Monday, June 25, 2018

Materi dan Soal Ujian Akhir Semester (UAS) Jaringan Nirkabel


Halo sobat ilkom, pada ilmu computer pasti kita akan dipertemukan dengan mata kuliah yang satu ini, jaringan nirkabel. Kenapa kita harus mempelajarinya? Karena pesatnya kemajuan teknologi yang dulunya jika menciptakan jaringan dibutuhkan penghubung yang tidak praktis seperti kabel, sekarang kita bisa tersambung satu sama lain dengan jarak jauh tanpa harus direpotkan dengan kabel.

Untuk mempelajari Jaringan Nirkabel kamu bisa mendownload ebook-nya lewat link berikut ini:
1. Materi tentang gelombang radio
2. Materi tentang jenis-jenis jaringan nirkabel
3. Materi tentang karakteristik jaringan nirkabel

Disini saya akan membagikan contoh soal UAS yang diberikan oleh dosen saya pada waktu ujian akhir semester 4 kemarin.

1. Apa yang dimaksud dengan modulasi?

Modulasi adalah proses perubahan (varying) suatu gelombang periodik sehingga menjadikan suatu sinyal mampu membawa suatu informasi. Dengan proses modulasi, suatu informasi (biasanya memiliki frekuensi rendah) dapat dimasukkan ke dalam suatu gelombang pembawa yang memiliki frekuensi tinggi. Secara umum, gelombang selalu digambarkan melalui fungsi sinus sehingga disebut dengan gelombang sinusiodal. Hal ini dikarenakan sesuai dengan prinsip matematika, yakni fungsi fourier bahwa seluruh bentuk gelombang pada dasarnya terdiri dari gelombang - gelombang yang sederhana yaitu gelombang dengan bentuk sinusoidal yang bergerak merambat.

2. Apa yang dimaksud dengan amplitude gelombang?

Amplitudo adalah ukuran tinggi rendahnya tegangan dari sinyal analog. Amplitudo juga dapat didefinisikan sebagai jarak atau simpangan terjauh dari titik keseimbangan dalam gelombang sinusoide.

3. Apa yang dimaksud dengan fase pada gelombang?

Fase (Phase) adalah besar sudut dari sinyal analog pada saat tertentu. Fase pada gelombang menyatakan keadaan getaran pada suatu titik pada gelombang yang berkaitan dengan simpangan dana rah getarannya. Dua titik dikatakan fasenya sama apabila arah getarnnya sama. Begitu juga dua titik memiliki fase berlawanan jika simpangannya sama tapi arahnya berbeda.

4. Apa yang dimaksud dengan spectrum?

Spektrum merupakan ragam dari rentangan panjang dari suatu gelombang radiasi. Ada tujuh jenis spectrum gelombang:
a. Radio
b. Mikro
c. Inframerah
d. Cahaya tampak
e. Ultraviolet
f. Sinar X
g. Sinar gamma

5. Jelaskan tentang modulasi gelombang radio

Gelombang radio memiliki panjang sekitar 10-3 meter dengan frekuensi sekitar 104 Hertz. Sumber gelombang ini berasal dari rangkaian oscillator elektronik yang bergetar.Rangkaian oscillator tersebut terdiri dari komponen resistor (R), induktor (L), dan kapasitor (C). Spektrum gelombang radio dimanfaatkan manusia untuk teknologi radio, televisi, dan telepon.

6. Terdapat empat kemungkinan pasangan bentuk sinyal data dan sinyal transmisi yang terjadi setelah mengalami proses transmisi data, jelaskan satu persatu!

a. Digital data digital transmission, data yang dihasilkan oleh transmitter berupa data digital dan ditransmisikan dalam bentuk sinyal digital menuju ke receiver. Dalam bentuk transmisi ini, dikenal ada dua macam cara pensinyalan yaitu sebagai berikut: 
- Non return to zero
- Return to zero

b. Analog data digital transmission, data yang dihasilkan oleh transmitter berupa sinyal analog dan ditransmisikan dalam bentuk sinyal digital menuju ke receiver. Metode ini digunakan untuk pengiriman data suara atau gambar sehingga data sampai ke tujuan dalam kondisi yang baik.

c. Digital data analog transmission, sinyal data yang dihasilkan oleh transmitter berbentuk sinyal digital dan ditransmisikan dalam bentuk sinyal analog menuju receiver. Bentuk transmisi ini digunakan untuk proses transmisi data antar komputer yang jaraknya  sangat jauh antar komputer satu dengan komputer yang lainnya. Dalam transmisi ini dikenal tiga macam pensinyalan analog:
- Amplitude Shift Keying
- Frequency Shift Keying
- Phase Shift Keying

d. Analog data analog transmission, metode ini digunakan oleh pemancar radio.

7. Jelaskan tentang WLAN!

Wireless Local Area Network (WLAN) adalah jaringan computer yang menggunakan gelombang radio sebagai media transmisi data. Informasi yang ditransfer dari satu computer ke komputetr lain menggunakan media udara (tanpa kabel). WLAN sering disebut sebagai jaringan nirkabel atau jaringan wireless.

8. Jelaskan tentang WMAN!

Wireless Metropolitan Area Network adalah jaringan yang menghubungkan beberapa WLAN.

9. Jelaskan tentang Wireless Access Point!

WAP adalah alat yang berfungsi untuk menghubungakn alat-alat wireless ke sebuah jaringan nirkabel menggunakan WiFi, Bluetooth, dan lain-lain. WAP adalah titik atau pusat jaringan nirkabel yang memancarkan frekuensi radio untuk mengirimkan data dan menerima data. Funsgi WAP sama dengan Hub atsu Switch.Konfigurasi yang cukup sederhana seperti penentuan SSID, channel dan pemilihan jenis authentication.

10. Jelaskan tentang Antena Omnidirectional!

Antenna ini biasanya digunakan pada access point (AP). Antenna ini mempunyai pola radiasi 360 derajat. MempunyaI sudut pancaran yang besar (wide beamwidth) yaitu 3600. Area jangkauannya luas namun jarak jangkaunya pendek. Antenna ini mengirim atau menerima sinyal radio (Radiowave) dari segala arah secara sama.Antenna ini biasanya digunakan untuk koneksi mulitiple point atau hotspot.

Selesai..

Jadi itulah soal UAS yang saya dapatkan dan jawaban yang saya hasilkan. Setiap pelajar pasti akan mendapatkan soal yang berbeda-beda tergantung dosen dan kampusnya. Namun saya yakin tulisan ini bisa jadi referensi untuk kamu pelajari.
Jika ada pertanyaan atau Kritik maupun saran silakan tulis di komen ya. 

No comments: