, , ,

Diskon Adalah Tipu Muslihat

Diskon, siapa sih yang gak tertarik sama diskon. apalagi nilai diskonnya diatas 50%, GREGETAN!! orang pasti akan berdesak-desakan, rebutan, gak rela kalo udah capek-capek ngantri barang yang sedang diskon malah ditikung sama customer lain.


Tapi beneran gak, sih? Diskon itu nyata dan ngirit isi dompet? Ujung-ujungnya duit abis juga! Ternyata, diskon yang kita puja-puja nggak benar-benar mengurangi harga barang sesuai dengan nilai yang dilabelkan. Kasus ini sering saya temukan di situs-situs e-Commerce atau toko online yang tidak perlu disebutkan nama-namanya

Suatu hari saya mengunjungi sebuah toko online hendak mau nyari gadget. Lalu, saya menemukan barang yang mau saya beli. Pada saat itu item tersebut belum dikasih embel-embel DISKON. Harganya waktu itu senilai Rp. 1.299.000,-. Karena saya belum punya cukup dana buat order, saya simpan dulu di wish list agar tidak lupa. beberapa hari kemudian saya cek lagi barang itu. Saya pun kaget melihat melihat embel-embel "50% OFF!!". Tapi pas saya lihat kembali, jadi nyesek....KENAPA??!

Sebelumnya harga normal barang tersebut Rp. 1.299.000,-. tapi setelah harga diskon yang katanya 50% OFF hanya melihat sedikit transisi pengurangan harga, dari 1.299.000 hanya turun menjadi 1.039.000. Gue coba pikirin lagi, emangnya itu beneran 50% OFF? Abis itu gue lihat harga normal yang biasanya dikasih coretan kalo diskon, harga normalnya berubah jadi Rp. 1.559.000. Gila, apa?! Lebih gila lagi, harga diskon jadi lebih tinggi dari harga normal. Itu ada kasusnya seperti itu, dengan logika yang sama kayak barang yang gue ceritain tadi.

Di situ gue bisa ambil hikmahnya, diskon itu hanyalah sebuah tipu muslihat dan gue nggak akan histeris lagi kalo liat ada barang diskonan. Tapi diskon tetap dibutuhkan juga, sih. Nggak semuanya diskon itu ilusi, namun bisa aja sebuah barang dikasih diskon karena berbagai faktor seperti barang udah lawas, pernah terbanting, tidak utuh dan sebagainya.

Jadi pesan gue, jangan langsung buta cuma karena liat diskon. Karena diskon itu ada yang nyata ada juga yang abstrak. Itu aja :)

1 comment: