Wednesday, November 4, 2015

Bermasalah dengan Privasi, Bagaimana cara menghapus Akun Facebook sampai tuntas?

Banyak cerita yang sudah kamu tanam di akun Facebook, seperti apa yang sedang kamu pikirkan, apa yang sedang kamu alami, dan lebih banyak lagi, mungkin butuh waktu yang lama untuk kamu ceritakan kembali.

Namun, akhir-akhir ini kamu sedang bermasalah dengan privasi. Kamu merasa sang mantan selalu mengintip profilmu, atau ada yang meneror kamu menggunakan akun palsu, atau masalah privasi lainnya, kamu merasa apa yang telah kamu posting di masa lalu sangat memalukan dirimu, atau mungkin kamu benar-benar merasa bosan dengan Facebook.

Nah, jika kamu pikir nggak ada postingan-postingan yang perlu dikenang, ada baiknya kamu menghapus akun Facebook. Saya sendiri pun juga banyak akun Facebook yang sudah saya hapus. Tapi masih ada satu, sih. Ya, dulu waktu saya masih ABG labil, saya punya empat akun Facebook seperti para ababil lainnya. Saya nggak tahu tujuan punya banyak akun itu untuk apa, mungkin supaya cepat terkenal kali, ya.. Setelah saya sadar, punya banyak akun itu sebenarnya merepotkan dan menyebalkan bagi orang lain. Oleh karena itulah saya menghapus semua akun part 2 sampai part 4 dan akun Facebook yang asli yang pertama kali saya buat masih saya pertahankan mengingat masih banyak teman-teman dekat atau saudara yang masih memprioritaskan Facebook sebagai media sosial mereka.

Sebenarnya ada dua opsi agar profil kamu nggak nongol lagi di Facebook. Yakni dengan cara "menonaktifkan" dan "menghapus". Kedua cara tersebut tentunya bikin orang lain nggak bisa menemukan profil kamu. Tapi bedanya jika kamu sekedar menonaktifkan akun Facebook kamu, data-data yang sudah kamu simpan berupa status, foto, video, catatan dan halaman nggak akan hilang. Kamu bisa mengaktifkannya lagi hanya dengan melakukan log in seperti biasa, fleksibel. Sedangkan jika kamu menghapusnya, data-data Facebook kamu akan dihapus sepenuhnya dan nggak bisa dikembalikan lagi. Jadi, jika privasi kamu sudah di ambang kritis, menghapus adalah pilihan yang tepat.

Cara menonaktifkan dan menghapus secara pun tempatnya nggak sama, sob. Jika kamu ingin menonaktifkan akun Facebook cukup menuju pengaturan akun, langsung tekan deh tombol nonaktifkannya. Akun kamu akan dinonaktifkan setelah kamu mencentang/memberikan alasan dan kemudian memasukkan password.

Lalu bagaimana cara menghapus secara permanent? Kunjungi halaman bantuan.

Klik: Menyunting Akun Anda
Klik: menonaktifkan & Menghapus Akun Anda
Klik: Bagaimana cara menghapus akun saya secara permanen?
Pada paragraf pertama pada gambar, klik: "beri tahu kami" yang tulisan berwarna biru. Mungkin Facebook kurang suka tempe.
Nah, langkah terakhir masukkan kata sandi kamu untuk melakukan penghapusan akun Facebook secara permanen. Kamu juga bisa langsung saja ketik URL ini: facebook.com/help/delete_account untuk menghapus akun Facebook kamu. Seperti yang sudah disebutkan pada halaman bantuan Facebook, dibutuhkan 90 hari untuk memproses penghapusan data-data akun kamu sebersih-bersihnya.

Semoga bermanfaat dan bisa lebih produktif lagi setelah meninggalkan Facebook :)

3 comments:

Yasreel Martin said...

Nulisnya lewat email, jadi maklum gambarnya belum tertata :))

Pandu Raya said...

lah .. .kirain gak bisa di delete, saya cuma tahu FB di nonaktifkan saja.... padahal banyak yg tanya ke saya soal itu hahahahah . . .

makasih infonya mas yasreel....

Yasreel Martin said...

Sama2 mas Pandu, saya juga baru tahu kalau akun cadangan saya ternyata cuma dinonaktifkan. Ternyata belum fully deleted :D