,

Hobi Foto? Ini Beberapa Situs Agar Cuan Dengan Memonetisasi Foto Kamu di Internet



Kita sedang berada di era "visual dokumentasi". Setiap kegiatan sehari-hari hampir semuanya kita abadikan baik dalam bentuk foto maupun video.

Seperti yang kita tahu, di internet kita bisa memonetisasi video melalui YouTube, tiktok, dan sekarang Facebook pro juga bisa untuk memonetisasi video, sehingga banyak bunda-bunda aktif jadi konten kreator di Meta platform ini.

Lalu, apakah foto bisa dimonetisasi di internet? ya, betul sekali! Kamu bisa menjual foto di internet.
Kemudian siapa yang akan beli foto kita? Kebanyakan pembeli foto di internet adalah perusahaan komersial atau situs-situs berita. Mereka membutuhkan foto untuk kebutuhan pembuatan banner iklan produk mereka, atau sebagai ilustrasi untuk artikel berita.

Sebenarnya perusahaan besar atau media punya foto dan studionya sendiri, akan tetapi ada kondisi tertentu yang membuat tim kreatif harus membeli foto dari luar untuk menyempurnakan tampilan produk atau banner iklan mereka. Jadi, ketimbang sewa model dan foto di studio sendiri dengan biaya mahal, mereka lebih memilih langganan di suatu platform yang biayanya relatif murah.
Nah, apakah kamu tertarik untuk jualan foto di internet? berikut tempat jualan foto secara online:


Shutterstock adalah salah satu pasar foto terbesar di dunia. Fotografer dapat menjual foto mereka dan mendapatkan royalti berdasarkan lisensi yang diberikan kepada pembeli.

2. Adobe Stock

Platform ini terintegrasi dengan produk Adobe Creative Cloud, membuatnya mudah bagi fotografer untuk mengunggah dan menjual foto mereka.

3. Getty Images

Getty Images adalah salah satu agensi stok foto yang paling terkenal dan menghubungkan fotografer dengan klien di seluruh dunia.

4. Alamy

Alamy adalah website jual foto asal Inggris yang juga menerima konten lainnya seperti vektor dan video. Setiap bulannya, mereka membayarkan komisi hingga lebih dari $1 juta kepada para kontributornya. Situs foto stok ini menawarkan berbagai tool untuk memantau kebutuhan dan penjualan pelanggan.

5. iStock (oleh Getty Images)

iStock adalah platform yang menyediakan gambar stok dan media visual lainnya. Fotografer dapat berpartisipasi dalam program eksklusif atau non-eksklusif.

6. Foap

Foap adalah platform yang menghubungkan fotografer dengan merek untuk penggunaan dalam kampanye pemasaran.

7. Freepik

Freepik adalah bank gambar dengan perusahaan produksinya sendiri yang menawarkan lebih dari 10 juta sumber grafis. Di antara konten visual yang diproduksi dan didistribusikan oleh platform online, Anda dapat menemukan foto, PSD, ilustrasi, dan vektor.

8. 500px

500px adalah komunitas fotografi online yang juga menyediakan pasar untuk menjual foto.

9. Picfair

Picfair memungkinkan fotografer untuk menetapkan harga sendiri untuk karya mereka dan menjualnya langsung kepada pembeli.

10. SmugMug

SmugMug adalah platform yang menyediakan alat untuk membuat portofolio fotografi online dan juga memungkinkan penjualan foto.

Agar pendaftaran dan pengajuan foto berjalan lancar, pastikan untuk membaca persyaratan setiap situs dengan cermat dan memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kamu sebagai fotografer.

Jadi itulah beberapa situs untuk berjualan foto di internet, dan masih banyak lagi situs jual foto lainnya yang belum disebutkan. 

0 comments:

Post a Comment