, , , , ,

Manfaat dan Cara Mendapatkan Akun Belajar.ID

Gambar: Guru sedang memasukkan akun belajar.id ke perangkat siswanya

Dengan semakin berkembangnya teknologi digital, sektor Pendidikan juga mulai beradaptasi, proses belajar mengajar juga dilakukan sebagian guru kreatif dengan sistem dalam jaringan (daring). Untuk mendukung belajar berbasis digital, Kemdikbud memberikan akun Google dengan domain khusus untuk guru, tendik, dan siswa.

Saya sebagai operator sekolah kebagian akun dengan domain @admin.sd.belajar.id. Dengan akun ini saya sering memanfaatkannya untuk penyimpanan data-data sekolah, seperti blanko atau template surat, foto atau video dokumentasi, dan lain-lain. Dengan menginstal Google Drive For Desktop, saya jadi nggak perlu bergantung pada satu laptop saja, misalkan ketika lagi malas bawa laptop ke sekolah, saya masih bisa membuka file yang ada di komputer sekolah atau di smartphone.

Namun, di tempat saya masih banyak yang belum begitu memahami manfaat akun belajar.ID ini. Lebih dari 300 akun belajar.ID di sekolah saya daftarkan, hanya beberapa guru dan siswa yang aktif menggunakannya.

Nah, bagi kamu warga sekolah yang belum pernah menggunakan akun belajar.id, berikut manfaatnya untuk aktivitas pendidikan:

1. Mengakses aplikasi/layanan Google

cara menggunakan akun Belajar.ID sama seperti menggunakan akun Google pada umumnya. Jika kamu buka google.com, kemudian login menggunakan Akun Belajar.ID. setelah itu kamu dapat menggunakan aplikasi/layanan Google Workspace seperti GMail, Drive, Doc, Spreadsheet, Slide, Form, Classroom, Meeting, dan masih banyak lagi.

2. Kapasitas penyimpanan Google Drive Gratis yang lebih luas

Jika akun Google reguler hanya memberikan jatah gratis hanya 15 GB, pada akun Belajar.ID untuk pendidik dan tendik mendapatkan jatah penyimpanan gratis sampai 100 GB. Sementara untuk siswa tetap 15 GB, mungkin Kemdikbud menilai bahwa siswa belum begitu butuh penyimpanan berbasis awan.

3. Dapat privillege dari Platform pihak ketiga

Canva adalah aplikasi desain grafis yang berbasis online yang dapat digunakan untuk membuat grafis media sosial, presentasi, poster, dokumen, dan konten visual lainnyaCanva menyediakan beragam fitur, template, font, dan efek visual yang memudahkan penggunanya dalam membuat desain grafis yang menarik dan berkualitas. Canva terdiri dari dua jenis layanan, yakni gratis dan pro (berbayar). Jika kamu menggunakan Canva versi gratis, kamu tentu akan mendapat fitur-fitur yang sangat terbatas, sedangkan jika menggunakan versi pro, kamu akan mendapatkan fitur dan template tanpa batas.

Nah, Jika kamu memiliki akun belajar.id, kamu dapat menggunakan canva pro secara gratis. Kamu bisa meminta guru atau operator sekolah untuk mendaftarkan akun belajar.id kamu di canva.

Bagaimana cara mendapatkan akun Belajar.id?

Akun Belajar.ID bisa kamu dapatkan dari guru atau operator sekolah. untuk pengecekan keberadaan akun bisa kamu cek di website belajar.id

0 comments:

Post a Comment