Tuesday, July 31, 2012

Beberapa Kesalahan Saat Berganti Profesi



Tak sedikit dari Anda memiliki pekerjaan yang sesuai dengan minat, namun memutuskan untuk berpindah haluan kerja. Tentunya hal ini dilandaskan dengan berbagai macam alasan. Padahal, beralih ke profesi lain itu tidak semudah dengan pindah dari tempat kerja ke kantor lainnya.

Mengubah jalan karir memang merupakan hal yang menantang. Terlebih lagi jika pekerjaan yang dijalankan selama ini sudah tidak menarik lagi untuk Anda dan merasa jenuh untuk melakukannya. Akan tetapi, sebelum merencanakan untuk berpindah haluan kerja, Anda harus berpikir secara matang. Sebab, terkadang ada beberapa kesalahan umum yang dilakukan oleh karyawan saat memutuskan untuk mengganti profesi. Apa sajakah itu? Simak di sini, seperti dikutip dari situs Women Dish.

1. Kurangnya Perencanaan
Mengubah jalan karir tanpa adanya perencanaan secara matang merupakan salah satu kesalahan terbesar yang Anda buat. Ketika memutuskan untuk beralih profesi, Anda perlu memiliki alasan yang kuat mengapa ingin mengubah karir. Lalu rencanakan strategi apa yang akan dilakukan agar karir barunya nanti dapat mencapai kesuksesan.

2. Karena Uang
Banya karyawan yang ingin pindah dari pekerjaan mereka sebelumnya hanya karena menginginkan gaji yang lebih besar, tanpa benar-benar merenungkan tentang apa yang mereka inginkan. Perlu diingat bahwa, pekerjaan tidak hanya sebagai rutinitas sehari-hari. Sebab, ketika Anda bekerja tentu akan ada titik-titik tertentu dimana Anda akan merasa stres, frustasi, bahkan depresi jika lingkungannya tidak nyaman meskipun penghasilannya tinggi.

3. Lingkungan Kerja yang Salah
Mungkin Anda berada di lingkungan kerja yang salah dan kepribadian yang tidak bisa berbaur dengan rekan kerja lainnya. Jika ini permasalahannya, maka Anda tidak perlu beralih profesi. Namun, Anda bisa pindah ke lingkungan kerja yang lebih sesuai.

4. Mengejar Uang
Uang memang merupakan faktor penting, tapi itu bukanlah segalanya. Meskipun uang bisa membantu mengurangi tekanan finansial, tetapi uang tidak bisa membeli kebahagiaan. Jadi berhati-hatilah dengan membuat keputusan untuk merngubah karir Anda jika memang hanya semata-mata untuk mendapatkan lebih banyak uang.

No comments: