Monday, September 29, 2014

Pilih jadi Blogger Atau YouTuber? Tentukan Pilihan Anda!



Pengenalan

Google sudah lama dikenal sebagai tempat ampuh untuk mencari suatu informasi yang kita butuhkan. Setelah lama distatusisasi sebagai raksasa mesin pencarian di dunia, Tentu Google bukan sekedar mesin pencarian lagi.

Selain punya mesin penelusuran, Google punya banyak produk dan layanan agar mereka semakin berjaya. Diantaranya yang paling dikenal oleh khalayak ramai adalah Gmail, Blogger, Youtube, Android. Masih banyak lagi produk dan layanan Google yang masih belum dikenal secara luas.

Kali ini saya memposting mengenai serba-serbi jadi mitra Google. Semoga tulisan saya mudah dipahami dan bisa menjawab pertanyaan yang terganjal di pikiran anda.

Blogger

Blogger adalah salah satu layanan yang diandalkan oleh penulis, fotografer, pedagang online bahkan orang yang hanya iseng-iseng bikin gebrakan. Tapi pada kasusnya orang indonesia kebanyakan menulis blog bukan didasari hobi mereka.

Melainkan ingin mencari uang lewat blog. Cara mencari uang yang didambakan tidak lain dan tidak bukan adalah Adsense yang juga merupakan layanan milik Google ditujukan untuk penayang iklan. (Rekomendasi: untuk pengiklan yang ingin beriklan di Google bisa menggunakan layanan Adword).

Nah, tapi tidak semua blogger bisa mendapatkan restu untuk bekerja menayangkan iklan Adsense. Banyak dari kita yang gagal menjalankan "bisnis" sebagai blogger karena ditolaknya pendaftaran Adsense oleh staff Google.

Maka dari itu, saya akan memberi tips berdasarkan pengalaman saya yang sudah sejak 2009 ingin blognya dipasangi iklan oleh Google.

Tips untuk blog dulu, pastikan di blog anda terdapat tab "Earning". Jika tidak ada, mungkin waktu itu Anda membuat blog pada halaman yang berbahasa Indonesia. Jika tab/fitur Earning tidak terdapat di dasbor blog anda, itu tidak akan bisa dimunculkan. Banyak blog yang mengatakan cara memunculkan tab "Earning" adalah dengan mengganti bahasa blog menjadi bahasa Inggris -United States. Pada kenyataannya tab tersebut memang tidak bisa dikembalikan.

Tapi anda jangan cemas dulu dan nggak perlu membuat akun Google yang baru. Seperti saya melakukan eksperimen kemarin awalnya saya membuat blog pada halaman Blogger berbahasa Indonesia. Dan tab tersebut memang tidak hadir pada blog saya.
Pastikan halaman blogger anda berbahasa Inggris, tab yang kita inginkan memang tidak akan tampil pada blog yang sudah ada. 

Makanya buat blog baru dalam waktu 1-2 menit saja. Setelah itu Anda akan langsung mendapatkan tab "Earning" pada blog anda yang baru. Lalu anda boleh mengubah lagi bahasa Blogger ke bahasa Indonesia karena tab itu tidak akan hilang kecuali anda sendiri yang menghapus blog anda.

Karena anda berniat mencari uang lewat blogger, sebaiknya niat itu dinomorterakhirkan saja karena Google tidak terlalu menyukai orang yg mata duitan. Fokuslah menulis dengan berkualitas. Bagaimana cara membuat tulisan berkualitas? Yaitu tulisan yang benar-benar berasal dari pikiran anda, hasil riset dan wawasan yang dikalibrasikan oleh jemari anda sendiri. 

Hindari plagiarisme murahan seperti menggunakan klik kanan copy dan paste. Karena banyak teknologi canggih di jagad maya yang bisa menentukan mana yang original dan mana yang contekan, salah satunya DMCA (info:cari di Google penelusuran).

Jangan takut tulisan anda sepi pengunjung, pada kasusnya "blogger hijau" (sebutan blogger pencari uang di internet) ingin postingannya dikunjungi banyak orang dengan cara meniru tulisan yang sedang tren di jagad maya. Karena postingan seperti itulah teknologi dengan mudahnya mendeteksi tulisan yang plagiarized. Oleh karena itu buatlah tulisan yang menarik dan beda dari yang lain.

Tulisan akan mudah kita kreasikan jika tema sesuai dengan minat kita. Anda tidak akan bisa membuat tulisan tentang sejarah kalau anda lebih suka teknologi. Jika anda memaksakan diri, yang akan terbesit di pikiran anda adalah kembali melakukan plagiarisme yang dapat merugikan diri sendiri.

Faktanya, tulisan yang benar-benar hasil kreasi sendiri lebih bikin pengunjung jadi betah mengunjungi blog kita berkali-kali. 
Seperti halnya rumah makan, kalau masakan kita disukai pembeli pasti akan terjadi promosi dari mulut ke mulut. Begitu juga pada blog, Jika tulisan kita memuaskan pengunjung akan dengan senang hati berkomentar dan membagikan postingan kita ke media sosial.

Jika anda sudah punya lebih dari satu tulisan yang qualified atau memenuhi syarat dan ketentuan Google, Anda silahkan coba mendaftarkan Adsense melalui tab "Earning" yang berikon piala bergambar bintang. Tapi sebelumnya sebaiknya Berdoalah Kepada Tuhan berdasarkan agama masing-masing. Banyak orang selalu gagal karena kurangnya Restu Dari Tuhan.

Isilah form pendaftaran dengan benar supaya Google dapat dengan tenang memverifikasi akun anda. Biasanya 1 atau 3 jam kita akan mendapatkan email persetujuan dari AdSense. Jika anda mendapatkan email persetujuan, maka anda sudah bisa sign in ke AdSense.

Tapi ingat! Bukan berarti blog Anda sudah bisa menghasilkan dolar. Coba anda lihat tab Earning pada blog, pastikan anda sudah mengaktifkan AdSense pada blog anda. Jika anda sudah mengaktifkannya, anda belum akan melihat iklan apapun pada blog. Ruang penempatan iklan akan terlihat kosong berpadu latar belakang blog. Karena pihak AdSense lebih dahulu melakukan peninjauan pada blog Anda, biasanya peninjauan akan berjalan selama kurang lebih 1 minggu atau bahkan lebih tergantung ramai atau sepinya antrian blog yang akan ditinjau. Selama masa itu, pada beranda AdSense anda akan melihat tulisan yang diblok warna merah bahwa "konten masih dalam peninjauan".

Selama masa peninjauan, sebaiknya anda juga harus melakukan peninjauan bada blog anda sendiri dan terus update postingan yang berkualitas dan terus yakini para pembaca blog anda. Jika Anda sudah berhasil disetujui sebagai penayang AdSense, itulah awalnya anda mencari uang lewat blog. Jangan coba-coba memencet iklan sendiri karena dapat merugikan para pengiklan dan juga kita sendiri. Biarlah iklan ditayangkan ke pembaca blog Anda karena iklan Google tampil relevan dengan minat pembaca.

Tapi jika Blog anda tidak disetujui untuk menayangkan iklan AdSense, mungkin rasanya kecewa sekali. Tapi jangan berkecil hati, masih ada kesempatan untuk mendaftar ulang ke AdSense. Oleh karena itu perbaikilah tulisan Anda dan mendaftar ulang di lain waktu.

Mengenai ketiadaan fitur "Earning" pada blog
Sebenarnya itu bukanlah suatu hal yang perlu dikecewakan. Banyak seleb atau orang-orang terkenal juga punya blog seperti Radityadika atau BenaKribo dan masih banyak lainnya, blog yang ditulis mereka masing-masing ternyata tidak dipasangi skrip AdSense. Awalnya saya heran kenapa kok mereka mau habisin waktu di blog padahal mereka punya banyak job, *pikiran saya terlalu dangkal waktu itu*. Setelah saya bilang "heh" pada blog mereka, lalu saya seriusi untuk membaca tulisan-tulisan yang mereka posting pada blog mereka.

Tiba-tiba mata saya berubah warna menjadi hijau dengan simbol "$". Kenapa? Ternyata beberapa di antara postingan-postingan yang mereka tulis merupakan postingan bersponsor! Mereka dibayar untuk memposting/mereview produk yang mau dipromosikan. Sponsor bisa saja datang sendiri berkat bagusnya traffik blog, tapi anda juga bisa mencarinya sendiri. Misalnya anda ingin berkontribusi dengan Samsung Indonesia, kunjungi situsnya dan kirim email ke cs atau email lain yang disediakan pada situs tersebut. Atau bisa juga dengan cara langsung ke kantornya. Tapi saya belum pernah pengalaman sih, hehe....
Tetapi, jika cara begitu mungkin sangat langka terjadi.

Sebenarnya blog tanpa fitur "Earning"  masih bisa dimonetisasi menggunakan AdSense asal, Anda mau sedikit menyumbangkan isi dompet Anda ke pedagang domain hosting, cukup beli domainnya saja dan anda bisa menjadikan blog anda sedikit profesional dengan mengganti domain "blogspot.com" menjadi ".com". Mungkin banyak blog yang bilang mendaftarkan domain sendiri lebih gampang ketimbang blogspot. Menurut saya pernyataan itu salah besar! Mendaftar AdSense itu sangat mudah sekali, tulisan hanya butuh personalisasi maksudnya kita yang menulis dengan tangan, hati dan pikiran kita sendiri.

Anda bisa lihat blog juragancipir yang sudah diganti blogspotnya dengan domain .com. Kemarin saya sedikit "mewawancarai" pemilik blog, Indri Lidiawati (Google+), lalu menjawab dengan ramah, dia mendaftar tidak melalui tab earning. Ia sudah punya AdSense "setengah jadi". Jadi tinggal meng-otorisasikan alamat situsnya. Dan sekarang blognya yang pernah posting "cara nonton YouTube dalam layar penuh" itu sudah disesaki iklan AdSense yang relevan. Pada blognya dapat saya ambil hikmahnya, walaupun hanya membuat tulisan "cara agar colokan charger hidup" tapi bikinlah dengan ketikan jari sendiri, tulis apa yang terpikirkan. Jika anda punya karakter sendiri dalam menyampaikan, niscaya orang lain akan menyukainya. Ingat! Jangan takut sama hater, karena mereka yang membangkitkan anda.

Mengenai blog saya yang tidak/belum terdapat iklan AdSense
Setelah anda dipertemukan dengan saya oleh mesin Google atau rujukan sebagainya, mungkin anda berpikir kok Bang LMA belum punya AdSense tapi udah songong dengan tulisan kali ini. Saya akui itu, blog saya yang satu ini memang belum terdapat selayangpun skrip AdSense. Karena belum saya daftarkan untuk direview oleh tim AdSense. Tapi, saya sudah punya akun AdSense yang earned kok. "Kok bisa??"

Mendaftar AdSense melalui YouTube

Dulu tahun 2013 saya mencurahkan kekesalan saya di social media Pulsk atas membusuknya blog lama saya karena seringnya ditolak AdSense. Kemudian curahan saya dikomentari oleh seseorang, dia menyarankan lebih baik mendaftarkan AdSense melalui YouTube. Karena penasaran, saya coba menelusuri Google perihal mendaftar adsense melalui YouTube. Mungkin ada benarnya, blog dengan artikel tersebut yang saya temui memang sudah dipasangi skrip AdSense. "Kenapa harus melalui YouTube?"

YouTube bukan sekedar kreatifitas "orang gila"

Orang Indonesia khususnya, masih banyak yang belum mengetahui mengapa mereka mau mengupload video konyol mereka ke YouTube? Jawabannya adalah, mereka dapat duit dari situ (Google, selaku pemilik YouTube). Lalu bagaimana caranya?


Setelah Anda mengupload satu atau lebih video original buatan anda ke YouTube, bukalah laman 'creator studio', klik tab saluran, pada menu fitur aktifkan menu monetisasi. Jangan takut salah pencet, anda akan dipandu oleh Google cara mengaktifkannya. Setelah fitur monetisasi diaktifkan, pada tab 'saluran' klik subtab monetisasi. Jika anda melihat tulisan "bagaimana saya dibayar?" Kemudian klik 'pelajari selengkapnya'.

Selanjutnya anda akan melihat link dengan tulisan "mengaitkan akun AdSense". Klik link tersebut, anda akan dibawa lagi ke halaman YouTube. Anda akan melihat tombol "berikutnya". Klik tombol tersebut, anda akan dialihkan ke halaman AdSense untuk mengisi formulir pendaftaran. Centang semua perjanjian kemudian klik 'Submit'. Dalam hitungan jam, Selamat! Permohonan anda disetujui sepenuhnya. Saya menjamin jika akun Google yang masih baru akan langsung disetujui sepenuhnya oleh AdSense jika anda mendaftarkannya dengan cara yang saya jelaskan barusan. Tapi, jika sebelumnya anda pernah ditolak oleh AdSense, anda masih bisa mendaftarkannya kok. Anda akan disuruh untuk membuat akun Google yang baru tanpa harus meninggalkan akun yang sudah ada.

Mendaftar AdSense melalui YouTube memang benar-benar mudah, tapi bukan berarti langsung bisa memasang iklan AdSense pada blog. Itu saya sadari 3 bulan kemudian semenjak jadi publisher AdSense. Karena AdSense yang didaftarkan melalui YouTube hanya akan menghasilkan pendapatan iklan dari video yang kita unggah ke YouTube. Jika ingin blog anda juga terpasang iklan AdSense, pastikan semua tulisan anda berkualitas dan memenuhi syarat. Mendaftarlah lewat tab "earning" (jika ada), sebenarnya bukan mendaftar lagi, hanya mengaitkan saja seperti halnya mengaitkan akun AdSense dengan YouTube tadi. Setelah blog dikaitkan dengan AdSense, tim akan melakukan peninjauan yang memakan waktu 2-3 hari atau lebih. Sayangnya banyak yang bilang jika ditolak beresiko akun AdSense dibatalkan. Oleh karena itu saya pikir lebih baik terus mengembangkan blog dulu sampai mantap dan kalau tabungan cukup saya akan membeli domain supaya penggemar tidak ribet karena embel-embel "blogspot".

Kesimpulan AdSense

Sebenarnya siapa saja yang berumur 18 tahun ke atas bisa memiliki satu akun AdSense walaupun anda tidak punya konten sedikitpun. Oleh karena itu, ciptakanlah konten dan kaitkan/otorisasikan dengan akun AdSense yang sudah dibuat.
Ada pertanyaan belum terjawab pada tulisan saya silahkan isi komentar.

No comments: