamu juga bisa membeli paket tersebut dengan harga yang lebih murah, hanya 75 ribu. Tapi dengan syarat, paket ini dibundling dengan perangkat Andromax 4G LTE (Q,Qi,R,Es,Ec), atau Hisense Pureshot. Masa bundling ini akan berakhir pada bulan April 2016 nanti.

Jadi, jika kamu ingin menikmati konten Netflix melalui gadget kamu, Smartfren lah satu-satunya operator yang bisa kamu andalkan. Selain itu, Smartfren juga menyediakan paket jam kalong /dengan kuota gila melimpah 12 GB cuma 10 ribu.

Walaupun jaringan selular bisa diandalkan, ada baiknya kamu menginstall jaringan internet rumahan yang lebih stabil dan lebih kencang. Mungkin harganya agak lebih mahal, tapi keuntungannya internet bisa digunakan untuk sekeluarga. Bagaimana menurutmu?

5 comments:

Isrofi Achmad said...

Dari kesekian operator kayaknya smartfren masih yang lebih hemat ya mas, he..he.. sayapun pemakai smart.

Yasreel Martin said...

Wah saya jadi iri deh mas, jaringan smartfren gak ada di tempat saya soalnya. Hehe....

Wahab Saputra said...

Saya maunya sih XL Mas...

Dedy Akas said...

Wah... kalau sudah melihat keterangan begini, jadi bisa buat bahan pertimbangan, ternyata masing-masing provider beda-beda ya... :D
Sayang tidak ada IM3...

Yasreel Martin said...

Soalnya ditempatku im3 belum 3G/H mas, hehe