Tips Router Agar Koneksi Internet Lancar

Jika Anda sering bermasalah dengan koneksi Wi-Fi di rumah, tak ada salahnya mengecek posisi router yang terpasang. Posisi yang tak strategis dapat menjadi sebab tak lancarnya koneksi internet.


Berikut beberapa tips meletakkan router agar mendapat koneksi internet terbaik menurut Jason Cole, dilansir dari Huffington Post. Jason Cole adalah mahasiswa fisika di Imperial College London yang berhasil menggunakan perhitungan matematika untuk menemukan posisi terbaik memasang router.

Letakkan di tengah-tengah
Apakah saat ini router Anda terpasang di pojok ruangan? Jika ya, Anda mungkin ingin memindahkannya. Karena sinyal WiFi akan berpendar dari router ke segala arah, penempatan router di tengah ruangan memungkinkan sinyal menuju ke seluruh bagian ruangan. Letakkan router di tempat yang dapat terlihat dari seluruh bagian ruangan.

Hindari benda logam
Benda-benda yang terbuat dari logam dapat menghalangi gelombang elektromagnetik, sehingga koneksi internet Anda dapat terganggu. Dengan demikian, dapur jelas bukan pilihan tepat untuk meletakkan router.

Hindari tembok
Sebisa mungkin, menurut Cole, jauhkan router dari tembok karena tembok dapat menyerap radiasi dengan cukup kuat.

Jauhkan dari microwave
Satu lagi alasan tidak meletakkan router di dapur adalah adanya gelombang dari microwave yang dapat mengganggu koneksi internet. Frekuensi gelombang dari microwave hampir sama dengan router, sehingga sedikit saja radiasi dari microwave dapat mengganggu sinyal router.

Pasang di tempat tinggi
Router memancarkan gelombang radio ke segala arah, atas dan bawah. Peletakkan di tempat tinggi dapat memberi sinyal lebih baik, terutama jika router dimaksudkan untuk dua lantai.

Tempat yang banyak orang
Banyak orang di dekat router juga dapat mengganggu sinyal, mengapa? Karena sinyal WiFi akan terhalang oleh air, sedangkan manusia memiliki banyak air di dalam tubuh, karenanya banyak orang di dekat router dapat membuat koneksi internet menjadi jelek.

Sumber: RimaNews

Comments

Popular posts from this blog

Karakter Manusia yang Mirip dengan Binatang

Kuota Kenyang Download dari Tri

Paket Data Selular Masih Ada yang UNLIMITED?