Saturday, July 21, 2012

Beberapa Dosa Yang Sering Dilakukan Dalam Kehidupan Sehari-Hari


Tanpa Sadar Dalam Kehidupan Sehari-Hari Kita Telah Berbuat Dosa

Kenapa bisa begitu? Lihat saja zaman sekarang, udah pada modern tanpa memperhatikan etika beragama.
Berikut opini saya tentang Dosa sehari-hari yang telah kita perbuat
1.       Facebookan
Kenapa bisa facebook? Bisa saja... bahkan lebih besar dosanya, di Facebook telah merubah pola hidup manusia menjadi serba terbuka. Orang-orang selalu ingin narsis dengan memposting foto-fotonya yang dirasa bagus, bahkan gambarnya bisa lebih terbuka aurat. Lalu dipertontonkan oleh ribuan teman ataupun publik. Itu sama saja dengan menjual diri bagi saya (maaf saja terpaksa bilang seperti itu, saya pun juga termasuk tipe orang narsis). Lalu, chatting dengan orang yang tidak dikenal tapi lagsung love-love-an, atau bahasa trend-nya “Chat-sexting”. Seolah-olah kita itu orang yang murahan. “baru kenal kok ngajak ho-ohan...?!”... De eL eL
2.       Bangun Kesiangan
Itu pun juga terjadi pada saya, karena begadang... gara-gara bangun kesiangann maka otomatis tidak sholat subuh, dan tidur siang pun juga, kita meninggalkan sholat Zhuhur dan Ashar, bahkan Maghrib.
3.       Laki-laki dan wanita bersentuhan
Karena Saya tidak mau yang ini terjadi pada saya, lebih baik Saya ngeblog di rumah saja dan nggak keluar malam (lagipula teman jarang jemput). menurut kajian fiqih yang saya tahu di Madrasah, orang muslim tidak boleh bersentuhan dengan orang berbeda jenis, haram hukumnya, itu pun dilanggar sebagian besar orang di bumi ini. Nah, untuk menghalalkannya, menikahlah.. seperti kata ustadz Muhammad Nur Maulana, “orang yang sebelumnya tidak boleh bersentuhan, jadinya, bersentuhan malah dapat pahala”
4.       Pacaran
Sebenarnya tidak ada bedanya dengan yang diatas, yaitu bersentuhan. Seperti adegan di film-film romantis, seperti pegangan tangan, pelukan, megang d4d4, ciuman, dan adegan lainnya, itu pun sudah sering saya saksikan juga di dunia nyata, pernah saya melihat orang berduaan pacaran di semak-semak (nggak takut ulat bulu???) bahkan yang lebih bersifat erotic.
5.       Munafik
Paling banyak orang munafik di dunia ini, seperti foto yang pernah saya temukan di facebook, yaitu orang yang pakai jilbab, namun bajunya.... terpaksa Saya bilang “WOW!!!”, pakai baju lengan pendek... yang nampak ketiaknya, pinggulnya. Atau, dia memakai jilbab, tapi pakaiannya “membungkus” bukannya “menutupi” (Anda pasti tahu perbedaannya). Lalu, orang yang ceramahnya hebat, sungguh memotivasi, tapi di luar zona dia berbuat hal yang dilarang Allah.
6.       Gosip
Firman Allah SWT: Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, Maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu  (QS Al Hujurat [49]:6). Itulah, jaman sekarang dimana-mana terutama kaum jeng-jeng (ibu-ibu), sering begosip yang tidak jelas kebenarannya. Itupun sangat merugikan orang lain yang jadi korban gosip
7.       Gombal
Bilang “aku sayang banget sama kamu” aja bagi yang pacaran sudah termasuk dosa, apalagi itu hanya mengada-ada.
8.       Pamer
Pamer gaya sekarang sangat mudah dilihat dimana-mana, seperti sepeda motor bagus, suka ngebut ugal-ugalan di jalan raya atau standing sekalian. Punya BB (padahal norak) temanan sama yang selevel, baru kenal sudah minta pin BB. Pamer foto dengan gaya-gaya yang aneh, dan lain-lain.
9.       Bohong
Bohong juga berhubungan dengan yang nomor 7 tadi, yaitu mengada-ada. Banyak orang-orang berbohong demi menutupi kekurangannya, namun beresiko juga yaitu orang lain jadi susah untuk mempercayai orang yang sudah ketahuan kebohongannya.
10.    Menghina, melecehkan, atau menyindir
Pernah lihat berita tentang kasus Olga? Itu benar, bahwa Olga telah melakukan pelecehan islam waktu dalam acara “Pesbukers”. Saya tidak ingat beritanya, tapi yang paling ingat adalah Olga nya bilang “Asalamualaikum-asalamualaikum mulu dari tadi, kayak pengemis aja deh loe” dipikir secara logika, emang Cuma pengemis yang sering bilang asalamualaikum? Tidaklah! Berarti Olga tadi telah menghina seluruh umat islam.
11.    Mendengar hal yang tidak baik
Seperti bergunjing atau bergosip, berkata atau bercerita kotor, kadangkala kita tidak mau ikut dalam percakapan, lebih baik diam saja, namun dengan hanya diam, kita tetap saja berdosa karena kita masih mendengarkannya.
12.    Dan masih banyak perbuatan dosa lainnya.

Jadi benar-benar banyak dosa yang telah kita perbuat setiap detik. Saya juga tahu, Anda pasti juga merasakan penyesalannya sama pula seperti Saya Lani Martin (Martin Ariesman), mudah-mudahan pada bulan Ramadhan ini kita benar-benar diberi pengampunan dan diterima taubat kita oleh Allah SWT.

1 comment:

Anonymous said...

Semoga media sosial tidak disalahgunakan