Monday, February 8, 2016

Sulit Konsentrasi Adalah Tanda Orang Pintar, Masa Sih?

Siapapun pasti pernah merasakan kesulitan saat berkonsentrasi, baik di usia muda maupun tua. Mungkin kamu beranggapan bahwa mereka yang kesulitan berkonsentrasi memiliki kemampuan otak yang kurang memadai. Tapi, sebuah penelitian menepis anggapan tersebut.

Seorang Psikiater Dr. Ned Hallowell menceritakan pengalamannya dalam The Telegraph.
"Orang yang sering mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi adalah orang pintar," jelasnya.

Pada umumnya orang yang mengalami kesulitan berkonsentrasi dalam menjalankan pekerjaannya cenderung sulit memutuskan mana yang harus dikerjakan dulu.

"Gangguan yang datang saat bekerja menghasilkan perasaan tidak mampu untuk menangani beban pekerjaan secara keseluruhan, otak cerdas lebih rentan untuk merasakan perasaan tersebut." ujar Hallowell.

Sebuah kantor bidang furnitur, Steelcase melakukan survei terhadap 10 ribu pekerja di 17 negara. Hasil survey mengungkapkan bahwa meningkatnya penggunaan teknologi di tempat kerja juga menjadi faktor turunnya kemampuan untuk tetap fokus pada seseorang dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Wakil pemimpin Steelcase, Bostjan Ljubic menjelaskan bahwa dimana cara bekerja yang mudah mengalami perubahan dengan waktu yang cepat, sehingga otak mengalami tekanan dan peningkatan stress.

2 comments:

Isrofi Achmad said...

He... he... saya masuk ndak ya, padahal saya sulit banget untuk konsentrasi, apalagi ketika mau buat artikel. Siip gan infonya.

Wahab Saputra said...

Wah,,baru tau saya,,ada study yang mengatakan....
"Orang yang sering mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi adalah orang pintar,"