, ,

3 Kunci Utama Jadi Terkenal 'Beneran'


9 dari 10 orang pengen jadi terkenal. Gue nggak memastikannya, sih. Soalnya gue nggak melakukan survey. Tapi yang pasti, semua orang pasti pengen jadi terkenal. Tapi gue mau jujur saja, ya. Sebenarnya gue udah pernah ngerasain jadi terkenal di dunia maya. Gimana rasanya? Hidup gue jadi nggak bisa tenang dan nyaman. Tiap hari gue harus mereply mention-mention para followers dari Twitter, balas pesan-pesan BBM dan itu bikin waktu kerja gue tersita. Tapi sebenarnya bukan akun asli gue yang terkenal, melainkan akun gue yang agak mirip semacam 'triomacan2000'. Nama id Twitternya nggak usah disebutin, ya. Hehe...

Pada akun Twitter itu gue konsisten ngetwit topiknya tentang fakta/pengetahuan. Ide twit kadang gue dapat dari suatu artikel yang gue baca dari internet, tapi kadang ketika lagi males, gue tinggal quote dari akun Twitter sebelah. Secara akun sebelah juga suka ngutip twit dari gue, jadi nggak ada salahnya, dong?! Hehe..

Akun gue tersebut sekarang sudah diikuti lebih dari 30 ribu followers. Akun itu gue ciptakan pada pertengahan tahun 2013.

Oke cukup sudah gue curhat lagi, kali ini gue akan beberkan 2 kunci jadi terkenal beneran. Kenapa terkenal beneran? Lawan kata dari "terkenal beneran" versi artikel kali ini yaitu "terkenal anget-anget eek ayam".

Terkenal anget-anget eek ayam berawal dari kejadian yang tidak disengaja, ada juga yang disengaja tapi awalnya nggak kepikiran atau ada niat untuk jadi terkenal. Anda pasti tahu 'kan, siapa saja orang-orang yang terkenal dengan cara ini. Sebetulnya mereka nggak punya karya untuk ditampilkan. Seperti lipsing lagunya orang lah, mukul-mukul meja lalu teriak 'DEMI TUHAAAN' lah, ngedribble bola lah, tapi anehnya tanpa disentuh bolanya mantul-mantul sendiri.

Jadi, ini kuncinya bila anda pengen terkenal.

1. Niat

Jika kita hendak memulai sesuatu, tentunya kita terlebih dahulu terbesit niat dari dalam benak kita. Maka niatlah sebelum ingin jadi terkenal. Karena tanpa niat, anda akan bingung dalam menjalankan misi untuk jadi terkenal.

2. Jaringan sosial

Jangkaulah jaringan seluas-luasnya. Cari teman atau kenalan sebanyak-banyaknya. Walaupun anda tidak terbiasa mencari teman baru ke luar rumah, untungnya ada social media cara alternatif utama untuk memperluas jaringan sosial. Manfaatkanlah social media sebaik mungkin. Sub-kunci jaringan sosial adalah keramahan dan menerima siapa saja. Jangan malu untuk menyapa orang yang belum begiti anda kenal.

Di social media, seharusnya kita tidak perlu yang namanya "minta follback". Cukup dengan menyapa atau memberi masukan kepada apa yang orang posting. Maka otomatis akan terjalin pertemanan dan bukan tidak mungkin orang lain akan memfollback tanpa kita memintanya. Kenapa kita tidak perlu meminta follback? Karena sama saja menjatuhkan harga diri kita sendiri.

Jika jaringan pertemanan anda luas, tentu dengan gampangnya untuk jadi terkenal, bukan?

3. Konsisten

Sebenarnya gue belum tahu konsisten itu apa, tapi karena banyaknya orang-orang sukses suka ngomong konsisten. Jadi gue simpulkan konsisten sama dengan ketekunan. Kalo salah, anda cari sendiri saja di KBBI, ya.. :D

Banyak orang yang sukses untuk jadi terkenal termasuk akun Twitter mainan gue karena ketekunan dalam mengelola kreativitas. -Sayangnya konsistensi belum begitu maksimal gue terapkan pada blog gue-. Jika anda malas-malasan dalam mengelola kreativitas, sebaiknya buang impian anda jauh-jauh. Mungkin saja anda bisa mendadak terkenal. Tapi seperti yang gue bilang tadi, orang-orang terkenal yang nggak konsisten menciptakan kreativitas pasti masa kejayaannya angek-angek eek ayam alias nggak bertahan lama.

Subkunci konsisten adalah melakukan apa yang anda suka dan anda sanggupi, dan tentunya manfaat bagi orang lain.

Jadi itulah 3 kunci utama agar sukses untuk jadi terkenal. Sekarang gue mau curhat lanjutan paragraf awal tadi. Ternyata jadi terkenal itu nggak enak, gue pernah ngerasain nggak enaknya walaupun gue cuma di balik layar. Pada waktu itu gue pernah bikin tweet yang rada kontroversial dan beberapa saat setelah gue posting twit tersebut, muncul bertubi-tubi kritik mengenai twit gue yang kontroversial itu. Tapi untungnya nggak sampai jadi trending topik, hehe...

Oleh karena itu, gue nggak pengen diri gue yang asli jadi terkenal. Cukuplah gue jadi orang yang sekedar dikenal saja. Karena gue lebih menyukai ketenangan dan kenyamanan.

Sampai sini sudah tulisan gue kali ini semoga bermanfaat untuk kita semua. Jika anda merasa postingan ini nggak tepat atau belum sempurna, jangan segan-segan untuk mendiskusikannya di kolom komentar. Sampai jumpa pada postingan berikutnya!

0 comments:

Post a Comment