, ,

Terjadi Ledakan dan Kebakaran Kilang Pertamina di Dumai Riau, Terdapat Korban dan Kerusakan Bangunan



Terjadi kebakaran hebat Kilang minyak milik Pertamina RU 2 Dumai, di kawasan Putri Tujuh, Dumai Timur, Dumai pada Sabtu malam (1/4).

Akibat kebakaran itu, sempat terjadi ledakan disusul api yang membubung tinggi. Bahkan ledakan terdengar hingga radius 30 kilometer atau hampir di seluruh wilayah Kota Industri dan Pelabuhan di Riau itu.

Informasi sementara yang dirangkum RiauPos, getaran akibat ledakan yang diduga berasal dari salah satu kompresor yang ada di dalam kilang Pertamina dirasakan oleh masyarakat Dumai.

Warga Kelurahan Jaya Mukti dan warga Kelurahan Tanjung Palas yang berada di sekitar kilang sempat berhamburan ke luar rumah karena mengira getaran yang mereka rasakan akibat gempa bumi.

Aidil, salah seorang warga Kelurahan Tanjung Palas, Kecamatan Dumai Timur mengaku sempat terkejut dengan kejadian tersebut.

“Saat kejadian saya berada di dalam rumah, namun suara ke dalam terdengar keras diiringi dengan getaran yang membuat saya dan keluarga serta warga ketakutan lalu berlari keluar rumah karena menduga terjadi gempa,” ujarnya.

Sementara itu pihak Kepolisian Polres Dumai melakukan penjagaan dan mengatur lalu lintas karena banyaknya warga yang datang ke lokasi untuk menyaksikan kejadian tersebut. 

Hingga Minggu (2/4/2023) dinihari, dikabarkan terdapat lima orang menjadi korban yang merupakan pekerja di sekitar kilang minyak dan gas yang meledak.

Menurut Area Manager Communication, Relations, & CSR RU Dumai Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional Agustiawan Tim Keadaan Darurat telah berhasil mengatasi kejadian di area gas compressor Kilang Dumai ini.

“Penyebab kejadian masih belum diketahui. Terdapat 5 orang yg terdampak di ruang operator dan saat ini telah dibawa ke RS Pertamina Dumai untuk memperoleh perawatan terbaik. Kondisi pekerja terdampak tersebut saat ini stabil,” kata Agustiawan kepada media, Minggu dinihari.

Ia menjelaskan, kebakaran terjadi sekitar pukul 22:30 WIB, dan telah dapat dikendalikan sekitar pukul 22.54 WIB.

“Saat ini Tim terus fokus untuk memastikan kondisi aman. Pertamina Kilang Dumai juga terus melakukan pemantauan untuk memastikan agar masyarakat di sekitar kilang tidak terdampak oleh kejadian ini,” pungkasnya.

Berdasarkan laporan warga sekitar, Ledakan di Kilang Pertamina Putri Tujuh, Dumai, membuat rumah warga bergetar, bahkan saking kuatnya getaran menyebabkan plafon rumah dan mesjid roboh.

"Kilang meletup.." kata perekam video sambil memperlihatkan atap plafon masjid runtuh.

0 comments:

Post a Comment