Please Deh, Jangan Cuma TeCe Mulu!




Broadcasting message.

Biasa kita menyingkatnya dengan BC, bahasa indonesianya yaitu pesan siaran. Itu merupakan fitur yang terdapat pada beberapa aplikasi messenger salah satunya BBM. Fitur ini memungkinkan kita mengirimkan suatu informasi ke banyak orang sekaligus atau tanpa mengirimkannya satu-satu. Namun banyak orang yang salah menggunakan fitur ini, seperti mengirim  pesan yang nggak penting. Hingga beberapa orang tentunya akan merasa terganggu oleh pesan yang tidak berguna itu.
Contoh broadcast yang sering saya terima:

"TC"

Awalnya gue heran kok tiap bangun pagi atau sebelum tidur gue sering dapet pesan broadcast dari dia. Setelah gue tanya ternyata TC itu adalah singkatan dari test contact. Gunanya untuk mengetahui apakah orang masih menyimpan kontak kita. Nah, kalau orang itu men-delcont/delete contact kita dari bbmnya maka akan tau kalau kita mengirim pesan padanya. Tapi kesalahannya adalah, kenapa harus 2-5 kali sehari semalam ngirim BC ke semua kontak abis itu kita juga yang rebot menghapus pesan-pesannya. Bukan Cuma pengirim yang repot, tapi juga si penerima.
Jadi, mending lo jangan buang-buang waktu lo Cuma untuk test kontak yang ada di bbm lo. Mendingan lo pesan dia kalo lo lagi pengen atau seperlunya aja. Bukannya nge-BC 5 kali sehari semalam, sholat 5 waktu aja nggak pernah lo kerjain. *Gue jarang sholat juga, sih..:-/

Yang satu ini mirip dengan program affiliasi..

“Copy pesan ini, lalu masukin nama dan PIN loe di bawah. Dalam 10 menit lo bakalan dapet ribuan invite.
1.       Beye  0000zzzz
2.       Ani aaaa1111
3.       Rhoma 2222bbbb
4.       Jokwee 3333cccc
5.       ...

Nah itu contohnya. Jadi, sistemnya adalah misalnya SBY orang pertama ngirim BC ke Ani, kemudian Ani mengopy pesannya kemudian memasukkan nama beserta pinnya dibawah nama Beye, lalu di-BC ke Rhoma, dan seterusnya. Kayak MLM deh pokoknya! Tapi... belum tentu semuanya orang yang menerima BC seperti ini akan meng-invite. Jadi sia-sia aja, bro. Kalopun lo udah dapet banyak invite tapi nggak semuanya juga lo hubungin..

Nah, yang satu ini lebih bodoh lagi nih...

Wah batre BB kupenuh!  Padahal belum pernah dicharge sejak kemarin. Mau tau rahasianya? Copy pesan ini dan broadcast ke semua kontak di hp kamu.maka dalam 10 menit akan otomatis batre hpmu penuh. DIJAMIN!

Atau

Lampu Keypad bb-ku jadi warna-warni! Mau tau caranya? BeCe ke semua kontak kamu, maka lampu keypad kamu akan berubah warna-warni.

Benar-benar Membodohkan! Teori dari mana itu masa Cuma dengan ngirim pesan broadcast  batre hp bisa penuh, lampu keypad bisa warna-warni... sekalian aja broadcast-in eek gue!

Jadi, Broadcast message itu sebaiknya digunakan seperlunya saja. Jangan habiskan waktumu seharian Cuma untuk ngirim atau nge-forward pesan broadcast bodoh begitu. Time is money, man!

Nah, kadang gu pernah ada orang ngirim pesan bbm ke gue. Dia minta promosiin pin bb nya “bang becein pin aq donk....” katanya . secara gue orangnya baik hati gitu, gue becein ke semua kontak yang ada pada bbm gue. Lumayanlah sekalian tst contact, hehe...

Karena gue terbilang masih newbie di bbm tentu kontak gue masih sedikit, baru 30-an kontak dan tadi abis gue TC kontak gue jadi kurang 5. Yang delcon semuanya yang cantik-cantik lagi *huaa nangis ;'((

Trus gue coba minta becein kayak si adek tadi, bro, tolong becein pin gue donk..” trus gue kirim ke seseorang. Abis itu KAMPRET!! Dia balas pesan gue yang isinya: isiin dulu pulsa 5000 ke nomor gue ini 0812xxxx” gue liat status bbmnya “jasa promosi, 5rb/promo. Bayar lewat pulsa.”. Setelah beberapa saat gue konflik dengannya, secara gaya ngomongnya kayak sales gitu. Akhirnya Gue isiin pulsanya 5000 (padahal gue sendiri jarang isi pulsa..). eh nggak taunya gue dapet ratusan invite dalam sekejap! Luar biasa banget tuh orang. Gak nyesel gue ngasih dia pulsa gopek. Walaupun ngeselin tapi dia mampu menginspirasi gue. Walaupun Cuma 5000 per-broadcast, tapi kalau ada 10 orang yang membeli jasanya bisa dapet 50 ribu, apalagi kalau 100 orang. Bisa 500 ribu! Huh.. nggak pusing-pusing lagi nyari duit buat beli pulsa.. tapi kok kenapa dia nggak minta masukin ke rekening aja, ya... Soalnya dia jaga privasi gitu. Toh akun bbmnya aja DP-nya pake foto Jokowi nyalon presiden...

Nah, jadi, time is money. Kalo lo punya kontak bbm banyak ngirim broadcast-nya jangan Cuma Tece-tece atau forward doank. Lebih asik kan kalo dijadiin peluang usaha nyari pulsa lewat BBM. Apalagi lo masih anak sekolahan. Bagus itu, lo nggak usah peduliin orang bilang lo sombong lah, pelitlah... Tapi lo harus bisa meyakinkan pembeli jasa kalau lo nggak akan mengecewakannya.

Oke fix!
 

Comments

Popular posts from this blog

Karakter Manusia yang Mirip dengan Binatang

Kuota Kenyang Download dari Tri

Tim PP IPTEK Membuat Tesla Coil Untuk Mengedukasi Masyarakat Akan Bahaya Petir Dan Cara Menangkalnya