Wednesday, January 6, 2016

Samsung Merilis Produk Galaxy Pertama dengan Platform Windows 10

Setelah lama absen, Samsung kembali menghadirkan tablet Windows. Biasanya Samsung memasukkan perangkat Windows pada seri Ativ. Namun tidak kali ini. Samsung mengumumkan tablet berbasis Windows 10 mirip dengan tablet Android Samsung. Ini merupakan pertama kalinya produk samsung dengan Sistem Operasi Windows menggunakan nama "Galaxy" yang biasanya nama ini sangat lekat dengan produk Samsung yang menjalankan Sistem Operasi milik Google.

Samsung TabPro S adalah perangkat tablet Windows 10 2 in 1 yang ditujukan untuk pengguna produktifitas dan juga memiliki gaya. Prosesor Intel Core M generasi ke-6 yang mampu menjalankan tugas komputasi sehari-hari. Dengan ketebalan 6,3 mm, membuat TabPro S lebih tipis dari Surface Pro 4 ataupun Apple iPad Pro.

TabPro S sama seperti jajaran Surface dari Microsoft dengan casing keyboard yang bisa dilepas dan input stylus. Namun berkat ketipisannya, TabPro S tidak memiliki kipas dan port atau slot ekspansi seperti Surface Pro. Sehingga Tablet besutan Samsung ini lebih ringan dari tablet keluaran Microsoft itu.

Karena minim slot, Samsung akan menawarkan hub port opsional dengan HDMI dan port USB Tipe A dan Tipe-C untuk memperluas port USB Type-C pada TabPro S, tapi desain di sini adalah lebih dekat dengan tablet Android, bukan Windows PC penuh.

Seperti halnya tablet kebanyakan, casing keyboard amat tipis dan ringan membuat perangkat tetap portabel. Tombol yang datar dan rapi membuatnya terasa cukup nyaman untuk mengetik dan trackpadnya halus dan luas. Samsung menyertakan casing keyboard ini ke dalam paketnya langsung, jadi pembeli tak perlu repot lagi membelinya secara terpisah. Kecuali stylus, yang tidak termasuk ke dalam paket TabPro S.

TabPro S menggunakan layar sentuh 12 inci dengan resolusi 2160 x 1440 piksel. Berkat teknologi Super AMOLED membuat daya tahan baterai TabPro S mampu menyala hingga 10,5 jam.

Hardware yang ditanamkan pada TabPro S meliputi Intel Core M Gen-6 dual core 2,2Ghz, 4 GB RAM, 128GB internal storage, GPS dan NFC. Samsung akan menyediakan TabPro S dalam versi LTE dan Wi-Fi only pada bulan Februari mendatang, namun belum diumumkan harganya.

No comments: