Pilih Android Atau Windows Phone?

Symbian pun sudah kehilangan pengadopsinya Nokia, karena Nokia beralasan ingin mengejar ketertinggalannya di ranah smartphone. Dan sekarang seperti yang kita ketahui smartphone andalan Nokia saat ini adalah Lumia, dengan Lumia ini Nokia pun mengadopsi Windows Phone milik Microsoft.

Bagi anda yang bingung antara dua pilihan seperti Android milik Google dengan Windows Phone milik Microsoft itu, coba anda perhatikan perbandingan antara kedua OS ini :

- Masalah dukungan aplikasi, Android memiliki aplikasi yang paling banyak hampir 1 juta aplikasi di Play Store dibanding windows phone yang baru memiliki 130 ribu aplikasi di WPstore. Namun aplikasi-aplikasi di WP diklaim bersih dari malware, sedangkan aplikasi di Android diklaim 2/3 nya terinfeksi malware.

Bedanya aplikasi di android dan windows phone, Iklan admob selalu kita jumpai di salah satu sisi antarmuka aplikasi pada Android itu pun akan membuat kita selalu kesal karena jadi sempitnya pemandangan aplikasi. Sedangkan di Windows Phone banyaknya aplikasi berbayar daripada yang gratis, tapi keuntungannya kita dapat mencoba aplikasi berbayar secara trial 30 hari, pembayaran aplikasi pun juga bisa dilakukan dengan sistem potong pulsa yang saat ini baru disediakan Excelcomindo XL.

- Masalah Antarmuka, windows phone kelihatan simpel dengan desain kotak-kotaknya. Tidak banyak tersedia kustomisasi pada OS ini mungkin akan membuat pengguna cepat bosan dengan antarmuka Windows phone. Sedangkan Android bisa dikustomisasi tampilannya oleh pengadopsi seperti Samsung menggunakan Touchwiz ui, Htc sense ui dan masih banyak lagi vendor lainnya yang mengedit ui android ini, jadi semakin banyak pilihan untuk kita.

-masalah tenaga, Windows phone lebih ringan daripada android, spesifikasi tertinggi smartphone yang memakai windows phone ini adalah Nokia Lumia 920 dengan prosessor quad core 1,2 GHz dan RAM 1 GB. Sedangkan spesifikasi tinggi pada smartphone android saat ini memakai prosessor quad core 1,7 GHz dan RAM 2GB. Itu dikarenakan Android butuh spesifikasi begitu untuk menunjang kinerjanya sebagai OS yang berat dan di Android juga banyak Aplikasi-aplikasi berat seperti game HD 3D.

- Masalah keamanan, Android lebih rentan terjangkit virus dikarenakan OS ini sangat populer dan dukungan aplikasi yang banyak. Sedangkan OS windows phone bisa diklaim aman dan sedikit berpotensi malware. Mengenai konsumsi, Android lebih boros daripada Windows phone dalam faktor ketahanan baterai, pemakaian data dan pemakaian memori.

Jadi, OS manakah yang cocok untuk anda, Android atau WP? Nah, saran saya, jika anda seorang maniak multimedia game dan penikmat social media, mungkin anda cocok untuk memakai Android. Tapi jika anda mengedepankan fitur untuk office, maka WP lebih cocok untuk anda.

Comments

Popular posts from this blog

Karakter Manusia yang Mirip dengan Binatang

Kuota Kenyang Download dari Tri

Paket Data Selular Masih Ada yang UNLIMITED?