Saturday, July 7, 2018

Matakuliah Teknik Informatika Semester 1 (Ganjil)


ilustrasi - mahasiswa baru via profesi-unm
Sebelumnya selamat buat adik-adik yang telah lulus untuk menjadi Mahasiswa baru di kampus atau universitas favorit masing-masing, Semoga Indonesia terus dianugerahi generasi penerus yang berilmu, beriman dan beradab. Amiin

Pada artikel ini saya akan membagikan khususnya kepada mahasiswa Teknik Informatika (secara saya juga anak TI) matakuliah apa saja yang akan dipelajari nantinya. Tentu sebagian besar kamu yang nyasar ke blog ini penasaran dan pengen cepat-cepat mulai perkuliahan 'kan? iya, kalo udah mahasiswa libur lama banget cuyy, hampir 3 bulan. beda dengan kita waktu masih sekolah dulu.

Oke langsung ke pembahasan pokok. Untuk matakuliah Teknik Informatika Semester 1 (ganjil) di kampus saya terdapat 10 buah matakuliah dengan total 24 SKS (bukan sistem kebut semalam, ya).
Mata kuliah tersebut antara lain:
1. Algoritma dan Pemrograman 1 (3.00)
2. Bahasa Indonesia (2.00)
3. Bahasa Inggris 1 (2.00)
4. Elektronika Dasar (2.00)
5. Kalkulus (3.00)
6. Matematika Diskrit (3.00)
7. Paket Program Aplikasi 1 (2.00)
8. Pendidikan Agama (2.00)
9. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (3.00)
10. Pengantar Teknologi Informasi (2.00)

Jadi itulah mata kuliah yang saya masukkan ke dalam KRS waktu masih di semester 1 (2016), setiap perguruan tinggi mungkin punya ketentuan yang berbeda-beda.

Mungkin beberapa dari kamu bertanya, kenapa ada mata kuliah yang harusnya bukan di teknik informatika seperti Bahasa Indonesia, Agama, PPKn? Itu adalah mata kuliah wajib. Jadi begini, kuliah bukan sekedar mendalami skill atau ilmu pengetahuan tertentu saja.

Kuliah bertujuan membentuk pola pikir kita sebelum kita terjun ke tengah masyarakat dan dunia kerja. Berhubung baru jadi mahasiswa, maka mata perkuliahan tersebut sangat penting untuk membentuk kemanusiaan dan jiwa sosial kita.

Jika ada angka setelah nama mata kuliah, seperti Algoritma dan Pemrograman 1. Maka kemungkinan pada semester berikutnya kamu akan menemukan lanjutan dari mata kuliah tersebut.

Sampai jumpa di postingan berikutnya!

No comments: