Monday, November 20, 2017

Mengenal Kecerdasan Emosional

Otak manusia terbagi dua bagian, yakni otak kiri yang bertugas mengelola kecerdasan intelektual dan otak kanan yang menangani kecerdasan emosional. Kali ini saya ingin membahas tentang keserdasan emosional. Karena ini sangat penting untuk kita semua ketahui. Kenapa penting? mari teruskan baca artikel ini sampai selesai dan saya mulai dari definisi Kecerdasan Emosional

Apa itu kecerdasan Emosional?

Kecerdasan Emosional, Emotional Quotient atau disingkat EQ adalah kemampuan manusia untuk menerima, menilai, mengelola dan mengontrol dirinya sendiri dan orang lain yang berintetraksi dengannya. Kecerdasan emosional ini nggak kalah pentingnya daripada Kecerdasan Intelektual (Inteligent Quotient – IQ). Bahkan Kecerdasan emosional lebih penting dalam memberikan kontribusi terhadap kesuksesan seseorang. Nggak Percaya?

Alm. Bob Sadino, beliau mengaku bodoh, karena itu ia sengaja mempekerjakan orang pintar dan akhirnya beliau sukses. Nah, berarti Kecerdasan Bob Sadino lebih cenderung ke arah Emosional Ketimbang Intelektual. Melihat kenyataan tersebut saya meniympulkan, jika seseorang punya IQ tinggi belum tentu EQ-nya tinggi, tapi kalau EQ-nya tinggi, sudah pasti IQ-nya tinggi.

Nah, apakah kamu termasuk dalam golongan orang-orang yang memiliki EQ tinggi? Berikut ciri-cirinya:

Ciri-ciri Orang Dengan EQ tinggi

 1. Memiliki banyak "tombol-tombol" Emosi

"Tombol-tombol" Emosi yang saya maksud mungkin mengingatkan kamu sama film "Inside Out". Ya, Jika artikel sebelah sudah banyak yang menyebut "kamus" atau "kosakata" emosi, nggak ada salahnya dong saya tampil beda, hehe… Jadi, semakin spesifik tombol emosi yang menggambarkan perasaan kita, semakin mudah kita mengerti apa yang sedang kita rasakan, sehingga kita bisa tahu apa yang harus dilakukan pada saat emosi dalam kondisi tertentu.

2. Mengerti perasaan orang lain

Jika nomor satu mengenali perasaan diri sendiri, orang yang memiliki EQ tinggi juga bisa merasakan apa yang orang lain rasakan atau pikirkan.

3. Selalu penasaran dengan sesuatu yang belum dikenalnya

Orang yang memiliki EQ tinggi biasanya selalu penasaran dengan orang lain yang berada di sekitarnya atau sesuatu yang belum dikenalnya. Kenyataannya, orang yang biasanya menanyakan banyak hal setelah mereka dikenalkan dengan seseorang /sesuatu adalah orang yang penyayang dan mengerti terhadap kebutuhan orang lain ketimbang orang yang tidak ingin tahu banyak hal tentang suatu hal.

4. Mampu mengenali kelebihan dan kekurangan dalam dirinya

Orang yang ber-EQ tinggi bisa mengenali kemampuan dalam dirinya, apa yang mereka bisa dan apa yang belum bisa. Dengan begitu, mereka akan terus mempelajari hal-hal yang membuatnya mampu dan sukses. Mereka akan menggunakan kelebihannya secara maksimal dan bahkan mampu menjadikan kekurangannya sebagai kelebihan.

5. Tidak Takut akan perubahan

Orang yang punya EQ tinggi adalah orang yang mampu beradaptasi dengan perubahan dengan cepat. Karena mereka akan selalu berekspektasi dan selalu menyiapkan rencana tentang apa yang akan dilakukannya setelah perubahan itu terjadi.

6. Mampu mengontrol diri

orang dengan EQ tinggi akan selalu menahan diri untuk mengeluarkan pemikirannya demi menghindari argumen dengan orang lain dan tidak sembarang mengambil langkah.

7. Tidak gampang tersinggung dan tidak pendendam

Jika kecerdasan emosional kamu bagus, kamu tidak akan mudah 'down' terhadap masukan-masukan negatif terhadap kamu dan selalu menanggapinya dengan positif. Orang yang memiliki EQ tinggi bahkan nggak sungkan-sungkan untuk menertawai dirinya sendiri, karena kamu tahu dengan begitu, orang lain akan jadi bingung bagaimana lagi caranya untuk membuat kamu down.

8. Berani membuat kesalahan

Bukan berarti orang dengan EQ tinggi senang membuat kesalahan, tetapi mereka selalu tahu bahwa setelah membuat kesalahan ada pelajaran berharga yang didapat dari kesalahan itu. Mereka nggak akan pernah melupakan kesalahan yang pernah dibuatnya agar mereka tidak melakukan kesalahan yang sama di lain waktu.

9. Menghindari orang-orang negatif

Orang dengan EQ tinggi akan menjaga jarak dengan orang-orang yang berusaha menurunkan emosi positif-nya. Mereka tidak akan membiarkan diri mereka stress atau marah ketika berurusan dengan orang-orang negatif. Mereka selalu menjaga perasaan mereka dan menolong orang dalam situasi sulit dan darurat.

10. Tidak mengharapkan kesempurnaan

Mereka nggak akan menjadikan kesempurnaan menjadi tujuan mereka, karena mereka sadar kalau kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT. Mereka juga tahu, jika mengejar kesempurnaan yang ada hanya bikin mereka kehilangan percaya diri dan akhirnya menyerah.

11. Tahu cara bersantai
Meskipun di saat ada tugas numpuk, orang ber-EQ tinggi selalu ingat dirinya saat butuh istirahat. bekerja tanpa jeda istirahat hanya akan membuat kita jadi tidak produktif dan bisa stress. Oleh karena itulah mereka akan menyembatkan diri untuk istirahat di sela-sela kesibukannya.

12. Selalu bersyukur dan bisa menghargai apapun

Mereka yang memiliki EQ tinggi akan selalu sadar kalau bersyukur atas karunia Tuhan itu sangat penting, mereka juga akan selalu menghargai apa yang dimilikinya, didapatkannya, dan masukan/kritik saran yang diterimanya dari orang lain. Oleh karena itulah barang-barang yang dimiliki oleh orang dengan EQ tinggi lebih awet ketimbang EQ rendah, dan mereka menjadi semakin baik setelah mendapat masukan dari orang lain.

13. Orang Dengan EQ Tinggi tidak akan membiarkan orang lain merusak harinya

Mereka memiliki kontrol utama atas kebahagiaan mereka. Mereka mempunyai rasa percaya diri yang tinggi namun tidak suka menyombongkan diri pada orang lain. Walaupun begitu mereka tetap mempertimbangkan pendapat orang lain guna membuat dirinya lebih disiplin dan sukses.

No comments: